Saturday, 28 May 2011

Semangat Juang

Baru aja selesai melihat pertandingan bulutangkis memperebutkan piala Sudirman. Di dalam setiap pertandingan seperti ini pasti ada yang menang dan kalah. Sebagai penonton, kita selalu berharap tim yang kita unggulkan akan menang terus. Namun ada kalanya justru kenyataan sebaliknya, tim kesayangan kita malah kalah. Melihat perjuangan tim Indonesia, sebagian besar semangat juangnya patut saya acungi dua jempol. Mereka berjibaku dan bersimbah keringat membela nama bangsa dan negara untuk mengalahkan Jepang (dan kalah dari Denmark). Bagi kita yang menonton pertandingan tersebut (mungkin) akan terbawa emosi dan semangat melihat semangat juang mereka.


Punya semangat juang itu tidak hanya terpaku pada semangat dalam dunia kerja saja, namun dapat pula diimplementasikan di dunia olahraga (contoh yang saya uraikan di atas), keluarga, hingga beribadah. Kemarin saya begitu kagum melihat seorang bapak tua yang penuh semangat menjajakan peralatan rumah tangga di KRL. Terbersit sekilas di pikiran saya, apakah dia bisa menjual barangnya semua hari ini? Saya yakin margin yang didapatinya pasti tidak terlalu besar, namun wajahnya penuh dengan rasa optimis. Hari itu saya merasa malu terhadap diri sendiri apabila datang ke kantor membawa semangat yang tidak penuh lagi (karena kebiasaan buruk bekerja di hari Jumat, pikiran kita sudah ada di liburan akhir pekan atau rencana hang out jumat malam.

Sehari sebelumnya, saya mendapatkan tausyiah tentang bagaimana memperbaiki sifat dan perilaku diri menjadi lebih baik, terus lebih baik dan terus menerus lebih baik dengan semangat juang tinggi untuk memperbaikinya karena hanya niat saja tidaklah cukup. Merubah kebiasaan sholat menjadi di awal waktu dan berjamaah (wajib buat laki-laki), sangat tidak mudah. Namun dengan penuh semangat untuk berbuat lebih baik, insya Allah jalannya pasti ada.

Ayoo.....Mana Semangat Juang-mu?????

NE

34 comments:

niQue said...

Semangat juangku insya Allah masih tinggi mas :D
Terlalu tinggi malah, sampai harus direm biar balance sama semangat untuk yang lainnya hehehe

NECKY said...

setuju...semangat perlu balance....top abis nique

niee said...

iya bener,, dari segala aspek apapun kita harus semangat yak! Dengan semangat apapun yang kita kerjakan insyaAllah lancar :D

ais ariani said...

kok sama kek aku Pakk, aku juga sering melihat orang lain dan malah jadi semangat gitu. kalau pak necky ketemu sama Bapak-Bapak di KRL, aku biasanya timbul semangat kalau habis lihat buruh gendong di pasar Beringharjo,
rasanya kek tidak bersyukur banget kalau punya kondisi lebih tapi tidak memanfaatkan malah males-malesan...

fitr4y said...

ayoo semangat lagi ..

salam :)

mabrurisirampog said...

hidup adalah perjuangan tanpa henti2nya... :)
kita tidak akan tau yang akan terjadi nanti, yg penting jangan sampai kita berhenti berusaha, soal hasil kita serahkan kepda-Nya...

bundadontworry said...

setuju Necky , semangat aja memang gak cukup, tapi harus segera dilaksanakan dgn semaksimal mungkin.
untuk ibadah selain istiqomah juga harus terus ditingkatkan kualitasnya ya Necky, dan bunda masih terus berusaha utk itu.
salam

Nchie said...

Ayo smangaaaat..*teriak*

melly said...

aku punya..aku punya! semangat juangku masih ada :)

mylitleusagi said...

malu baca tulisannya
aku juga trmasuk di bagian yang..
kalau hari jum'at kerjanya males-malesan..
soalnya senin sampe kamis suka di setrap
jadi jumat kalau gak ada si bos aku main..
*nyengir*

Hani said...

