Wednesday, 14 September 2011

Alasan Memilih Gadget

Di postingan om enha beberapa waktu yang lalu tentang the Post of July dimana fenomena menggunakan alat komunikasi atau peralatan elektronik (bacanya gadget) sudah sangat memprihatinkan namun yang ingin saya bahas kali ini adalah alasan kita dalam pemilihan sebuah gadget. Meskipun ini udh lama banget di draft ga ada salahnya saya posting.

gambar minjem dari sini
Ada beragam alasan orang membeli gadget yang sering kita jumpai di sekitar ini diantaranya memang udah kebutuhan, sebagai Life Style, ada yang cuma ikut-ikutan bahkan ada juga yang cuma ingin gaya tanpa mengerti cara mengoperasikan.Sebenarnya sih sah-sah aja mereka beli barang2 tersebut wong duitnya mereka sendiri khan??

Saya punya teman kantor yang gila teknologi, kalau ada gadget baru yang menurutnya bagus dalam beberapa hari kemudian tahu-tahu udah ada di tangannya. Dia memang sangat senang ngoprek kalau ada gadget baru. Namun ada juga teman lain membeli sebuah laptop untuk anaknya dengan spesifikasi tinggi dan fitur2 yang lengkap. Ketika saya tanya kebutuhan anaknya apa, dia hanya geleng-geleng aja alias ga tahu banget kebutuhan sang anak. Kembali lagi, itu memang uangnya dia sendiri, mau beli yang harganya setinggi langit ga masalah khan?


Gadget yang saya miliki hingga saat ini adalah memang sesuai dengan kebutuhan dan bukan hanya keinginan semata. Ketika anak-anak memerlukan gadget, saya selalu ngobrol terlebih dahulu dengan mereka apa yang mereka butuhkan dengan gadget tersebut. Setiap orang tua kalau punya alokasi dana anggaran yang cukup pasti inginnya memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka. Namun saat alokasi dana anggaran tidak berlebih, di sini kita kudu sedikit bawel.

Begitu banyak jenis brand laptop di promosikan di beragam media, merk maupun tipe yang macam ragam malah bikin bingung khan? begitu juga dengan telpon seluler atau HP. Dari smartphone yang punya fitur canggih hingga hp sederhana dengan fitur sederhana....hehehehe.

Saya bantu biar tidak terlalu bingung dengan:
  • Tentukan terlebih dahulu budget atau anggaran yang akan kita belanjakan
  • Cari informasi kepada teman pengguna gadget dan tanyakan pengalaman mereka secara langsung. Kalau ga ada temen, bisa cari testimoni produk di internet
  • Kenali kebutuhan kita atau anak kita dan buat listnya untuk kita sesuaikan dengan fitur-fitur di gadget
  • Pilih minimal 3 items atau maksimal 5 items, biar bisa lebih fokus dalam memilih.
  • Survey harga lewat internet, kemudian jalan-jalan ke sentra gadget atau mall. Pastikan seluruh fitur sesuai dengan yang diinginkan.
Mudah-mudahan  membantu dalam memilih gadget. Jangan sampai kita punya gadget tapi kurang bisa memaksimalkan fitur-fiturnya.

NE

54 comments:

niQue said...

saya banget tuh, klo mo beli sesuatu apalagi yg harganya bukan 10-20rb, pasti survey kiri kanan, sampai cari tau ttg produk itu sendiri, plusminusnya bla bla :D ga pernah tergiur membeli gadget hanya karena promosi atau trend arus banyak :D

laptop ato gadget yg saya punya sekarang? sudah termasuk jadul hehehe bukan smartphone soale dan laptop juga sudah sejak 2008 blom ganti lagi tuh.

Imelda said...

yup... memang harus mengubah mindset ttg kebutuhan akan gadget. Dulu waktu single, dengan gampang aku beli macam-macam gadget, krn toh uang sendiri. Sekarang ya tidak bisa.
Spt Ipad, aku pribadi tidak merasa butuh. Tapi blackberry aku beli krn memang teman-teman di Indonesia kebanyakan pakai itu jadi lebih praktis untuk berhubungan. Lagipula harganya sudah terjangkau.

Sebelum mudik kemarin, aku ingin membeli laptop, krn sudah mulai berbunyi (th lalu smepat diganti fan nya). Tapi karena masih jalan dan bisa ditolerir ya tahan-tahan deh sampai akhir tahun.

