Tuesday, 8 March 2011

Bentuk Penghargaan

gambar ambil dari sini
Sejak kecil hingga dewasa, kita sering mendapatkan hadiah maupun pujian dari orang-orang di sekitar kita. Semua itu merupakan bentuk penghargaan kepada kita. Mungkin waktu kita kecil penghargaannya dengan diberikan mobil-mobilan atau boneka...minimal es krim atau permen sudah senang banget. Semua penghargaan masih sering berbentuk materi. Jarang sekali kita memberikan penghargaan dengan bentuk non materi. Mari kita ingat kapan terakhir memberikan penghargaan non material?

Di Indonesia penghargaan yang diberikan masyarakatnya masih kental dengan materi. Contohnya sajalah, ketika kita melihat salah satu teman atau tetangga kita yang sudah mapan secara materi dan masih usia muda secara otomatis kita akan memujinya bahwa dia orang sukses. Namun sebaliknya, jika kita melihat orang yang secara materi masih kekurangan kita langsung iba melihatnya.

Secara bercanda maupun serius, ungkapan tentang "Money is not everything, but everything needs money" (terjemahan bebasnya: Uang bukan segalanya di dunia ini tapi kita butuh uang untuk pendidikan, makan, tempat tinggal, liburan, dll). Mungkin ini budaya kaum kapitalis, tapi sudah mulai mengakar di kehidupan sekitar kita. Saya tidak setuju dengan ungkapan itu karena untuk orang yang tinggal di desa, uang bukan segalanya bagi mereka tapi tetap membutuhkannya.

Bentuk penghargaan apa yang paling sering kita berikan selain materi kepada orang-orang sekitar kita, baik itu pasangan, anak, teman sekolah, teman kerja, tetangga, bos, bawahan, dll??? dan apa reaksi mereka menerimanya bentuk penghargaan tersebut?

NE

37 comments:

Arief Bayoe Sapoetra said...

berbagi terhadap orang yang lagi membutuhkan itulah penghargaan rasanya benar-benar tepat mas Necky.....

marsudiyanto said...

Masalahnya yang nerima penghargaanpun sebagian besar lebih suka kalau bentuknya materi kok Mas...
Trus gimana?
Saya juga begitu.
Nggak tau kalau orang lain

advertiyha said...

buat orang-orang sayapun masih seringkali memberi penghargaan materi pak.. :)

tapi kalo untuk suami, cukup dengan senyum dan kecupan di pipi saja sudah senang.. :)

hehehe

ysalma said...

lingkungan masih melihat bentuk penghargaan itu ke materinya,, tapi tidak semua lah,, kehadiran wajah kita di sebuah kegiatan dlm lingkup pergaulan itu adalah bentuk penghargaan dan saya rasa itu ga tertukar dengan nilai materi berapapun :)

NECKY said...

mas arief...apapun bentuknya berbagi saat dibutuhkan memang paling tepat ya ...

NECKY said...

iya tuh pak mars....saya sendiri memang suka banget dikasih uang sebagai hadiah.... tapi gimana yah?? kalau dikasih bukan materi juga seneng deh....

NECKY said...

mbak iyha....berarti beda orang beda pendekatan yah mbak... istriku seneng juga kaslau saya beri senyuman tapi lebih bahagia kalau saya udah transfer ke rekening untuk kebutuhan rumah ..... hehehehehe

NECKY said...

mbak salma...saling menghargai juga bentuk penghargaan yah kalau gitu....(ga kepikiran tuh sebelumnya)

Sya said...

Hmm, penghargaan selain materi bisa berbentuk pujian, rasa terima kasih, peluk/cium untuk orang yang disayangi. Sedihnya, kita memang sudah dijajah oleh kapitalis, jadi penghargaan seperti itu terasa kurang bermakna dibanding penghargaan materi.

mida said...

yang bukan materI... hmmm... paling sering sih senyuman atau pujian...
tapi kadang penghargaan terhadap prestasi ga ada materinya, rasanya bak sayur kurang garam kayanya... :D

isnuansa said...

Penghargaan bersikap ramah yang paling sulit, takutnya dianggap sok kenal.

Kalau berucap terima kasih, sudah terbiasa. Penghargaan juga kan itu?

