Sunday, 18 November 2012

Larry Crowne

Sebagai penggemar Tom Hanks, saya merasa ketinggalan berita tentang film Larry Crowne ini. Sewaktu lihat iklan film ini lantas saya langsung ngecek bioskop2 yang memutarnya dan ternyata saya telat karena bioskop yang memutar sudah tidak ada yang dekat rumah. Beberapa waktu berlalu, ada teman yang menawarkan film ini yang sudah di download dari teman...(psst..jangan bilang-bilang yah).
Apalagi setelah tahu pasangan mainnya Julia Robert, saya makin penasaran ingin segera nonton film ini.

Film ini dibuka saat Larry Crowne (Tom Hanks) bekerja dengan giat di tempat kerjanya. Kerja sama dengan rekan-rekannya dihayati dengan baik oleh Larry. Meski umurnya sudah tidak muda lagi namun Larry sangat semangat menekuni perkerjaannya di departemen store (atau hypermarket). Saat istirahat, tiba2 namanya dipanggil oleh manajemen. Rekan kerjanya menduga kalau Larry akan mendapat penghargaan Employment of The Month karena mereka menganggap Larry sangat pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Sanjungan dari rekan-rekannya membuat Larry semakin Ge-eR sewaktu mendatangi manajemen.
Alih-alih mendapat penghargaan sebagai pekerja teladan ternyata Larry dipecat oleh manajemen karena kondisi perusahaan yang tidak bagus. Perusahaan tersebut harus mengurangi jumlah karyawan dan Larry merupakan salah satu yang terpilih karena manajemen menilai Larry memiliki pendidikan hanya sebatas lulusan SMA dan tidak pernah kuliah sama sekali. Larry mohon kepada manajemen untuk tetap bisa bekerja karena dirinya adalah seorang pekerja keras. Namun faktor pendidikan menjadi salah satu pertimbangan utama mereka dalam merampingkan jumlah karyawannya.

Singkat cerita, Larry akhirnya mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di college (setara akademi kalau di Indonesia). Larry mulai melakukan penghematan dalam pengeluaran dengan mengganti kendaraan operasionalnya dengan skutik (skuter otomatik). Hal disebabkan saat dia lihat orang yang menggunakan skutik mengisi bensin berbanding dia mengisi bensin mobilnya. Berbekal skutik inilah akhirnya Larry memiliki teman baru yakni komunitas skutik. Perkenalan dengan anggota skutik membuatnya memiliki perspektif baru dalam bersosialisasi karena perbedaan umurnya dengan anggota yang lain.

Larry mengambil mata kuliah dengan dosen Mercedes Tainot (Julia Robert). Awalnya hubungan mereka berdua adalah dosen dan mahasiswa, namun mereka akhirnya bisa menjalin hubungan yang lebih lanjut ketika Larry selesai menyelesaikan mata kuliahnya. Apalagi baik Larry dan sang dosen, sama2 sudah menjomblo.

Film ini, memiliki genre yang sama seperti You've Got Mail, Sleepless in Seattle, When Harry Met Sally, dll yakni Comedy Romantic. Saya memang paling suka menonton film2 ber-genre ini karena tidak ribet, ringan ceritanya, menghibur, dan tentu saja lucu. Meskipun Tom Hanks terlihat sudah makin 'berumur' namun aktingnya sangat natural atau mungkin juga karena saya suka dengan aktingnya selama ini. Nonton film ini ga perlu mikir 

Ada beberapa hal yang mungkin dapat diambil pesan dari film ini:
  1. Meskipun sudah kerja keras dan loyal terhadap institusi tempat bekerja, bukan berarti status kita sebagai karyawan akan selamat tatkala kondisi perusahaan krisis dan ada gelombang phk.
  2. Sekolah tetap menjadi dasar kualifikasi dalam mencari pekerjaan di sektor formal.
  3. Kehilangan pekerjaan bukan berarti kehilangan semangat untuk terus berkarya.
  4. Tinjau kembali pengeluaran2 agar dapat memilah menjadi pengeluaran penting dan tidak penting.
NE


14 comments:

nicamperenique said...

saya udah ntn film in mas :D
dan pas pula emang suka dengan 2 bintangnya
ceritanya apalagi, kebetulan memang saya senangnya nonton drama yang tidak terlalu rumit.

setuju banget bahwa di saat kita kehilangan satu sumber mata pencaharian, tidak boleh kita berputus asa, apalagi Tuhan senangnya sama umat yang terus berusaha, bukan berdiam diri meratapi nasib :)

Orin said...

wahhh....aku termasuk yg ketinggalan jg nih mas, baru tau ada film ini..

NECKY said...

nique....ternyata elo demennya film yg seperti juga toh? gw pikir demennya seperti hunger games.... qeqeqeqeqe

NECKY said...

orin...gw juga dapat file nya dari temen nih.... mau??? tapi file nya besar

Lidya - Mama Cal-Vin said...

harus nunggu DDnya nih pak untuk nonton, jatah nonton bioskopnya udah kepake breaking dawn :)

applausr said...

saya juga suka filem ini... luar biasanya.. keduanya artis favoriteku..

NECKY said...

mbak lidya...saya punya filenya nih kalau mau nonton gratis....hehehehe

NECKY said...

applausr...asikk ada satu penggemar yang sama....

dherdian said...

Lumayan nih Pak Neck, saya dapat referensi film yang suatu saat akan saya acari :-)

niee said...

Aku malah gak tahu film ini mas. jarang ada film bertema ini yg masuk ke pontianak. tapi aku juga kurang suka seh :P

Legianto said...

Filemnya si Tom Hanks ya?
Kayaknya keren nih,,, :)

kakaakin said...

Wah.. Komedi romantis? Saya juga suka :D
Gak pake berat2 mikir nontonnya.

NECKY said...

kaka akin..ayo nonton...donk...asyik lho filmnya

NECKY said...

dherdian...semoga suka sama filmnya