Minggu lalu, diajak suami utk lihat laptop, dgn kapasitas yang demikian besar, harganya setara HP android. Ya Jelas aku lebih pilih laptop krn memang perlu utk kerja. Meskipun aku tidak begitu senang S*ny V***, tapi mumpung dibelikan hihihi. Dan yang menyenangkan sudah terinstall OFFICE termasuk pp.... (sdh 4 th tidak punya pp hehehe)

Harga laptop di jpg skr turun drastis. Dulu desktop lebih murah dr laptop, tp skr desktop mahal krn ada turner TV digitalnya. sedangkan di satu pihak laptop terdesak HP android. Kepepet di tengah-tengah deh :D

Gadget oh gadget. Belum pernah punya ipod juga. Lagi nunggu siapa yang mau kasih lungsuran ipod :D

EM

dey said...

kalau mau beli sesuatu, biasanya saya lebih memilih berdasar kebutuhan, soalnya kalau ikut keinginan gak akan habis-habis.
Apalagi soal gadget, krn saya ibu rumah tangga yang jarang pergi2, hp yang cuma bisa buat sms & tlp aja udah cukup, heheh ..*gak ada dana juga dink buat beli yg canggih .. :D

nh18 said...

Pak Neck ...
Ini bener banget ...
paling tidak based on pengalaman pribadi saya waktu mau beli kamera SLR beberapa tahun yang lalu.

Yang utama adalah cari informasi pada teman yang lebih ekspert. Dalam hal ini adalah mereka yang sangat mengerti fotografi.

Mengenai Gadget yang lain (yang digenggam itu)
Kalau kita nurutin nafsu mata ... beuh ... bisa jebol nih ... apalagi tiap bulan selalu keluar yang baru ... hehehe
Mosok tiap bulan mesti ganti HP ...

Salam saya Pak Neck

Ajeng Rismaniar said...

kalo mau beli laptop atau pun sebangsanya..suka mikir 2 kali ,,,BB juga belum punya..halaaaah...!

niee said...

Kalau aku termasuk pencinta gadget mas.. tapi kalau gak ada dananya ya gak perlu beli juga.. selama masih ada yg lama.. nabung dulu deh.. hehehe.. yg penting tw spesifikasinya dan kita yakin bs ngoprasikannya.. kalau gak bs ya gak pelu juga lah beli..

mylitleusagi said...

he.....he...he..he.he
sama banget kaya si abang..
kalau mau beli hape baru ..
pasti keroxi terus muter-muter dari atas sampe bawah buat survey,,sama cari yang bagus dimana..

kalau buat yang di genggam aku beli lebih karena kebutuhan kerja,, kalau bukan karena kantor mah males...

sekarang sich pengen android,,kaya nya bgus... :D :D :D (*tapi duitnya ngak ada.

NECKY said...

nique...kasihan orang2 yang promo karena ga mempan sama elo ya bu....hehehehe. Tapi memang kayak begitu seharusnya khan?

NECKY said...

mbak EM....hahaha, terkadang orang kalau beli itu lebih banyak emosinya yah. Bagi saya hingga kini IPAD masih belum membutuhkan, smartphone juga kurang urgent. IPOD juga lebih sering buat dengerin lagu aja, mendingan beli barang sejenis dengan harga yg lebih murah....(kec ada yg udh bosan dan dengan rela hati minta dibayarin berapa aja....ngarep.com).
Memang sih, kalo laptop lama rusak dan mau diperbaiki ga tahunya harga servisnya udh mendekati setengah harga laptop baru...kalau udh begini mendingan gimana donk??

NECKY said...

dey...tenang aja ada yang nemenin koq....hape yg dipegang saat ini hanya sering buat sms dan telpon aja. Makanya masih betah ga mau digantiin kec. kalau udh rusak hehehehe

NECKY said...

mbak ajeng...mendingan beli laptop aja dari pada beli BB deh

NECKY said...

om enha...mungkin kalao alokasi anggaran banyak tiap bulan ganti hape donk yah?....hahahaha...
btw...SLR merk apaan??

NECKY said...

niee...jarang2 cewe suka gadget lho. Sebab mayoritas yg gila gadget itu teman laki2. Mantap banget lah kalau begitu...ayo kita nabung yuks...

