Sunday, 15 May 2011

Sifat & Karakter (3)

Nedia sama Ajif
Tulisan ini merupakan bagian terakhir dari Sifat dan Karakter. Secara jumlah anak saya hanya tiga orang saja :-). Giliran terakhir ini khusus buat si kakak alias Nedia. Perbedaan sifat dan karakter antara Nedia dan Nafis cukup signifikan. Apabila Nafis dominan otak kanan kiri, si kakak memiliki kecenderungan dominan otak kanan. Apabila Nafis paling sulit kalau disuruh mewarnai atau menggambar, sebaliknya bagi kakak itu merupakan satu-satunya aktifitas yang sangat disukainya.


Sejak umur setahun lebih sedikit, Nedia bisa duduk manis asalkan kasih kertas dan pensil atau crayon. Pernah saya kumpulkan hasil gambar2nya, tapi lama kelamaan makin banyak hingga akhirnya saya berhenti mengumpulkannya. Imajinasi dari gambar-gambar yang dibuat menurut saya melebihi umurnya (soalnya bapaknya ini sama banget sama Nafis....ga bisa gambar...hehehe), pernah saya tawarkan untuk belajar secara serius tapi dia mau.

Ide-idenya terkadang susah saya pahami namun dengan berjalannya waktu akhirnya terlihat manfaatnya. Sebagai contoh, istri saya membeli keranjang  untuk tempat buah. Sore harinya, keranjang tersebut sudah diikat pakai tali dan ditaruh di tembok pinggiran tangga. Saya dan istri sempat marah sama si kakak, dan  menanyakan alasan berbuat itu. Dengan ringan dia menjawab untuk bermain dan karena dia suka malas bawa barang dari lantai 2 jadi keranjang menjadi wadahnya. Kita hanya diam tak memberi komentar namun akhirnya kita berdua malah menggunakan keranjang tersebut apabila memberikan barang dari lantai 2 ke bawah...(kalau yang udah nonton film Ayat-ayat Cinta pasti terbayang, saat Fahcri bertukar barang dengan Maria lewat keranjang).

Sebenarnya ada beberapa lagi yang si kakak kerjakan, yang awalnya kita ga tahu tujuannya namun belakangan baru mengerti manfaatnya. Intinya sih, sekarang ini kita jadi menunggu terlebih dahulu setiap kreatifitasnya beberapa waktu hingga kemudian terlihat manfaatnya.

Desgin By Nedia
Kekurangan si kakak yang paling nyata adalah sering kurang fokus pada satu pekerjaan aktifitas dan terkadang berpindah tanpa menyelesaikan telebih dahulu. Satu lagi, kakak kurang pede akan kemampuannya. Waktu masih SD, sempat saya beri kursus vokal baik di sekolah maupun di luar sekolah. Modal vokal dan kemampuan menyanyinya sudah cukup tinggal diasah, belum setahun sudah minta berhenti. Saya beri dia kursus renang, dalam waktu singkat dia sudah bisa bahkan pelatihnya menyarankan untuk latihan dua kali seminggu tapi sekali lagi  dia minta berhenti.

Kemampuan non akademis Nedia lebih menonjol terbukti, ketika saya ajarin dia buat blog (meskipun saat ini sia masih ambil artikel dari tempat orang tapi saya biarkan dulu). Kemudian saya  challenge dia untuk explore sendiri ternyata dalam waktu singkat malah bapaknya yang banyak tanya sama dia :-). Beberapa hari yang lalu saya tawarkan belajar Corel Draw karena waktu di toko buku saya belikan bukunya. Salut buat dia, yang biasanya malas baca buku akhirnya dia mulai explore deh. (kalau mau lihat karya2nya dia ada disini)

NE

52 comments:

Arman said...

sifatnya rada2 mirip si andrew. si andrew ini juga kalo biar diem, tinggal dikasih kertas ama pensil warna. diem dah dia. haha.
dan sama tuh sifat negatifnya, kurang fokus... :D

julie said...