NECKY said...

sya...kapitalis memang berhasil membuat kita semua jadi materialistis. Semuanya bermuara jadi sama uang deh....betul2 sukses deh mereka

NECKY said...

mida...penghargaan terhadap prestasi ...paling2 piagam atau medali ya??....:-)

NECKY said...

isnuansa....yang ini nih orang sering lupa.... padahal mengucapkan terima kasih dampaknya luar biasa dan ini suatu penghargaan juga lho.

cucuharis said...

Menghargai orang dengan pilih pilih
Padahal yang membedakan di mata Tuhan adalah taqwanya kan

NIT NOT said...

mendengarkan pendapat orang lain sudah merupakan penghargaan yang tidak bisa dinilai dengan materi...

harly said...

apapun bentuk sebuah penghargaan,,, yang terpenting adalah keiklasan dari orang yang memberikan nya

kunjungi jg bahan bacaan saya :
jurnal

ekonomi andalas

NECKY said...

bro haris...setuja banget sama sampean ...

NECKY said...

nit not....tidak mudah untuk menjadi pendengar yang baik bro...

NECKY said...

harly...percuma yah...kalau mau kasih penghargaan tapi ga ikhlas...hehehe

bundadontworry said...

sukses banget kayaknya tradisi yahudi utk menjadikan kita terbiasa dgn penghargaan berupa materi ya Necky.
hebat ya mereka ..... haahhaha........
anak2 atau keluarga cukup merasa bahagia sekali dgn penghargaan berupa pelukan atau kata2 penghibur.
dan, bunda rasa dgn kita memenuhi undangan teman, atau keluarga yg mengadakan acara, mereka pasti merasa sangat dihargai, dan ini tak bisa digantikan dgn uang tentunya .
salam

zee said...

Buat saya, uang memang bukan segala2nya tapi memang segala2nya butuh uang ya. Tidak usah berlebihan, asal cukup dan bisa disyukuri saja karena rezeki sudah diatur oleh Yang Di Atas.
Kalau reward non materi biasanya berupa pujian atau ciuman kasih sayang untuk anak dan keluarga.
Kalau untuk sahabat, selain pujian atau support pada mereka, ungkapan kepedulian kita padanya, itu sudah termasuk komplimen reward :)

NECKY said...

bunda....satu lagi...ternyata menghadiri undangan salah satu bentuk penghargaan. Selama ini ga ngeh kalau melakukannya..........tidak bisa digantikan oleh uang yah....

NECKY said...

zee....nambah lagi, ungkapan kepedulian salah satu bentuk lain dari memberi penghargaan ... terima kasih bu...

Sukadi said...

Selain materi mungkin ucapan terimakasih adalah sesuatu yang berharga, hal sepele yang tak semua orang terbiasa mengucapkannya... Orang merasa dihargai walau hanya sekedar ucapan terimakasih yang tulus... (mungkin)

NECKY said...

mas sukadi...kalau saya diberi ucapan terima kasih udah seneng banget tuh bro...

aiysna said...

kalau semua bentuk penghargaannya berupa materi....wah, bisa bangkrut tu..hehehe,tapi saya lebih suka kalau ucapan terima kasih aja asalkan tulus...

NECKY said...

kalau orang yg uangnya bamyak ga akan bangkrut kaleee?....hehehehehe

menone said...

klo menone persahabatan yang erat itu udh termasuk peghargaa yg tiada duanya.......



salam persahabatan dr MENONE

Widodo said...

mungkin comment juga bentuk penghargaan :D

Kakaakin said...

Misalnya ada tetangga yang sakit, dijengukin aja sudah bikin senang :)

NECKY said...
This comment has been removed by the author.
NECKY said...

menone...alhamdulillah saya punya banyak sahabat baik du dunia nyata dan dunia maya seperti anda .... hehehehe

NECKY said...

kakaakin...saya juga seneng jo kalo rumah saya di datangi meskipun saya ga sakit...:)

NECKY said...

widodo....betul...betul...betul...
*upin ipin mode on*

nh18 said...

Menurut saya ...
Bentuk penghargaan yang paling sering saya berikan adalah ...
Ucapan tulus yang keluar dari hati ...
tanpa basa-basi ...

Salam saya Pak Necky

NECKY said...

nilainya lebih dari segala materi ya om enha.... itu yang saya lihat kalau saya BW ...selalu om memberikannya kepada orang-orang.....