Tuesday, 31 May 2011

Blogger & Positive Attitude

Beberapa tahun yang lalu tepatnya 3 tahun silam, saya membaca berita tentang kecelakaan yang mengakibatkan kematian satu keluarga. Sang ayah memiliki blog yang berkisah tentang keluarganya dan dia sempat update beberapa hari sebelum kejadian tersebut. Saya menjadi terinspirasi untuk membuat blog dengan tujuan membuat catatan perjalanan hidup anak-anak.


Pada waktu yang hampir bersamaan seorang teman memperkenalkan kepada saya bahwa ngeblog itu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup. Lantas dengan semangat tinggi, saya belajar lagi tentang seluk beluk blog khususnya internet marketing. Selesai pulang kantor saya sudah duduk di depan komputer hingga jam satu pagi dengan melawan kantuk (padahal di kantor sudah seharian di depan monitor juga). Kebetulan sekali di kantor saya dipindahkan bagian yang berurusan dengan internet sehingga proses belajar semakin cepat bahkan hingga saya dapat membuat sebuah website dengan domain berbayar. Belum sempat memetik hasil, saya terpaksa meninggalkan semuanya di awal tahun 2010 ketika saya dipindahkan lagi ke bagian yang berbeda.

Indahnya blogging saya temukan ketika awal 2011. Saya rajin mengeluarkan uneg-uneg yang berkecamuk di dialam hati melalui tulisan sebagai terapi diri membuat suasana hati lebih positif dan menjadi lebih nyaman. Blogwalking makin membuat warna dan inspirasi saya dalam menulis di blog. Semangat untuk memperbaiki tulisan dengan latihan menulis dan menulis akhirnya membuat saya mendapatkan banyak sahabat dari dunia maya, meskipun belum pernah ikut kopdar hingga saat ini. Walaupun begitu tidak menghalangi saya untuk tetap melakukan silahturahmi dengan mereka2 yang berada di ujung Indonesia dari Aceh hingga Papua bahkan dari belahan lain di dunia alias luar negeri.

Eksistensi blogging atau ngeblog tidak akan tergantikan oleh media sosial lain seperti Facebook maupun twitter karena ngeblog mampu memberikan media bagi kita untuk berekspresi sebebas mungkin. Laporan wisata kuliner, perjalanan liburan, catatan harian, dan lain sebagainya adalah contoh2 topik yang dipilih para blogger di website mereka. Blogging tidak dibatasi oleh jumlah karakter dalam melakukan postingnya. Blogging hanya dibatasi oleh keinginan kita sendiri.

Saya banyak menemukan tulisan-tulisan yang membuat saya kembali semangat untuk menekuni dunia blogging. Segala kekurangan di masa lalu seakan mulai sirna menjadi sebuah optimisme dan positive attitude menghadapi semua tantangan dan masalah.

Saya akan terus menerus menulis di blog sampai saya merasa tidak mampu membuat tulisan baru lagi. Saya akan tetap memberikan informasi dan sharing pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi pengunjung setia website. Blogging akan selalu eksis meskipun media sosial lainnya mengusung kemudahan dan kelebihan produk mereka sebab blogging layaknya sebuah cerita yang membutuhkan imajinasi seseorang. Blogger akan memiliki rentang waktu yang panjang hingga saya tua nanti.

NE

*Artikel ini diikusertakan pada kontes Blogger Return Contest yang diselenggarakan oleh Anazkia dengan sponsor Denaihati.*

 Blogger Return Contest

30 comments:

Imelda said...

Manfaat blog memang banyak ya mas. Sepertinya perlu membuat acara kopdar yang mas Necky bisa hadir nih hehehe. Kalau saya mudik ya :D

EM

Arman said...

setuju banget...
saya juga merasakan manfaat besar dari ngeblog dan blogwalking. karena dari blogwalking selain dapet banyak temen baru, juga banyak mendapat info/pengetahuan dari sharing dan pengalaman temen2 lain....

Masbro said...

Saya banyak merenungkan tulisan ini. Mengalir dan nyaman di baca, juga ada sesuatu yang bisa saya petik..

NECKY said...

mbak EM...iya tuh kayaknya begitu...tapi banyaknya kalau kopdar itu week end, sedangkan kalau week end jadualnya puadat banget...:-)

NECKY said...

arman...gw aja kalau baca tulisan elo ngebayangin LA lagi bro...meskipun cuma 7 bulan aja disana...

NECKY said...

masbro...teima kasih, semoga kita tetap nyaman selalu yah

nh18 said...

Semua orang bisa FB dan Twiter
tetapi tidak semua orang bisa mempunyai endurance untuk nge Blog ...