Keren ya Nedia sepertinya dia bisa belajar hanya dengan membaca mas

NECKY said...

bro arman....saya pernah ngobrol dengan psikolog, kalau anak2 yg cenderung otak kanan memang kelemahannya di fokus...sekali mereka bisa fokus.. kreatifitas mereka akan ok banget katanya...jadi pe er nya kita gimana membantu mereka untuk bisa lebih fokus sedikit demi sedikit

NECKY said...

mbak jul...padahal waktu dia masih SD ...baca soal yang tulisan banyak aja ga mau tuh....wal hasil kalau soal2 yg ada ceritanya...dijawab dengan sekenanya aja...:-)

Abi Sabila said...

ini salah satu keuntungan punya buah hati lebih dari satu, memiliki sifat dan karakter yang berbeda namun saling melengkapi. Kalau Sabila juga senang mewarnai ( pelajaran pertama yang ia dapatkan sebelum sekolah ) tapi soal menggambar, jujur saya dan alm. istri seraing menahan tawa bila melihat hasil lukisannya. Alhamdulillah soal menyerap pelajaran Sabila diberi kelebihan dibanding teman-temannya.

Sya said...

Itu desain kaus buatan Nedia? Wah hebat ya :)

fitrimelinda said...

wah..hebat deh nedia..

jadi inget,sifat si nedia kaya mantanku.. :) suka ga fokus dan slesei ngerjain sesuatu..

niee said...

Seru tuh bisa gambar,,hasil designnya juga lumayan tuh mas,,
aku dari kecil menganggap diri bisa gambar,, tapi segede sekarang baru nyadar klo itu bukanlah bakat yang tepat >.<

mandor tempe said...

Berarti tugasnya hanya satu yaitu bagaimana membuatnya fokus. Itu salah satu seninya, cara-cara yang mungkin membuat dia tertarik untuk mengembangkan kemampuannya hingga mahir baru boleh berpindah ke keahlian yang lain

NECKY said...

abi sabila...alhamdulillah...mudah2an semuanya bisa rukun2 selalu

NECKY said...

sya...dia lagi mengexplore program baru...:-)

NECKY said...

fitri...makanya kalau ketemu dia lagi...bantu dia untuk mentuntaskan pekerjaannya satu per satu.. ini yg sedang saya lakukan sama dia

NECKY said...

niee...jadi bakatnya apa donk???? *boleh tahu ga??*

NECKY said...

bos mandor...punya pengalaman kah? bisa sharing donk...biar saya bisa mengarahkan lebih baik lagi

bdangkal said...

sama dengan anakku si Salma, dia sdh bisa luwes memainkan tangannya memakai photo-paint --sebab itu yg diajarkan guru di kelasnya-- kemaren dia senang sekali komputer bisa nyala lagi, "waah, asyik Salma bisa belajar CorelDraw lagi, dongg pap?

Malah curhat-- Pokoknya selamat ya Nedia kemampuan kamu di atas rata-rata teman seusiamu :)

nh18 said...

Ah si Kakak ini cantik sekali ...
Ide keranjangnya itu Ok banget Pak Neck ...
hehehe

salam saya Pak Neck

Pendar Bintang said...

Hm...jujur membaca seperti ini say ajadi membayangkan kelak kalau menikah dan punya anak kira-kira sifat dan karakter anakku akan bagaimana ya?

Meski terlahir dari rahim yang sama kata Bunda anak-anaknya emang memiliki sifat-sifat yang sangat berbeda satu sama lainnya. Satunya kalem (yg cowok)yang dua lainnnya lain lagi...yang penting tetap rukun dan saya salut karena Bang Nicky udah menunjukkan jalan buat mereka mengetahui bakatnya kemana :)

Salam buat 3 adik manis di rumah n salam kenal ya....

mabrurisirampog said...

lengkap sudah tulisan tentang sifat & kareknya pak.. :D

semoga ketiga buah hati bapak selalu dalam keadaan sehat ... aamiin..

r10 said...

kelihatannya nedia senang mengexplore sesuatu :)

bakat jadi macgyver tampaknya :D

kang ian said...

wah keren pak..hebat y ka nedia ini :D biasanya anak cewek lebih kreatif pak..terbukti udah jago corelnya salut..saya aja g bs xixi

dmilano said...

Saleum,
melihat mereka saya jadi ingat ponakan di padang, mirip ama si kakak
saleum dmilano

bunga said...

bener Pak, pasti akan terjadi karakter dan sifat dari anak satu dan lain nya

NECKY said...

kang ade...terima kasih...kalau urusan itu memang dia si atas rata2...tapi kalau untuk pelajaran sekolah....biasa2 aja koq kang...salam buat salma nanti belajar bareng corel draw sama nedia yah

NECKY said...

om enha...terima kasih...ide keranjangnya sampai sekarang masih berjalan meskipun keranjangnya udah diganti karena udh hancur lebur dimainin adiknya...:-)

NECKY said...

pendar bintang...hani...karakter mereka sudah terlihat dari mereka bayi...sejalan dengan berkembang dan pertumbuhan mereka semakin nyata karakter mereka....terima kasih sudah mampir

NECKY said...

mabruri...akhirnya lengkap juga tulisannya. Terima kasih atas doanya, meskipun si Ajif sempat bermasalah dengan tangannya...

