Saturday, 22 January 2011

Hidup Lebih Baik

Dua bulan yang lalu tepatnya di bulan November tahun 2010, tiba-tiba badan jadi kurang fit alias drop. Penyakit flu mampir, tidak kalah sama flu muncul kembali penyakit kambuhan asam urat, pusing luar biasa (yang ternyata tekanan darah tinggi), liver, kolestrol hingga akhirnya saya memutuskan untuk cek darah di laboratorium. Begitu mengambil hasilnya.....alhamdulillah....kacau semuanya.

"Koq jadi berantakan hasilnya yah?" bertanya kepada diri sendiri dalam hati.

Akhirnya saya konsul kepada dokter mengenai hasil lab tersebut. Dokterpun menanyakan konsumsi makanan terakhir sebelum drop. Sambil berpikir keras.....baru saya ingat...yakni mengkonsumsi gorengan di pinggir jalan sambil menunggu angkot. Padahal sebelumnya saya sering diingatkan untuk menjaga asupan agar penyakit asam urat jangan sering kambuh. Saya merasa sudah cukup membatasi makanan-makanan yang sangat dipantang namun kalau merasa badan cukup fit ..suka bandel ...akhirnya tetap makan makanan yang seharusnya dipantang seperti makanan yang mengandung banyak lemak.

Saya membuat resolusi 2011 agar menjadi lebih sehat dan bugar (insya Allah). Dokter menyarankan untuk menghindari makanan yang digoreng. Kalau memang tidak bisa menghindari, hendaknya digoreng dengan minyak goreng berbahan dasar minyak kelapa (bukan minyak kelapa sawit). Selain itu, diperbanyak konsumsi buahnya (mengingat sebagian besar sayur tidak boleh dikonsumsi karena sakit asam urat).

Bermodalkan tekad untuk hidup sehat, saypun mengikuti saran-saran dokter.
  • Hindari minuman dingin terutama yang pakai batu es ...at least seminimal mungkin. 
  • Perbanyak konsumsi buah seperti semangka, pepaya, belimbing dan pisang gepok.
  • Sayuran musti seimbang dengan dagingnya....(khusus pasien asam urat cuma tinggal wortel, sawi putih dan salada air yang disarankan)
  • Minum Air putih yang cukup banyak 
  • Terakhir...tetap berpikir positif dan berperasaan positif...jangan biarkan kekecewaan menumpuk di dalam hati karena pengaruhnya sangat berat buat kerja organ2 di dalam tubuh....
Alhamdulillah...meskipun awalnya rada sulit karena saya ini penggila gorengan dan minuman dingin namun sudah berjalan dua bulan ini....sudah dapat menjalaninya ....

 Artikel ini diikutkan dalam Kontes Aku Ingin Sehat di Blognya Kaka Akin.

Ciputat, 22 Januari 2011

44 comments:

Lozz Akbar said...

Kelihatannya poin yang terakhir itu juga perku diperhatikan ya... Psikologis juga akan berpengaruh pada kondisi tubuh kita

Kakaakin said...

Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat.

NECKY said...

Betul banget bro akbar....psikologis juga faktor yang penting

NECKY said...

kaka akin...sekedar ingin berbagi tips kesehatan atas kondisi yang pernah ada....

Sukadi Brotoadmojo said...

Katanya, semua berawal dari niat Pak, memang terkadang sulit untuk meninggalkan sesuatu yang disenangi, tapi lama-lama kalau dipaksakan mungkin bisa juga.. :)

Achmad Edi Goenawan said...

Semoga cepat sembuh!

NECKY said...

pak sukadi...awalnya emang berat tapi kalau udah dijalankan sih ga masalah. Minum dingin aja sekarang jadi ga sekuat dulu....gigi jadi ngilu kena minuman dingin....padahal 3 bulan yg lalu masih rajanya minum dingin

NECKY said...

pak achmad...terima kasih banyak

bundadontworry said...

meninggalkan sesuatu yg kita sukai, memang gak gampang ya Necky.
namun dgn niat yg kuat , insyaallah, mampu melakukannya .
semoga selalu sehat ya Necky.
dan, semoga beruntung di kontesnya Kakaakin :)
salam

gayahidup said...

kesehatan akan terasa sangat berharga , ketika kita merasakan sakit.
untuk itulah pentingnya kita mendisiplinkan diri , agar bisa selau sehat .
terimakasih krn telah berbagi pengalaman disini ,Necky

Semoga beruntung di kontesnya Kakaakin ini :)
salam

NECKY said...

bunda....awalnya sangat beratttt banget tapi manusia itu mahluk yang paling cepat beradaptasi...jadi jangan pernah menyerah lah pokoknya....terima kasih atas dukungannya

Daun said...

tetap jaga kesehatan sobat karena sehat itu mahal harganya dan semoga bisa memenangkan kontes.

Salam

Lozz Akbar said...

Pak Neky sukses dengan lombanya ya.. saya ikut juga loh

NECKY said...

terima kasih mas budi....emah mahal itu sehat eh...sehat itu mahal.....

NECKY said...

mas akbar.......semuanya yang ikut lomba semoga sukses....hehehe

nh18 said...