So ... Berbahagialah mereka yang menjadi Narablog

semoga sukses di perhelatan lomba blogger return contest
Salam saya Pak Neck

vizon said...

Tak syak lagi, blogging sudah memberi warna luar biasa dalam hidup saya. Sama halnya seperti yang mas necky katakan di atas, saya pun mengalaminya.

Oleh karena itu, saya ingin tetap menjalin silaturrahmi dengan mengundang sahabat-sahabat blogger lama untuk menuangkan satu tulisannya di blog saya yang akan berulangtahun...

Mau tau seperti apa? Mampir ya mas.. :)

Sya said...

Alhamdulillah dengan ngeblog memberikan banyak manfaat ya Pak. :)

dmilano said...

Saleum,
Luar biasa manfaat dari ngeblog ya bang necki, syukurlah sedikit demi sedikit saya mulai menikmati kedahsyatan ngeblog
saleum dmilano

mylitleusagi said...

baru mau ikutan ternyata udah tutup... :D :D

setuju sama inyiakkk,,
semua orang bisa fb-an bisa twitteran tapi gak semua orang bisa ngeblog..

kdang ada sich ada perasaan malas ngeblog, bw dan lain..lain..
tapi sebisa mungkin tetap di usahain menulis..

menurut saya adalah yang paling penting adalah..
menulis itu dari hati,, menulis apa yang ingin di tulis,,bukan karena image atau yang lain..

mabrurisirampog said...

saya juga merasakan betapa besarnya manfaat dari blog pak,,, setidaknya bisa menambah ilmu dan wawasan... selain itu adalah silaturahmi tentunya..

selamat & sukses pak buat kontesnya...

salaam

bundadontworry said...

walaupun kadang ada juga jenuh atau malas utk blog walking atau mampetnya ide utk ditulis, tapi tetap ngeblog adalah pilihan utama utk keseimbangan bagi bunda.
dgn ngeblog kita bisa terus melatih daya pikir, berkreasi dan utamanya selalu mendapatkan hal2 baru ketika BW,selain mendapatkan sahabat baru.

semoga sukses diacara kontes ini ya Necky.
salam

NECKY said...

om enha...setuju 200% ...tidak semua orang bisa nge blog....

NECKY said...

vizon...insya Allah...saya akan mampir pak...tungguin yah...:-)

NECKY said...

sya...bener banget...minggu lalu saya mendapatkan tali kasih dari pakde cholik sebuah buku yg bagus banget

NECKY said...

dmilano...alhamdulillah sudah menikmati dahsyatnya blogging...tetap semangat bro

NECKY said...

putri usagi...betul banget ...menulis dari hati bukan untuk jaim yah...ayo donk "keep up your spirit high....."

NECKY said...

mabruri...silahturahmi hal yang paling banyak manfaatnya bro...

NECKY said...

bundalily...kayaknya kita punya kesamaan. Bagi saya ngeblog merupakan keseimbangan dalam menghadapi rutinitas pekerjaan setiap harinya. Dalam ngeblog kita bisa bebas berekspresi ya bun

Sugeng said...

Berbagi merupakan motto dari para blogger karena ilmu yang cuma seculi ini bagi kita sudah biasa namun bagi orang lain bisa jadi sangat bermanfaat :D
Sukses untuk kontesnya mas. ^_^

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

NECKY said...

semoga saja kita bisa bermanfaat bagi orang lain ya mas.....terima kasih udh mampir

Orin said...

*salaman dulu ah sama rival* he he he
Iya ya mas, alhamdulillah banyak bgt manfaat dari blogging ini, ga nyesel aku 'terjerumus' di sini :D

DewiFatma said...

Mas Necky yang nutup kontesnya ya...hehehe... Last minute banget.. :D

Good luck ya.. Moga menang melawan Pakdhe..hihihi..

NECKY said...

orin....toss dulu ah...semoga bisa menang mabak..*khan pemenangnya ada banyak...??!?!?! kita bisa sama2 menang...hehehe*

NECKY said...

dewi....makanya gw ikutnya last minute. Terus terang tulisan2 blogger lainnya buagus2 banget, apalagi tulisan pakde...tapi intinya gw mau sharing sama yg lain...kalau menang yah bersyukur *anggap aja bonus* kalau ga menang yah karena tulisan yang lain memang hebat2 bu...:-)

Sang Cerpenis bercerita said...

yup, bagaimanapun blogging punya keistimewaan sendiri dibandingkan jejaring sosial lainnya

NECKY said...

sang cerpenis....betul banget sist...hidup blogger

Aris Agung Wibono said...

hehehehe,kakak kakak blogger buka juga ya blog aku di www.wibono.tk hehehe tukar link yuuukkkk

Necky said...

langsung ke tkp....ya mas