Thursday, 15 November 2012

Kerja Bakti

Kapan terakhir ikut kerja bakti di lingkungan rumah? atau di lingkungan lainnya?? Hari minggu kemarin, saya ikut kerja bakti dengan membersihkan tanaman-tanaman liar yang ada di depan rumah agar lebih rapih tertata. Biasanya sih yang mengerjakan adalah para asisten, namun berhubung lagi ga punya asisten mau tidak mau, suka tidak suka akhirnya saya menyingsingkan lengan untuk ikutan beresin tanaman liar.

Dasarnya ga pernah ngurusin cangkul dan teman2, saya jadi rempong kesana kemari mencari cangkul dan teman2nya sebagai bekal untuk bekerja. Setelah interogasi beberapa penghuni rumah akhirnya dapat juga peralatannya. Sayangnya si cangkul ga bisa digunakan seenaknya karena sering copot antara kepala cangkul dengan gagang cangkul.
hasil 'kerja keras' :-)
Ngga perlu olah raga di gym, baru beberapa menit saja keringatpun mengalir deras. Sampai akhirnya saya copotin kacamata gara-gara kena keringat mengucur terus. Setelah beberapa saat menekuni cangkul, datang rombongan pak RT dan warga lainnya untuk berkumpul di sebuah lahan kosong yg lokasinya ga jauh dari rumah. Tadinya saya pikir akan ada briefing eh...ternyata mereka membawa penganan ringan dan teh panas hmmm yummy banget deh rasanya...mungkin karena kecapean maka semuanya jadi enak terlihat ya??

Kerja bakti ini ternyata adalah salah satu bentuk silahturahim sambil menata lingkungan sendiri. Sebenarnya untuk orang bekerja di kantor menyisihkan uang sebesar 50rb untuk menata rumah mereka sudah tidak menjadi pemandangan aneh tapi dengan kegiatan ini hubungan dengan tetangga semakin dekat dan saling mengerti. Ada pepatah atau kata2 orang bijak...(saya lupa) yang menyatakan kalau tetangga itu merupakan saudara terdekat kita. Mau tidak mau, memang betul banget tuh kata2 sebab yang pertama kali menolong kita saat ada masalah di rumah ..pastinya tetangga. Pompa air bermasalah, kita minta air ke tetangga adalah salah satu contohnya.

Kerja bakti menjadi kegiatan yang sangat banyak manfaatnya, tapi kenapa kita suka malas kalau dapat undangan dari RT yang mengajak kerja bakti yah?? Kenapa?? Mudah2an diantara kita tidak banyak yang malas untuk diajak kerja bakti yah..... :-)

NE

15 comments:

nicamperenique said...

baru baca judul doang, soale kok pas lagi ngetik tentang ini juga hahaha ...

marsudiyanto said...

Di tempat saya juga ada kerja bakti, tapi biasanya sambil manggil tukang yang bener2 kerja...
Kalau warga paling2 cuma ngobrol. Orangnya banyak tapi tak berbekas apa2...

nicamperenique said...

udah baca :D
tunggu postinganku ya mas hahaha

salut euy masih rajin kerja bakti :D

NECKY said...

nique...beneran elo lagi buat tulisan seperti ini?...wah wah bisa barengan gitu yah???

NECKY said...

pak mars....saya khan tinggal bukan di kompleks perumahan. Jadi penghuni2nya masyrakat yg dari berbagai lapisan masyarakat. Ada yg tentara, polisi, pensiunan guru, hingga pekerja di pasar tanah abang. Alhamdulillah mereka bahu membahu satu dengan yg lainnya

Melly Feyadin said...

acara kerja bakti gitu emg asik, ya pak.
apalagi klo dah selesai banyak makanan..hihi

Niar Ci Luk Baa said...

wow masih ada yaa om di sana kerja bakti, di rumah niar kalau mau ada acara kayak agustusan tuh batu deh kerja bakti :D

Mister Gandi said...

Jarang ikutan saya kalo kerja bakti, heheeh.. kesiangan trus

a.i.r said...

terakhir kerja bakti pas jaman SMA...

sekarang, siapa yang mau duit ya yang kerja.. :D

Ryn Hendra said...

Kaerja bakti itu dapat membuat lingkungan bersih, sehat dan nyaman :)

Hehe ... sama seperti saya yang tidak pernah megang cangkul :D

Ditunggu follow baliknnya ya Mbak :)

@Salam Kenal

[ Unimportant Notebook ]

nh18 said...

Hanya ada tiga yang kita cari dalam bertetangga

lingkungan yang bersih
silaturahmi yang hangat
keamanan yang baik

dan saya rasa dua dari tiga tujuan tersebut bisa didapatkan dengan gotong royong

salam saya Pak Neck

NECKY said...

om enha....yg dua dimaksud yg mana tuh?? selamat berlibur pak

NECKY said...

niar...masak iya sih...kerja baktinya setahu sekali sih???

NECKY said...

melly....sekarang gw tahu kalau mau mancing melly keluar rumah dengan makanan yah??....hehehehe

irniirmayani said...

Aku gak pernah kerja bakti mas. tapi kalau bapak masih deh sampai skrg. cuma gak rutin. kalau ada hal apa aja gt, misalnya pengeciran jalan gang..