Saturday, 11 August 2012

Cerita SMA: MOS Setahun


Akhir-akhir ini banyak banget berita negatif tentang bullying di SMA swasta saat penerimaan siswa baru di Jakarta. Aksinya kali ini membawa sang senior berurusan dengan polisi malah hingga sempat menginap di hotel prodeo beberapa hari. Saya pernah mengikuti MOS (masa orientasi siswa) sewaktu SMA dulu. Malah menurut pengalaman saya dengan adanya MOS yg hanya selama 3 hari membuat ikatan pertemanan sesama angkatan menjadi lebih akrab.

masa lalu
Saya ingat banget, sewaktu sedang mencari bahan2 yang harus dibawa untuk esok harinya, dari yang tidak kenal sama sekali (berasal dari SMP yang berbeda) menjadi bertegur sapa di pasar. Berbagi info tentang tempat, atau bahan2 yang harus dibeli...semuanya kami jalani dengan senang-senang. Bagi siswa baru MOS cukup memberikan info tentang kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sebagai catatan, SMA yang berada di kawasan blok M, Jakarta merupakan salah satu SMA terbesar dengan kelas paralelnya mencapai 18 kelas untuk satu angkatan....(om Enha pasti tahu donk....). Kita menjadi lebih tahu semua kegiatan2 di sekolah baru ini.


Meskipun selama 3 hari, para siswa baru di 'pressure' dan diintimidasi secara verbal, hampir semua siswa baru menjadi lebih respek (takut barang kali yah...hehehe) terhadap senior. Kebetulan banget, siswa kelas satu masuk siang, sedangkan siswa kelas dua dan tiga masuk pagi, sehingga sesama satu angkatan jadi bisa mengenal lebih banyak muka2nya (tp ga mungkin semua muka inget lah wong 18 kelas atau sekitar 600an).
Jadi temu muka dengan senior tidak terlalu sering yakni saat mereka pulang sekolah dan siswa kelas satu baru masuk.

Ada beberapa rekan yang hingga setahun lamanya berdampak dihinggapi rasa takut khususnya kalau bertemu dengan senior di kantin namun masih dalam batas wajar-wajar saja. Bagi mereka itu MOS itu berlangsung bukan 3 hari melainkan setahun....

Saya adalah termasuk yang setuju dengan adanya MOS yang sehat bukan main sundut rokok atau tonjok menonjok. Meskipun reputasi sekolah terkenal dengan perkelahian antar pelajar tapi tidak ditemui kejadian kekerasan dalam acara resmi. Kalaupun ada tindakan bully, mekanisme sekolah sudah ada dan ada yang kena skorsing karena ulahnya sendiri bukan gara2 MOS.

masa kini
Manfaat MOS bagi satu angkatan menjadi lebih kompak dan solid. Hingga saat ini, rekan satu angkatan SMA masih menggelar acara2 silahturahim seperti bukber yang dilakukan di rumah salah seorang dari kami. Kekompakan dan soliditas sesama satu angkatan tidak perlu diragukan lagi. Untuk acara bukber, tuan rumah hanya menyediakan tempat sedangkan makanan dan minuman dibawakan oleh hampir semua yang datang bersilahturahim....sampai2 aja istilah 'Kenyang Bego' akibat berlimpah ruah jenis makanan dan minuman yang terhidang.....
Tadinya sohibul bait atau sang tuan rumah rada2 bingung melihat begitu banyaknya makanan yang terhidang. Takut banget menjadi mubazir....ternyata begitu aba2 kita mau pulang tiba2 ada pasukan 'kresek' alias 'membereskan' makanan alias mbontot pake plastik kresek....hahahaha....dalam hitungan kurang dari sepuluh menit, masing2 teman megang kantong kresek yang isinya beragam makanan maupun minuman.....hehehehe...

NE

25 comments:

Nchie Hanie said...

Waah si Abang yang mana tuuh foto SMA masa lalu nya, bener2 jaduul..!!
Bener tuh Bang paling seneng kalo lagi MOS, tambah deket sama temen2, keceng2an sama kaka kelas hadeuuh..

Itu lucu tuuh..
Ternyata..ada pasukan kresek juga yah..hahaa..hihiih..
kirain emak2 arisan aja yang identik dengan pasukan keresek,
ternyata eh ternyata...

Kerren BAng cerita SMA..
Ayo lanjutiin..
* kan menunggu dengan setia*

dey said...

hihihihi, itu ngeliat fotonys, ada yg pake iket kepala. Jaman itu termasuk keren ya dandan kayak gitu.

