Saturday, 2 March 2013

Arti Sebuah Judul

Sebuah judul buku, artikel, ataupun lagu sering menggambarkan cerita keseluruhan isinya seperti misalnya Laskar Pelangi yang menggambarkan persahabatan dengan keanekaragaman. Namun ada juga seperti judul Perahu Kertas. Ga tahunya diambil dari sebuah kegiatan si pemeran utama saat sedang galau (benar ga sih?). Sering kali saya saat blogwalking memutuskan untuk membaca tulisan tersebut dari judulnya. Kalau saya anggap menarik, saya langsung membaca habis. (Hal tidak berlaku untuk beberapa blogger yang sudah saya kenal langsung karena apapun tulisannya pasti saya 'lahap' habiss).

Membuat judul itu rada susah susah gampang. Ada kalanya saya membuat tulisan dulu sampai panjang lebar dan giliran mau naik tayang...kebingungan kasih judul. Tadi pernah juga saya membuat judul dulu tapi ternyata mengisi tulisannya tidak selancar seperti yang diatas. Seperti kalau kita ikut kontes, sebenarnya kita diberikan bantuan untuk menulis dengan tema yang telah ditentukan. Jadi kalau ada yang bilang bingung cari tema...solusinya ya Ikut Kontes....hehehehe
Ada juga orang membuat sebuah tulisan dengan judul yang menarik buat mbah Google meng-index-nya. Ini pernah saya lakukan untuk blog atau website yang emang tujuannya buat di-index sama si-mbah. Kembali lagi ke tujuan awal kita masing2 sih. Bebas dan merdeka donk...khan tujuan kita punya blog dan website pastinya juga berbeda-beda khan?

Baru aja saya baca tulisan nya mbak EM yang sedikit membahas masalah judul postingan dia yang terakhir. Penting ataupun ga penting kembali kepada si penulis sih. Tapi menurut pendapat saya sih, judul sangat penting agar menarik bagi orang untuk membaca tulisan kita. Coba deh kita lihat sendiri di tulisan kita yang lama, apakah kita tidak perduli mau kasih judul apapun ataukah kita memang sengaja agar orang penasaran dengan isi tulisan kita??

Saya jadi inget pernah tebak-tebakan sama temen kuliah (dulu), untuk menyebutkan judul-judul lagu tapi nama judul lagunya ga ada di teks lagu tersebut...Ada yang punya list? coba donk di share apakah list nya sama dengan punya saya....(ini games yang ga mutu tapi cuma sekedar iseng banget sembari nungguin jemput anak yang lagi bimbel....hehehehe)

NE

8 comments:

monda said...

soal judul tulisan ...sama suka buntu juga he..he..

kalau judul lagu yang nggak ada di teks lagu aku ingat baca wawancara dengan Ingrid Wijanarko duluuu waktu dia menang lomba lagu, dia itu nggak suka nulis judul yang kata2nya ada di teks.
contoh lagunya dia yang aku tau cuma Apatis

NECKY said...

mbak monda emang hebat euyyy

Bibi Titi Teliti said...

Aku selalu bingung menentukan judul bang...
dan biasanya ujung2nya judul ku suka gak sinkron ama isi tulisan ku...

ya sudahlah...

nh18 said...

Menurut saya ...
judul itu penting Pak Neck ...

dan memang sebaiknya sih ... ada hubungannya dengan isi tulisan ...

jika tidak ada hubungan ... atau untuk lebih membuat penasaran ... itu juga nggak apa-apa ...

yang penting ... sebuah tulisan ... sebaiknya ada "tanda" nya ... yaitu Judul ...

(bingung nggak sih ?)
(ya pokoknya gitu deh ...)(qiqiqiqi)

Salam saya Pak Neck

NECKY said...

erry...bener tuh. beberapa kali gw baca tulisan elo...kadang ga nyambung sama isi tulisan..hahahaha

NECKY said...

kalau soal juduk menjudul ... om enha emang yang paling jagonya deh. Sering banget saya tertarik baca tulisannya karena penasaran dengan judul tulisannya lho

niee said...

Aku nulis pasti buat judul dulu mas. aneh rasanya kalau nulis dulu.. beda orang beda gaya..

NECKY said...

niee....gw justru sering kesulitan membuat judul yg menarik seperti om enha