NECKY said...

putri...android memang keren dan itu masuk list kalau2 mau ganti hape. Kalau mau beli yang murah meriah merk s****ng juga banyak yang bagus. Atau merk China juga udh ada yg android juga. Tinggal dipilih...dipilih....hahahaha

Lidya - Mama Pascal said...

kalau saya biasanya membeli kalau sudah rusak :) atau hampir rusak pak.tapi membeli yang agak bagus sekalian supaya awet.

@zizydmk said...

Terakhir kali saya memilih notbuk, saya gak pakai banyak mikir. Yang penting secara performanya bisa memenuhi kebutuhanku dan harga juga murah, itu dah OK. Dan yang terpenting sih warna.

Nia said...

saya juga klo beli selalu sesuai kebutuhan...soale dananya terbatas hehehe......

DewiFatma said...

Betul, Mas. Kalo ngikutin trend mah, bangkrut deh. Kalo nggak penting-penting banget saya nggak ganti-ganti. Lagian sayang buang-buang uang.. Mending ditabung *pelit.com* :D

asop said...

Ngomong2 soal gadget, saya kok jadi pengen smartphone android ya? :D

Fiction's World said...

ak juga suka lapar mata klo soal gadget, tapi "lapar"nya kalo ngeliat doang sih, untuk urgensi membeli gg begitu "lapar" soalnya untungnya ak agak rasional, membeli apa yang ak butuhkan, meskipun kadang tetep aja sih namanya cewek kali ya ada aja kebutuhannya :P

NECKY said...

mbak lidya...sering kali brand yang bagus itu memang memiliki kualitas yang memang lebih baik. Contoh: tahun lalu anak saya dibeliin hp china tp belum setahun udh ga bisa dipakai lagi, akhirnya mau tidak mau beli brand yang sudah terkenal agar lenih tahan lama.

alamendah said...

Alasan utama saya adalah kebutuhan. Itupun sering harus membuat skala prioritas jika ada beberapa gadget yang musti dibeli sekaligus.

NECKY said...

zee...saya ga terpikir untuk warna menjadi salah satu kriteria dalam pembelian gadget...*apa karena saya laki yah?*

NECKY said...

mbak nia...kalau udah punya toko online, sepertinya udh kudu punya smartphone tuh. Untuk mempelancar bisnisnya lho...

bundadontworry said...

sepertinya kalau diperhatikan , pria memang lebih gila gadget daripada perempuan ya Necky.
salah satu contohnya mungkin suami bunda sendiri hehehe....
dia seneng banget beli2 gadget baru utk bunda, padahal bunda dah punya hape, dibeliin lagi si berry hitam dan ipod dan ipad, padahal sebagai pensiunan yg dirumah saja, bunda gak begitu memerlukan dgn maksimal pemakaiannya, apalagi dirumah juga sudah ada pc dan laptop .
tapi, ya tetap besyukur, alasannya suami membelikan, agar bunda bisa ngeblog dimana saja, tanpa tergantung modem atau wi fi ...hehehehe...
salam

NECKY said...

dewi...bukan pelit tapi berhemat...hehehehe

NECKY said...

kalau bunda kelebihan gadget...bilang2 yah? hahahahaha...
emang bunda...sebagian besar temen2 kantor *apa karena kantor saya di bidang IT kali yah?* seneng banget gonta ganti gadget. Mereka udh ganti 3 kali namun tidak terpengaruh sedikitpun sama saya tuh....

NECKY said...

asop...kamu pasti bisa....*beli yg android* hehehe

NECKY said...

tiara...biasanya kalau cewek banyak banget prioritasnya yah?? :-)

NECKY said...

kang alamendah...beli laptop, printer, scanner, smartphone, dll...banyak banget yah???

Pendar Bintang said...

BIasanaya saya beli gadget sesuai kebutuhan. Bahkan dulu yang ber ponsel dua sekarang cuma satu karena mikir malah pemborosan pake dua ponsel meski hati sedang tergeitik membeli Android tp masih mikir kira-kira buat apa nanti???

Selama laptop dan BB masih bisa saya sepertinya masih mau bertahan dulu gak beli apa-apa lagi karena juga sgd nabung pingin Umrohin ortu.