Pak Necky ...
Saya suka sekali saran yang ini nih ... "tetap berpikir positif dan berperasaan positif" ...

Ini benar sekali ...
selain kita harus menjaga asupan makanan ... kita juga harus menjaga kesehatan asupan fikiran

harus tetap berfikiran positif ...

Salam saya Pak Necky ...

BTW ...
Udah bisa muncul foto avatarnya kan pak ?
mantap ! ...
hehehe

NECKY said...

Kalau ga dibantuin sama om nh avatarnya belum tentu udh keluar tuh. Thx ya om

Bibi Titi Teliti said...

Walaupun sudah tahu kurang sehat...
Gorengan itu selalu tampak menggoda ya Bang :)

*curhat penggemar gorengan*

Semoga sehat terus ya Bang :)

Necky said...

bener mbak erry...gorengan itu...bener2 menggoda banget deh...apalagi kalau lagi baru diangkat dari penggorengan....hmmm yummy banget

anna said...

hihi.. tapi emang gorengan tuh menarik banget untuk tidak dilewatkan..

saya juga sering tergoda..
tapi untuk beberapa minggu ini berhasil menolak.. habis batuk gak sembuh2 mas.. :)

NIT NOT said...

gorengan...mmh...singkong goreng ama sambel uenak tenan....hehehe...tapi memang mesti waspada juga kita beli gorengan di pinggir jalan karena minyaknya bisa jadi udah beberapa kali digunakan dan itu gak bagus buat kesehatan...

NECKY said...

mbak anna....maunya sih ga tergoda yah? minimal ga makan gorengan yang dijual dipinggir jalan dulu lah...kalau batuk, coba banyak2 minum jeruk hangat....mudah2an membantu...

NECKY said...

nit not...di jakarta singkong cuma pakai cabe rawit doank. Emang yg pakai sambal ada dimana yah? ....kasih tahu donk

Ahmad'z said...

setuju mas,,,alhamdulilah selama ga konsumsi air es,,saya sehat walafiat,,makasih mas infonya,,

Ksatrio Wojo Ireng said...

Semoga cepat pulih dalam kondisi prima kembali dan bisa senantiasa konsisten dalam menjalani pola hidup sehat - ini adalah kritik juga buat saya :D

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari negeri si abu nawaz :D

NECKY said...

mas ksatrio aka mas luigi...terima kasih mau mampir di blog saya....salam hangat kembali dari Tangerang Selatan...

NECKY said...

ahmad...syukurlah kalau udah ga konsumsi air es lagi....di kulkas udh ga ada lagi air yang ditaruh di botol....hehehehe

ysalma said...

hidup sehat sebelum sakit,, berarti banyak benarnya ya itu nasehat,,
kalo udah sakit,, hiks,, tetap pikiran positif,,
semoga berjaya di kontesnya Pak..

NECKY said...

mbak salma...terima kasih.....ingat 5 perkara aja deh

Sya said...

Yang paling utama memang faktor psikis Pak. Kalo ada yang dipikirin dikit, pasti langsung ngaruh ke penyakit. Saya aja kalo stress langsung kambuh maagnya. Hehehe. Wah Pak ikut kontes juga ya. Sukses ya :)

NECKY said...

makasih sya....yang pasti psikis itu dampaknya kayak tsunami yah...apa aja bisa kena

Bali Property said...

berjuang di tahun 2011 untuk lebih sehat ya.
semoga keinginannya targetnya untuk lebih sehat tercapai sempurna.
Bali Villas Bali Villa

monda said...

jurinya udah mampir ya mas Necky
terima kasih partisipasinya ya

yadiebaroos said...

aku mau berjuang berhenti merokok di 2011 ini...
mudah2an bisa.....

advertiyha said...

Syukur sudah berhasil menjalankan diet gorengan dan minuman dinginnya pak, semoga asam uratnya gak kambuh2 lagi, dan hidupnya makin sehat.. :)

thanks juga tips2nya.. :)

semoga sukses di kontes kakaakin... :)

NECKY said...

bu monda...terima kasih sudah mampir...

NECKY said...

mbak iyha...awalnya emang berat...tapi ternyata manusia itu mahluk yang paling hebat....bisa beradaptasi dengan cepat lho

NECKY said...

mas yadie...anda bisa juga koq....yang penting semangat....

teguhsasmitosdp1 said...

Semoga tetap sehat dan tetap berkarya, salam kenal dari pekalongan.

Daun said...

Maaf boss baru bisa berkunjung soalnya saya sedang sakit dalam taraf penyembuhan

NECKY said...

mas budi aka daun semoga cepat fit yah pak...

NECKY said...

mas teguh...salam kenal juga ....terima kasih atas kunjungannya

dede said...

gorengan -yang dijual di pinggir jalan- maknyuss... :)

tapi, maknyuss juga kalo udah ngerasain sakitnya jajan sembarangan....

_salam kenal :D _

NECKY said...

terakhir penyakit saya kumat gara2 makan gorengan di dekat stasiun mbak....sejak itu goodbye deh si gorengan pinggir jalan...byeeee.
salam kenal juga mbak