Akhir minggu (Jum'at) justri pekerjaan main banyak dan tak jarang lembur karena mau libur jadi semua permintaan klien hrs di penuhi hari itu juga....kalau tidak kan tidak tahu kalau dia itu potential (kejar target :D)

Semangat juang mengendur saat kurang sehat dan kurang tidur! He he he

Eh ada nie...sebenarnya bukannya semangat juang mengendur Bang, tapi pas mau lebaran, pikiran udah pulkam duluan jadinya jarang connect :D

mamah Aline said...

kalo liat orang lain punya semangat juang tinggi berasa ikut juga... semoga semangat juang saya tak dipengaruhi orang lain melainkan dari diri sendiri :)

NECKY said...

niee....asik lah kalau punya stock semangat.... tetap terus semangat ....

NECKY said...

ais...mereka membuat hidup kita jadi lebih bersyukur dan 'malu' yah....??

NECKY said...

fitr4y...........ayooo nambah semangat lageeee

NECKY said...

mabruri...bahasa inggrisnya Let's do the best, Let Allah take the rest.....

NECKY said...

bunda lily...kalau ustadz di kantor saya bilang, mari kita berusaha untuk mendekati kesempurnaan sebagai manusia....karena dengan mendekati kesempurnaan saja...itu tidak mudah ya bun.

NECKY said...

nchie.....siapppppppppp....*teriak juga donk*

NECKY said...

melly...alhamdulillah...ternyata punya banyak stock tokh rupanyaa???

NECKY said...

putri usagi...ga usah malu...gw juga masih gitu koq, tulisan ini untuk mengingatkan kepada diri gw juga...hehhehehe....*asyik...ternyata ada temennya*...

NECKY said...

hani...makanya jangan mau sakit donk. Ingat makan yang teratur dan istirahat yang cukup merupakan bagian semangat untuk tetap sehat. Kalau perlu ditambah bugar dengan berolah raga, insya Allah penyakit ga akan mampir deh. Tradisi pulkam, pernah dibahas di tausyiah, nanti mau buat tulisannya ah...

NECKY said...

mamah aline...pengaruh orang sekeliling kita sangat mempengaruhi semangat kita. Apabila kita bisa membuat semangat terus tanpa orang lain... dua jempol buat mamah aline........top markotob

fitrimelinda said...

ahh..jadi malu..aku juga kalo jumat pikiran udah melayang kerumah.. :(

Arman said...

ayo semangat.. semangat... :D

kadang semangat emang bisa luntur. dan itu perlunya ngeliat moment2 inspiratif yang bisa membangkitkan semangat kita lagi ya...

Gaphe said...

terkadang memang butuh penyala semangat, sekecil apapun untuk tetap memelihara motivasi.

kejadian kecil yang membuat kita bersyukur, itu juga sudah cukup.

jalani hari dengan semangat! yeaah

NECKY said...

fitri...berarti senin sampai kamis pikirannya kemana donk?...hehehehe

NECKY said...

arman...bener banget bro. Kalau elo khan lagi semangat2nya nungguin si kecil khan???....

NECKY said...

gaphe...hal kecil yg biasa kita lihat ternyata meemang bisa menjadi inspirasi apabila kita memperhatikannya

Mama Kinan said...

hiks sedih pada bagian yang melihat bapak jualan di KRL, kapan hari saya juga melihat kurang lebih hal yang sama, penjual putu yang menggunakan sepeda pancal *sepeda kayuh* dikompleks perumahan saya..padahal jalannya nanjak..ya Allah, saya pikir betapa beratnya mengais rupiah untuk keluarga, malem malem dengan jalan menanjak menuntun sepeda..alhamdulilah ada yang membelinya :(
jadi kenapa kita sering males yah?? tidak bersemangat ???? dan kurang bersyukur???

Sugeng said...

Aku berusaha untuk tetap semangat pagi terus meskipun situasi dan kondisi nya tidak memungkin kan.

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

NECKY said...

mama kinan...beruntunglah kita yang masih bisa bersyukur dan mendapatkan hikmah atas segala yang ada di sekitar kita, karena tidak semua orang hatinya dapat tergerak melihat hal tersebut...

NECKY said...

mas sugeng ...gimana caranya tuh? boleh di share di tulisan deh kayaknya>>??....hehehehe

Imelda said...

Wah kalau aku Jumat justru hari kerja dan harus semangat. Kalau tidak ngantuk hehehe. Dari dulu semakin ke week end semakin ribet kerjaan.

Soal bapak jualan di KRL. Sebetulnya asal kita mau keluar rumah banyak sekali yang bisa terlihat oleh mata. Masalahnya apakah kita juga mau memakai "Mata Hati" kita waktu melihatnya ya.

Semangat terus!

EM

NECKY said...

mbak EM....tidak semua orang dapat menggunakan mata hatinya...