Arman said...

saya termasuk orang yang gak gila gadget. gak pernah pengen ganti2 hp yang canggih2... gak pernah pengen beli ipad atau tablet2 lain...
asal udah punya hp dan laptop udah seneng. hehehe.

'Ne said...

saya termasuk yang tidak mudah tergoda dengan gadget, hape aja masih jadul selama hapenya belum mati ya belum ganti, hampir semua temen2 deket ganti BB atau smartphone lainnya tapi karena tidak butuh ya gak beli (kecuali dikasih mah gak nolak) selama masih bisa buat telepon, sms dan internetan masih cukup apalagi ada laptop juga hehe..

NECKY said...

pendar bintang...kalau memang udh cukup memenuhi kebutuhan saat ini...kenapa juga mesti nambah kecuali ada kegiatan tambahan...hehehe

NECKY said...

arman...elo mah ga beda jauh dari gw bro.... qeqeqeqeqeeq...sama sekali ga tergiur dengan new gadget....

NECKY said...

Ne..setali tiga uang bu, saya malah pernah diseret sama kakak saya ke toko hape karena sulitnya menghubungi saya. Saat itu hape saya suka ngambek...makanya kakak saya sebel banget jadinya...hehehehe

bundamahes said...

kalow yang suka gadget mah si suami Om, saya cuma ikut menikmati aja! :D
jadi ga ngerti tentang spesifikasi atow apalah itu namanya


*emak2 gaptek

menone said...

klo menone berdasarkan kebutuhan sob, klo ngikutin tren ga akan ada habisnya.....


Salam persahabatan dr MENONE

NECKY said...

bunda mahes...ceritanya ikut suami aja yah?? tapi kudu tahu sedikit2 lah...biar ga terlalu gaptek

NECKY said...

menone...emberrrr yg namanya trend mah ga ada matinye yah??

ais ariani said...

Pak necky, maaf lahir bathin juga yah :)
aku baru bangkit lagi nih di dunia maya. hehehehehe...

dan tipsnya bener banget! harus nyari info banyak-banyak, apalagi buat manusia gaptek macam aku. kek punya laptop yang penting ada yang buat ngetik-ngetik sama buat muter musik, sama buat ngitung2 (ih kek emak-emak ajah yak!)

hehehehehe

NECKY said...

kalau butuhnya hanya untuk itu ais cukup beli netbook aja...udah kecil ukurannya bisa ditenteng kemana-mana tuh...

edratna said...

Saya hanya beli sesuai fungsi yang dibutuhkan..untuk laptop karena hanya untuk mengetik, membuat power point, klasifikasinya sederhana. Hal ini akan berbeda saat saya membelikan laptop untuk anakku, yang keduanya memang dari bidang teknologi informasi.

NECKY said...

bu enny...kalau anak2nya di TI mah bakalan spesifikasinya tinggi banget tuh...karena biasanya banyak aplikasi2 yang di install oleh mereka

Abi Sabila said...

sesuaikan kebutuhan dan budget sebelum membeli gadget. Bukan tidak ingin update, tapi kalau fungsinya masih sama, hanya beda bentuk dan kemasannya, saya pribadi milih bertahan dengan yang lama.

NECKY said...

abi...setuju banget dengan sampean....bertahan dengan gadget lama sampai rusak atau hilang yah.... hehehehehe

yudhistira31 said...

whaaaa...hp kita kayaknya sama deeeehhh...cuman aku warnanya pink :)

setuju banget deh dengan tulisan mas neckyu :)

Bintang said...

Ini sih kayaknya saya, punya gadget tapi kurang memaksimalkan fitur-fiturnya...

Hatur nuhun buat ilmu yang sudah dibagi :)

Kakaakin said...

Biasanya saya juga keliling kota dulu pas mau beli gadget... Nyari yang murah sih, hehe... tapi maunya ttp berkualitas :)

NECKY said...

mbak devi..kalau saya mah ga mau warna pink. kalaupun ada nanti yang pake malah anak saya mbak....hehehe

NECKY said...

bintang....ayo belajar mbak...buat memaksimalkan fitur2...sayang banget udh punya tapi ga digunakan

NECKY said...

kaka akin...murah berkualitas juga ada koq. Tapi biasanya yg berkualitas itu memang punya harga yg sudah stabil (baca: mahal)....hehehehe

cara mengobati maag said...

Nice Post :)

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Cepat said...

lumayan juga informasinya