Thursday, 4 April 2013

Happy Anniversary Lintasarta

Seperti yang telah saya ceritakan tentang rangkaian acara emnyambut ulan tahun ke-25 di sini, tanggal 4 April ada acara syukuran yang digelar secara serentak di kantor menara thamrin, tb simatupang, taman tekno dan wilayah usaha atau regional office yang tersebar dari Medan hingga Makasar dengan terkoneksi dengan video conference. Sekaligus pengumuman pemenang lomba-lomba yang diadakan sebelumnya.

Mengutip perkataan Bung Karno "JAS MERAH" (Jangan Sampai Melupakan Sejarah), panitia sengaja mengundang pimpinan-pimpinan manajemen (direksi Lintasarta) yang terdahulu untuk hadir di acara syukuran ini. Panitia meminta para BOD tersebut untuk memberikan wejangan dan pandangan mereka terhadap lintasarta saat sekarang.
Dari BOD yang pertama diwakili oleh Bpk. FX Suhartono. Beliau menceritakan awal-awal berdirinya Lintasarta. Suka dukanya, tantangannya, kesulitannya hingga akhirnya berhasil membuat sebuah perusahaan ini. Untuk ukuran tahun 80an, visi beliau sangatlah visioner jauh ke depan. Dalam bercerita sepak terjang membangun perusahaan ini, beliau sering menyebut nama Rudi Antara (sekarang Komisaris Indosat - perusahaan induk) sebagai salah satu dari 10 orang punggawa awal.
Dirut periode berikutnya adalah Bpk. Taufik Akbar. Selain Sebagai calon astronot Indonesia, Pak TA (begitu teman2 menyebut beliau) sangat disegani dan dihormati oleh seluruh karyawannya. Masih ingat di ingatan teman2 saat krisis ekonomi berlangsung di negeri ini, beliau sangat2 memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberikan insentif agar karyawannya masih bisa hidup tenang di tengah ketidakpastian ekonomi. Sayang sekali beliau tidak dapat hadir karena kondisi kesehatannya. (Semoga cepat sembuh pak TA).

Selanjutnya Pak Adeng bercerita bahwa perjalanan di Lintasarta tidak terlalu lama kurang dari 2 tahun. Namun di periode ini, ada beberapa tonggak sejarah yang berpengaruh pada masa kini. Diantaranya adalah melakukan Spin Off divisi aplikasi jaringan menjadi sebuah perusahaan dengan nama Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) dan cross ownership yang diskenariokan IMF di industri telekomunikasi. Indosat dan Telkom tidak boleh memiliki saham bersama di sebuah perusahaan. Kala itu, terjadi tukar guling, dimana Telkom mendapatkan Telkomsel dan Indosat mendapatkan Satelindo dan Lintasarta. Lucunya Pak Adeng setelah kembali ke Telkom setelah proses crosswonership disuruh memimpin divisi multimedia yang notabenenya mirip dengan lintasarta. Menurut beliau perbedaannya antara divisi yg dia pimpin dengan lintasarta adalah soul atau spirit yang berbeda, dimana lintasarta memiliki soul/spirit yang luar biasa.

Pak Yoyo W Basuki memberikan wejangan yang tak kalah serunya. Beliau mengingatkan bahwa kompetisi semakin tinggi dan pemain baru semakin banyak. Jangan sampai lintasarta terlena dan lengah terhadap kompetitor yang ukurannya saat ini masih kecil namun bsa berkembang pesat secara hebat. Salah satu yang diperhatikannya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni karena kompetitor itu bukan hanya sebuah perusahaan melainkan juga SDM lintasarta yang ditunggu2 apabila ingin hijrah. Rumput tetangga tidak selalu hijau menurut beliau, jangan salah melangkah dan perhatikan semua aspek. Apabila ingin berkarir di tempat lain, jagalah silahturahmi agar bisa berkesinambungan.

Terakhir yang memberikan wejangan adalah Ibu Devy. Beliau merupakan salah satu punggawa awal dan merupakan masuk dalam jajaran BOD periode awal. Pesan yang beliau sampaikan adalah agar lintasarta lebih berani mengambil resiko bisnis dan banyak-banyak melakukan penetrasi pasar di level C. Banyak sekali opportunity di luar negeri yang semestinya bisa lintasarta garap mis: ke Myanmar ataupun ke Timor leste karena memang lintasarta mampu untuk itu.

Saya sangat terharu mendengarkan wejangan-wejangan beliau semua karena meskipun sudah tidak ada di lintasarta namun perhatian mereka terhadap kelangsungan bisnis lintasarta masih cukup tinggi. Hebatnya lagi mereka mau menyisihkan waktu untuk hadir di kantor lintasarta ditengah kesibukan mereka saat ini. Semoga saja semangat dan perhatian mereka membuat semua pihak semakin terpicu untuk memberikan yang terbaik dan membuat semua pihak mendapatkan kesejahteraan.

Happy Anniversary Lintasarta

NE  

4 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Pak Necky kerja di Lintas Arta? Selamat Ulang tahun deh buat Lintas Arta. Banyak teman saya disana Pak :)

Nchie Hanie said...

Selamat ultah ya Lintas Arta..:D
Sukses deh

NECKY said...

siapa aja mbak lidya?? nanti saya sampaikan buat mereka mereka deh

NECKY said...

Nchie.....terima kasih sekaleee