Arman said...

iya kalo MOS nya bener dan sehat ya gpp ya. tapi sayangnya banyak yang menyalahgunakan kesemaptan dan membuat MOS jadi ajang pamer kekuataan yang kebablasan. yang begini ini yang ngeselin....

niee said...

kalau menurut aku seh MOS itu bagus mas.. namanya juga orientasi,, menjadi ajang buat kita lebih mengenal sekolah dan lebih mengenal senior tentunya..

yang salah dair MOS atau OSPEK pasti isinya yang menyetingannya gak bagus.. jadi yang perlu diubah itu isi dari MOS,, bukannya malah penghapusan MOS itu sendiri :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

keren pak necky punya foto2 jaman MOS SMA ya, kalau saya masih malu2 hehehe gak punya fotonya serkang ya sama aja malu2in

nh18 said...

Ya begitu lah ...
emang banyak banget murid satu angkatan kita waktu itu ...

rame bener ...

mengenai MOS ... sampai batas-batas tertentu memang sangat menyenangkan dan asik untuk dikenang-kenang ...

asal jangan kebablasen aja ...

salam saya Pak Neck

Zizy Damanik said...

MOS itu sebenarna seru, fun dan menjadi acara untk menjalin keakrabatn antar siswa. Tapi tentu tidak termasuk yang kasar dan main fisik.

Zizy Damanik said...

MOS itu sebenarna seru, fun dan menjadi acara untk menjalin keakrabatn antar siswa. Tapi tentu tidak termasuk yang kasar dan main fisik.

ke2nai said...

18 kelas utk satu angkatan, wew banyak juga yah... pengalaman MOSnya seru :)

Abi Sabila said...

Waktu saya SMP dan SMEA kegiatan MOS diisi dengan penataran P4, jauh dari kegiatan MOS jaman sekarang yang kalau dipikir-pikir, menurut pola pikir saya yang jadul, lebih banyak nda nyambungnya dengan kegiatan belajar yang akan ditempuh.

Di foto pertama saya gagal menemukan sosok Bang Necky, tapi di foto kedua saya tak kesulitan lagi.

evi said...

Mestinya MOS itu masa lucu-lucuan sambil memperkenalkan visi misi sekolah. Terus mengkristalkan cita-cita murid yang masuk ke dalamnya. Jadi sayang ya Mas kalau MOS dipakai buat ajang bullying atau mempertontonan sikap2 tak santun dari senior...

chocoVanilla said...

Waduh, betapa menderitanya mereka yan gmeras amengalami MOS sampai setahun ya, Bang :(
Sekolah dan belajar tentu tak begitu nyaman.

Eits, itu foto BangNeck yang mana ya? :D

NECKY said...

chocovanilla...masa iya ga bisa lihat yang mana? abi aja masih bisa nebak...meskipun hanya di foto yg kedua....hehehehe

NECKY said...

mbak evi...selalu aja ada oknum-lah wong di pemerintahan yg punya sistem yang bagus sekalipun ada juga oknum yg berulah khan? :-)

NECKY said...

abi...hayo cari lagi di foto yg pertama saya yg mana?? apa perlu buat kontes nebak wajah nih? hahaha

NECKY said...

ke2nai...emang satu angkatannya berapa kelas???

NECKY said...

nchie...kl cewe2 mah seneng dapat kecengan...kalo yg cowo2 ini yg kudu nunggu tahu depannya khan?? hehehehe
*jadi boleh cerita SMA lagi nih?*

NECKY said...

zee...MOS itu pasti banyak serunya daripada cerita seremnya...yg namanya oknum ga banyak khan?

NECKY said...

dey...jaman itu pake ikat kepala rasanya gaull abiss kali yah?

NECKY said...

arman...yg gw tahu itu MOS itu ajang cari jodoh bro....ahahahahaha

NECKY said...

niee...pasti ada lah orang2 yg ingin pamer kekuasaan...hahahaha

NECKY said...

om enha....yang kebablasan itu pastinya orang ga asiik om....kalau kita khan orang yang asik asik aja khan?...

NECKY said...

mbak lidya...kalau dulu mah banci kamera abiss...tp skrg foto2nya lenyap di telan bumi karena pindahan rumah...

bunda Lily said...

iya sayang ya MOS sekarang selalu ada saja yg diberitakan ttg bullying pd anak2 baru masuk....
untungnya sekolah bunda SMA yg di bukitduri itu , dulu gak ada MOS yag'menyeram' kan kayak gitu...

bunda bisa nebak tuh Necky yg mana di foto kedua ....hehehe...
Salam


Maaf ya Necky bunda dah lama gak bewe kesini krn satu dan lain hal...
titip sayang utk anak2 , utamanya Ajif si bule keren...

walalupun terlambat ,bunda jg ingin mhn maaf lahir bathin utk segala khilaf.
Selamat lebaran 1 syawal 1433 H
salam hangat utk keluarga

cerita abg newbie said...

sma itu banyak kenangan seru dimasanya....