Thursday, 19 May 2011

Employee Gathering

Setelah masa persiapan yang cukup alot, dari survey tempat, memilih tempat yang sesuai dengan kriteria, akhirnya hari Sabtu, 14 mei 2011, jadi juga acara gathering karyawan satu direktorat. Merancang acara dengan pesan sponsor yang banyak memang tidak mudah karena saya kudu mendengarkan aspirasi mereka agar semuanya bergembira di acara ini.

Sebelum acara dimulai
Dalam merancang acara, saya melakukan koordinasi dengan Tim Program dari Camp Hulu Cai (lokasi tempat gathering) agar games tidak boleh dengan fisik yang banyak (maklumlah mayoritas 40an usia rata-rata karyawan) namun tidak meninggalkan tujuan utama yakni kebersamaan, kekompakan dan kegembiraan seluruh peserta.


Saya bersama 4 rekan lainnya berangkat duluan untuk mempersiapkan dan mencheck kesiapan lokasi (meskipun sampai sehari sebelumnya selalu bekoordinasi). Berangkat jam 5 pagi yang kemudian sampai di lokasi jam 6 lebih sedikit sementara rombongan diperkirakan akan sampai sekitar jam 8an. Perencanaaan waktu memang agak ketat, karena acara ini direncanakan akan selesai jam 3 siang. Akhirnya rombongan yang berjumlah 168 orang tiba di lokasi jam 8.30.

Logistics Division
Pembukaan dimulai 9.15, setelah menikmati welcome drink Bajigur dan Bandrek oleh MC (namanya Kang Inor). Alhamdulillah Kang Inor memang top markotob dalam Ice Breaking dalam waktu 30 menit, membuat seluruh peserta menjadi antusias mengikuti games yang sudah dipersiapkan. Sebelum dimulai, peserta dibagi menjadi 10 grup. Ada 5 permainan, jadi setiap 2 grup berkompetisi menjadi yang terbaik. Setiap grupnya, saya merancang dengan kriteria dari pimpinan teratas jingga level rendah, berbeda divisi, bagian hingga jumlah gender yang seimbang agar games lebih seru.

Setiap grup memiliki nama, saya ikut grup Jengkol dan melawan grup Bajaj. Permainan pertama adalah kekompakan mengikuti aba2 dari MC. Setiap aba2 teriakan Kanan, seluruh peserta harus lompat ke kiri. Begitu pula dengan aba2 ke Depan, Belakang dan Kiri. Adrenalin permainan makin meningkat, seluruh peserta makin semangat. Berikut 5 macam permainan yang harus dijalankan seluruh peserta:

Magic Stick
Magic Stick: Permainan menurunkan bambu panjang yang diletakkan di atas tangan (hanya satu jari telunjuk) para peserta. Bambu melintang dari ujung ke ujung, dan harus turun secara bersamaan. Secara fisik permainan ini tidak menguras tenaga, namun sangat menguras emosi hampir semua peserta. Setiap bambu berusaha diturunkan, salah satu sisi malah naik hingga mengundang emosi peserta lainnya hingga semuanya malah naik. Semakin semangat, semakin emosi, semakin bambu tersebut tidak dapat diturunkan. Di sini, energi benar2 terkuras meskipun permainannya non fisik. Grup yang tercepat menurunkan bambu adalah pemenangnya


Rakit Race
Rakit Race: Satu-satunya permainan menggunakan otot (menggunakan banyak fisik) karena harus mendayung melintasi sungai yang panjangnya cuma 25 meter. Namun ternyata, tidak semudah yang dibayangkan karena dayung yang diberikan hanya 3 buah. kekuatan mendayung antara bagian kiri dan kanan harus seimbang. Apabila salah satu sisi mendayung lebih cepat, rakit bukannya maju melainkan hanya berputar saja. Grup yang paling cepat meraih bendera (seperti game di Fear Factor) dan menancapkan di garis start adalah pemenangnya.

Baloon Tower
Baloon Tower: Pada games ini, kekompakan peserta sangat dibutuhkan karena proses permainan diawali dengan meniup balon, membawa balon dengan mata tertutup (satu peserta ditutup, lainnya memberikan aba2), mengirimkan lagi dengan raket, menerima dan mengirimkan tanpa boleh memegang dengan tangan dan terakhir membuat menara dari balon, dengan modal selotip yang sedikit). Selain kekompakan, setiap peserta harus mempercayai (trust) rekan satu tim dalam menyelesaikan tiap tugas2nya. Pemenang game ini adalah grup yang berhasil membuat menara balon paling tinggi.


Balance Beam
Balance Beam: Kalau lihat tayangan TV Big Brother Indonesia week end kemarin, permainan ini mirip. Setiap peserta melintasi titik A menuju titik B dan dipastikan kaki mereka menginjak karpet ukuran 40 cm x 40 cm. Setiap grup dibebaskan menggunakan taktik dan strategi, yang terpenting tidak ada kaki yang menjejakkan di tanah. Di permainan ini peserta dituntut membuat taktik dan strategi agar dapat menyelesaikannya secepat mungkin karena pemenangnya adalah grup yang selesai dalam waktu singkat.

