Tuesday, 8 November 2011

Teman Baru

Setiap kita memasuki 'dunia baru' (baca:lingkungan baru) seperti sekolah baru, kantor baru, rumah baru, atau lingkungan baru pastinya sering bertemu dengan 'orang-orang' yang baru kita temui. Apa yang sering anda lakukan? Apakah anda menyapa dan  mengajaknya bicara sekedar basa basi atau malah tidak peduli seakan-akan ga ada pengaruhnya sama sekali dengan anda?

Saya sendiri bukanlah tipe orang yang selalu hangat dan menyapa orang-orang baru karena terkadang ada perasaan sungkan atau segan bila harus berbasa-basi. Beda banget sama om enha (sang trainer sejati) deh pokoknya yang selalu akrab dan selalu mencairkan suasana pada setiap pertemuannya. (bener ga nih om??)

Akhir-akhir ini saya punya seorang teman baru yakni seorang loper koran di krl ekonomi (karena kalau yang commuter line ga boleh ada yang jualan di dalam kereta). Berawal dari kejenuhan membaca berita di koran-koran umum hingga saya memutuskan membaca berita olahraga aja (khususnya sepak bola). Pertama kali beli koran khusus olahraga di sembarang tempat aja namun akhirnya saya punya langganan penjual koran yang berjualan dalam kereta.


Waktu awal beli, layaknya penjual dan pembeli. Saya mengeluarkan uang dan si penjual koran memberikan korannya langsung. Seiring berjalannya waktu, si penjual koran memulai percakapan tentang pertandingan di akhir pekan, tentang klub favoritnya, tentang pemain favoritnya hingga pelatih favoritnya. Tadinya sih saya menanggapi tanpa antusias namun melihat beliau berapi-api kalau sedang bercerita tentang hal-hal di atas sayapun larut ikut tenggelam dalam materi pembicaraan.Hingga hari inipun saya tidak tahu namanya (karena ga pernah nanya namanya sih....hehehe)

Ada lagi seorang bapak yang sering mengobrol di atas krl, namun akhirnya saya mengetahui namanya dengan jelas setelah kami bertukar nama (ternyata beliau seorang dosen pengajar di salah satu universitas swasta Jakarta). Kalau saya pikir-pikir kembali sudah banyak teman baru sejak menjadi Roker. Selain kopdar,
kapan sih anda mempunyai teman baru di kehidupan anda?

NE


46 comments:

Belajar Photoshop said...

mungkin akangnya tipe yg melankolis/pelindung.. makanya seperti itu.. tapi apa bukannnya dengan bertemu banyak wajah baru.. juga memperbaharui pribadi kita?!?!

Lidya - Mama Pascal said...

banyak kenalan banyak teman bagus dong pak

NECKY said...

banyak kenalan ..identik banyak rezeki ga yah??...:-)

NECKY said...

mungkin bukan memperbaharui tapi mempengaruhi pribadi kita...

dey said...

Jaman masih kerja dulu, saya juga sering dapet temen baru gara2 sering bareng di angkot.
Seneng aja sih, minimal di angkot gak terlalu bengong ..

ceritabudi said...

Teman lama adalah emas dan teman baru adalah berlian

Nchie said...

Setuju Banget kalo Om Nh bisa mencairkan suasana Bang..
Secara ibu2 kopdar sama Om,benar2 mengerti perasaan kaku dan hati yang beku,jadi lumer dengan sapaannya..
bener2 seorang Trainer..

ded said...

Klo teman tersebar diberbagai kota enak Mas. Kemana-mana kita dijemput, ditraktir bahkan kadang-kadang hotel pun dibayarain...he3x :)

Susindra said...

Jika tiap hari bertemu orang baru, potensi bertemu teman baru lebih banyak. Saya tiap hari bertemu cucian, belanjaan dan anak-anak. jadi, mereka yang menjadi sahabat tetap saya.

Clara Croft said...

Biasanya dapet temen juga gara2 travelling, apalagi kalo perjalanannya seru dan si temen punya FB biasanya temenannya awet Pak :)

niQue said...

kapan ya? hmm ... ketika bergabung dengan satu organisasi, bisa juga kan. terus dari mana lagi yaaa ...o ini nih, teman baru di kantor yg baru ehehehe ... atau teman baru karena jalan sama temen yang bawa temen, terus bisa akrab sama temennya ... :D

Abi Sabila said...

sejak kepemilikan perusahaan tempat saya bekerja beralih, banyak sekali teman baru. Berteman dengan mereka - karyawan baru - jelas menambah juga ilmu. Alhamdulillah..

Oh ya, Bang. Ada PR untuk Bang Necky, tolong dilihat ya. Terima kasih sebelumnya.

NECKY said...

dey...saya paling ga bisa tuh kenalan di angkot...tapi mungkin juga seperti di kereta kali yah...kalau ketemunya sering...?

NECKY said...

bli budi...saya baru pertama kali denger ungkapan seperti itu ...thx

NECKY said...

nchie...ternyata penilaian saya ga beda jauh sama ibu2....hehehehe

NECKY said...

uda ded...sepertinya itu menjadi pengalaman pribadi ya?....emang bener juga sih, jadi kalau jalan2 ke luar kota ga akan merasa asing..

NECKY said...

mbak susi...saya jadi inget istri di rumah deh...yg tiap hari ketemunya sama seperti mbak....hahahaha

Baha Andes said...

semakin banyak teman ibaratkan banyak investasi... pertemuan bisa dimana saja.

aku cuma mau ngecek nih PRnya dah dikerjain apa belum...
ngajak kerja kelompok nyelesain PR yg di kasih kang Abi Sabila hehehe..