NECKY said...

r10...sangat ...sangat...tinggi keinginannya mengexplore...sebagai orang tua cuma sabar2 ajalah kalau dia sedang beraksi

NECKY said...

kang ian....emang gitu yah? anak cewe lebih kreatif??

NECKY said...

dmilano...ponakan seumuran dengan mereka bro?

NECKY said...

bunga...benar2 3 karakter yang berbeda...

masyhury said...

Wew,, sifat dan karakter tiap anak memang selalu berbeda. Dan ini lah biasanya menjadi pemersatu hubungan keluarga. Karena setiap orang bisa saling melengkapi,, LD

Bibi Titi Teliti said...

Whuaaaa...
pinter nya kak Nedia iniiiiii...
itu seriusan yang design kaos Nedia???
keren lho...

Kalo masalah gak fokus mah, mungkin masih belum menemukan sesuatu yang bener2 disuka aja kali bang :)

Tapi harus dikembangin bakat desain nya tuh Bang :)

Bibi Titi Teliti said...

Baaaaaang...
Bang Necky menang kuis isengnya eyke yaaaa :)

NECKY said...

masyhury...mudah2an mereka semua menjadi pelengkap keluarga ya mas...

NECKY said...

erry...ga usah elo....gw aja takjub melihatnya. Butuh kesabaran untuk mengarahkan yang dia suka. Mudah2an gw diberi kesabaran full deh...

Yang bener...gue menang....langsung menju ke TKP dah....hahahha

ded said...

Anak-anak yang pinter, anugrah dari Yang Maha Pencipta. Harus banyak2 bersyukur....

batavusqu said...

Salam Takzim
Kunjungan perdana nih, terseret dari url yang diberikan, semoga saya mampu untuk terus hadir kemari, salam kenal ya
Salam Takzim Batavusqu

ysalma said...

kak nedia, ayo asah lagi talentanya,
keren :)

bundadontworry said...

Subhanalllah, betapa bahagianya Necky dan istri , dititipi buah hati yang hebat2 dan cerdas oleh NYA.
Nedia , pinter banget, desain nya bagus ya Necky :)
titip sayang bunda utk anak2 hebat ini
salam

NECKY said...

bunda..insya Allah kita bisa membimbing dan mendidik mereka ya bunda...terima kasih lagi buat doa2nya...

NECKY said...

uda dedi..insya Allah kita akan selalu bersyukur...

NECKY said...

batavusqu...terima kasih udh berkunjung di rumah sedernaha ini...

NECKY said...

tante ysalma...nedia..lagi saya kasih program baru lagi...buat logo2...nanti kalau udah jago, bapaknya tinggal minta dibuatin aja....hehehe

Arief Bayoe Sapoetra said...

Wah duo kakak beradik hebat..... kayaknya berbakatjadi desainer kang,........:)

bundamahes said...

wuiiiiiiiiiiiiiiiiih..kereeen! belajar Corel Draw! saya aja males :D

NECKY said...

bunda mahes...sama donk ...saya juga males....hehehehe

NECKY said...

bro arief....belum sempat buat ulasan untuk ngikut lombanya nih....

Admin said...

ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

=> ENGLISH TUTORS <=

Qualifications:

1. Competent, experienced, or fresh graduate
2. Proficient in English both spoken & written
3. Friendly, Communicative, & Creative

Placement :
=> Batam - Pekanbaru -Balikpapan - Banjarmasin - Palembang - Medan - Makassar

Send your application and resume to : easyspeak.recruitment@gmail.com as soon as possible.

Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

primeedges said...

ini saya banget mas... hahahahahah...
salam buat Nedia mas...

NECKY said...

weleh2...ternyata prima itu mirip ajif dehhh, perpaduan nedia dan nafis......... apalagi kalau liat anime yang pernah elo buat prim... nanti gw kasih lihat hasil jepretannya nedia deh

Imelda said...

wah sepertinya Aku mirip Nedia deh, suka ngga fokus hahaha. Bosenan. Tapi sejak aku tetapkan mau buat blog, aku berusaha konsisten terus. Mungkin blog adalah satu-satunya challenge ku sampai sekarang.

EM

NECKY said...

mbak EM....mungkin fotografi bisa menjadi alternatif yang bisa dibuatkan blog khususnya selain TE. Kalau TE khan sudah ok tuh tulisan2nya..