    Save Our Water
    Save Our Water: Permainan memindahkan air dengan pipa paralon yang dipotong setengah. Setiap peserta harus memegang pipa dari ujung ke ujung wadah. Pemenangnya adalah grup yang paling banyak memindahkan air dalam waktu yang telah ditentukan. Apabila peserta tidak memegang pipa secara serial dipastikan air akan tumpah dan semakin lama wadah terisi.
      Selesai permainan, acara dilanjutkan dengan makan siang. hiburan, pembagian doorprize hingga acara bebas main flying fox. Sesuai dengan rencana acara ditutup jam 3 sore, persiapan pulang, sholat ashar, akhirnya 3.30 sore rombongan pulang dan membawa keceriaan ke rumah masing-masing. 

      NE

      33 comments:

      niee said...

      wuihh seru banget deh ada acara beginian dari kantor. mengingatkan acara2 luar begini waktu SMA. Jadi pengen >.<

      niQue said...

      udah fresh dunk sekarang?
      aura segarnya sampai dimarih hehehe

      Pakde Cholik said...

      Socia gathering seperti ini sangat bagus agar karyawan dan keluarganya bisa bertemu dalam situasi non formal.

      Salam hangat dari Surabaya

      NECKY said...

      niee..ayo donk buat dibuat outingnya....biar seru

      NECKY said...

      nique...fresh bagi peserta, bagi yang ngurusin masih terasa capenya.....hihihihihi

      NECKY said...

      pakde cholik...sayangnya kali ini ga sama keluarga pak...hanya karyawan aja...itu aja repotnya muantap....

      Arman said...

      waaa seru ya om... :)

      mabrurisirampog said...

      seru bangeett....
      mudah2an sering ngadain acara seperti itu ya pak kantornya.. heheh

      Arief Bayoe Sapoetra said...

      Wah seru banget kang acaranya , teringat waktu outbond dulu......:)

      NECKY said...

      arman....outbound yuukss

      NECKY said...

      mabruri...jangan sering2 donk...nanti gw cape banget ngurusinnya....:-)

      NECKY said...

      arief...outbound dimana???

      fitr4y said...

      maem bareng acara yg di tunggu2 hehe :)

      personal health care said...

      naik rakit, seru bgt th ..

      Orin said...

      Rakit Race keknya seru banget ya Mas *komen orang yg seneng main air hihihi*

      DewiFatma said...

      Kami udah lama nggak ada acara employee gathering, keknya ini kantor paling kedekut sedunia.. :D

      Lozz Akbar said...

      makanya enggak heran nih jika posting Pak necky penuh dengan vitalitas.. habis main game nih yee

      bundadontworry said...

      wiuh, seru banget ya Necky
      pulangnya pasti capek pwol tapi happy :)
      salam

      NECKY said...

      bunda lily....udah seminggu acaranya...capenya masih terasa bun...tapi benar puas banget membuat orang senang dan happy....

      NECKY said...

      dewi....kedekut apaan yah artinya???

      NECKY said...

      bro akbar....penuh vitalitas...dengan pwoll capek..

      NECKY said...

      orin...demen air...yah ternyata....*hm...hm...* mari ke pantai....

      NECKY said...

      fitr4y....yup...makan barengnya pada kalap.... hahahahaha...cape kalai yah habis main game gitu?

      bangauputih said...

      keren, dan pasti sangat seru yah?
      tapi bareng keluarga pasti lebih seru...

      salam hangat, bangauputih ^_^

      NECKY said...

      mbak rida...bener saya setuju kalau bareng sama keluarga jauhhhhhhh lebih seru...

      Imelda said...

      aduuuh saya paling takut main dengan balon. Takut pecahnya :D Tapi ingin coba yg magic stick, Rakit race, dan save our water hehehe. Tapi aku bukan karyawan sih, mana bisa ikut outbound kayak gini :D

      EM

      NECKY said...

      hahaha...kalau gitu ajak keluarga besar aja bmak kalau mau main kayak gini...tapi magic stick itu satu2nya permainan yg non fisik tapi menguras emosi banget.........

      Mama Kinan said...

      Wah mantap gatheringnya...:) pingin juga kayak gitu tuh biar refreshing..Lintas arta yah pak?? kayaknya saya punya kawan disitu Nanang Hadiantho jakarta...tapi nggak tahu didivisi atau departemen mana berasal...

      NECKY said...

      mama kinan ...saya cek dulu dia ada di departemen apa yah...sepertinya sih di operasional....

      Nia said...

      wahhh seruuu acaranya...kalo di kantor aku ngga pernah ada acara2 seperti ini....

      Sugeng said...

      Saya membayangkan saja pasti seru, karena pernah juga ikutan dengan acara begituan. Yang menguras esmosi :D

      Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

      NECKY said...

      Nia...usulin donk buat gathering biar tambah kompak karyawannya...

      NECKY said...

      mas sugeng yang paling menguras emosi permainan bambu alias magic stick....rasanya capek banget setelah main games itu..