Lozz Akbar said...

kayaknya setiap tahun saya mendapat banyak teman baru pak Neck.. apalagi kalau pas ada penerimaan anggota baru di organisasi P.A saya.. yang jelas saya juga nambah adik didik baru lagi

NECKY said...

clara...emangnya kalau travelling bisa dapat temen? gimana caranya tuh??

NECKY said...

nique...enak khan nambah temen... minimal bisa nambah wawasan khan

NECKY said...

abi...setuju banget namabh teman ... nambah ilmu.....pe er sedang dikerjakan ya... *kepotong istirahat soalnya*

NECKY said...

baha....saya baru aja mau ngintip pe er ke tempatnya sampean.....hehehehe

NECKY said...

bro akbar...semoga nambah muda dan bisa dapat daun muda...:-)

mabrurisirampog said...

saya ini termasuk orang yang dalam memulai bersosialisasi dengan orang baru bisa dikatakan kurang pak.
Saya akan lebih cenderung ditegur duluan daripada harus menegur duluan sama orang baru. Kalau sudah ditegur baru deh bisa ikut cair dalam suasana yang dibawa..

nh18 said...

Pak Neck ...
Karena tugas sehari-hari saya berkaitan dengan penanganan Training Karyawan Baru di departemen saya ...
Maka bisa dipastikan tiap bulan saya pasti berkenalan dengan orang baru ... (baca "brondong" baru )(hehehe)

maklum masih muda-muda

Salam saya Pak Neck

Orin said...

Sama mas Neck, aku jg ga bs lgsg akrab sm orang baru. Malah di rumah kontrakan, sm tetangga2 smp skrg cuma bertukar senyum atw basa basi dikit aja, ga pernah ngobrol gimanaa gitu, pdhl udh setahun lebih :(

Fiction's World said...

waah aku nih gampang banget kenalan sama tukang jualan :D kadang kalau datang untuk beli suka disambut gitu, seneng sih :D sebagai pembeli merasa dihargai :)

mandor said...

jadi artinya : kita harus banyakin kopdarrr

monda said...

sering juga saya dapat teman baru, tapi masalahnya saya gampang ingat nama panjang seseorang, tapi susah menghafal wajah he..he...

yadiebaroos said...

banyak moment yang bisa kita manfaatkan untuk menambah pertemanan. dan tentunya dengan banyak teman, banyak juga manfaat yang dapat kita dapatkan

NECKY said...

mabruri...sepertinya kita satu tipe nih. Lebih nyaman ditegur duluan, setelahnya baru bisa mencairkan suasana deh...

NECKY said...

om enha...koq berondong doank sih? yang daun muda ga ada yah??? mau donk jadi berondong

NECKY said...

orin...kebetulan istri saya orangnya cepat beradaptasi dengan lingkungan. Jadi yang kenal dengan tetangga adalah istri saya....hehehehe

NECKY said...

tiara...jangan2 semua tukang jualan pada kesengsem sama kamu tuh....:-) sekalian menghargai pembeli juga sih...

catatan kecilku said...

Seneng banget kan bisa punya banyak teman baru.. :)

the others said...

Kalau aku dapat teman baru biasanya sih dari sekolah Shasa atau dari tempat les Shasa... hehehe

bunda Lily said...

alhamdulillah, bunda bisa dapet temen baru dimanasaja Necky,
kadang kl lg jalan di mall, malah bisa akrab sm penjualnya dan akhirnya bertemen, dr anak muda sampai yg udah ibu2 juga...

begitu juga dgn para waiter/s , bisa jd temen juga....
mungkin krn si bunda ini bawel yaaa.....haahaha....

dan, baru kemarin ini dpt temen baru, supir taksi cewek dr blue bird, sekarang kita jd sering sms an....hahaha...

asik kalau punya temen baru , bisa nambah wawasan juga lebih bisa memahami orang yg beda lingkungan hidupnya dgn kita.
salam

NECKY said...

catatan kecilku...banyak temen banyak rejeki yah...

NECKY said...

the others...pasti karena punya perasaaan senasib nungguin anak les ya bu??? :-)

NECKY said...

bunda lily...sebenarnya saya tuh senang punya banyak teman baru tapi suka bingung kalau pertama membuka pembicaraan. Rasanya kurang nyaman aja, tapi kalau di paksa sih bisa-bisa aja. BUnda tuh terlihat dari cara menjawab di blog, orangnya asik banget makanya banyak temen baru....hehehehe

krismariana said...

Mas, aku merasa blogging membantuku sekali dalam mendapatkan teman. Terutama pas tinggal di Jakarta sih. Aku benar-benar baru di kota ini. Ada sih beberapa teman, tetapi tidak banyak. Bisa dihitung dengan jari deh. Tapi dengan blog aku jadi merasa punya teman. Dan kadang kalau pas ketemu di kopdar, lebih cepat nyambungnya :)

niee said...

Kalau aku banyak karena kerjaan mas.. dilingkungan kantor aku aja ada 900an pegawai. jd bisa deh jadi temen.. dan aku suka punya temen tuh kalau bener2 gak.ada hubungannya dengan temen sekarang.. serasa punya prestasi gt.. hahaha

NECKY said...

krismariana....sama bu, saya juga terbantu dan mendapat teman2 baru yang hebat di kopdar....

NECKY said...

niee....apalagi kamu yg sering seminar dan workshop dengan orang2 yg dari seluruh penjuru Indonesia. Saya yakin buanyak banget teman barunya

Asop said...

Hmmmmm bersyukurlah kalian orang2 yang merasa dirinya supel. :D

Saya dapat kenalan baru ya pas ada kunjungan studi dari universitas lain ke jurusan saya. :)

Lalu, saat kami himpunan mahasiswa menyelenggarakan sebuah acara, saya yang jadi panitia juga kenal dengan orang2 baru. :)