Thursday, 17 January 2013

Breaking News: Banjir Jakarta

Hari ini, seperti halnya kemarin saya menerjang hujan di pagi hari dalam rangka mengantarkan Nedia ke sekolah. Sejak menjadi Biker, hujan bukan halangan keluar dari rumah. Senjata penangkis hujan alias Jas Hujan sudah selalu siap digunakan. Pagi inipun saya tidak menyangka akan heboh banjir yang merata karena sewaktu melintasi jalan Sudirman dan Thamrin belum terlihat tanda-tanda yang aneh.

Bis Transjakarta Menerjang Banjir
Di kantor sampai jam 7 lewat sedikit dengan hujan yg cukup sedang besarnya. Langit dan awan makin tebal terlihat dari lantai 18, menara thamrin. Belum 15 menit di kantor, saya mendapat kabar dari rekan2 yang terjebak kemacetan akibat banjir. Langsung aja saya bergegas melihat ke jendela dan ternyata di depan sarinah air sudah menggenang, di samping sarinah menuju sabang juga mulai makin tinggi air genangannya. Kendaraan dari arah bundaran HI, hanya bisa melintasi di jalur transjakarta (Busway) begitu pula kendaraan yang menuju bundaran HI hanya bisa melalui Busway. Sedangkan di perempatan antara Bank Indonesia dan Kementrian Agama hanya kendaraan yang tinggi yang berani melintas seperti bis, kijang innova, daihatsu terios, dan sejenisnya. Selebihnya hanya bisa memandang air dan parkir dengan tertib. Sementara itu lalu lintas sudah makin semrawut karena satu jalur jadi dua arah yang berlawanan.
Jam 9 pagi hujan berhenti, beberapa rekan yang sudah berada di kantor berbondong-bondong keluar kantor untuk melihat keadaan banjir dan lalu lintas di sekitar gedung. Sebelumnya, saya sempat beli sarapan pagi di belakang kantor (jalan kampung bali) ternyata sebagian jalanan sudah digenangi banjir dan menyebabkan akses menuju kantor lewat jalan belakang tidak dapat dilewati. Kami sepakat untuk melihat keadaan dari atas jembatan penyebrangan yang persis terletak diantara menara thamrin dan gedung bppt. Foto-foto yang sempat diabadikan sewaktu keadaan belum terlalu parah.
Jam 10 pagi akhirnya kantor mengizinkan karyawan yang ada di kantor boleh pulang mengingat keadaan bankir makin meluas dan dikhawatirkan akan makin parah, Beberapa rekan roker (rombongan kereta) jurusan depok bogor sepakat untuk menentang banjir untuk menuju stasiun manggarai karena kereta jurusan depok/bogor hanya bisa sampai di sana.

Sementara itu roker serpong belum menentukan apa2 karena belum mendapat kabar tentang jurusannya. Belakangan saya mengetahui dari milis KRL Mania bahwa jurusan Serpong hanya bisa sampai di stasiun Palmerah karena Stasiun Tanah Abang sudah terendam air. Dalam hati saya, untung saya membawa motor, coba kalau masih naik kereta. Gimana caranya bisa ke palmerah??

Satu persatu, rekan2 meninggalkan kantor hingga akhirnya saya memutuskan pulang saat jam menunjukkan 11.30 karena dead line kerjaan buat besok harus diselesaikan hari ini. Nah giliran mau pulang, akhirnya saya mencari info jalan menuju bintaro/ciputat. Akses jalan yg biasa digunakan sudah tertutup oleh banjir. Setelah berliku-liku dan menerjang banjir (agak takut kalau tiba2 motor mati mesin....hehehehehe) akhirnya saya bisa mencapai rumah dengan selamat.

Waktu saya melihat berita di internet ternyata antara bundaran HI ke arah kantor (sarinah) sudah menjadi 'lautan' akibat adanya tanggul jebol di latuharhary dan membuat keadaan makin kacau. Apalagi informasi dari rekan2 yg tinggal di Depok dan Bogor...kalau hujan masih mengguyur daerah tinggal mereka.
Apakah saya bisa pergi kantor besok? Wallahualam aja deh..

NE












28 comments:

Nchie Hanie said...

turuut prihatiin yaa..!!
terakhir aku ke Thamrin banjiir juga tuuh..!

Semoga cepet surut ya ..!!

imelda said...

haduuuuh Jakarta!
Aku juga langsung telepon papa dan suruh tinggal di rumah saja. Ternyata anak-anak juga tidak ke sekolah hari ini.

Tiyo Kamtiyono said...

Salam kenal Pak, salam WeBe :)

Ibukota, sampai seperti itu ya pak? Moga lekas surut deh, ga lama - lama amat, saya yang di Sragen (deket Solo) jadi ngrasa bersyukur nih aman2 saja. :)

applausr said...

parah memang banjirnya... saya saja sudah dua kali kejebak di jalanan nih... hari ini lumayan selamat sampai kantor... ga tahu nanti pulang...

nh18 said...

Saya ngetik komen ini dari kantor ...
pagi tadi memang sedikit gerimis.
Namun alhamdulillah ...
Cireundeu - Sudirman ... lancar banget ... Fatmawati lancar ...

Entah nanti pulangnya ...
mudah-mudahan sih lancar juga ya

salam saya Pak Neck
Tetap hati-hati

putri rizkia said...

aku kemarin juga gak ke kantor,
akses bekasi ke jakarta putus,
fuih,,,
untung hari ini sampai di kantor,
alhamdulillah,,,,
kata orang kemarin belum puncak
semoga udah gak ada lagi ya,

Bintang said...

Jadi ke kantor hari ini, Necky?
Mudah-mudahan banjirnya sudah surut karena kayaknya hujan juga sudah mulai reda.
Karta memang selalu punya cerita...
:)

Bintang said...

Eh, kok huruf Ja-nya hilang ya?
Nggak apa-apa deh, sekarang ditambahin...
Harapannya tetep sama, smoga banjir ini segera berlalu dan aktivitas masyarakat kembali normal.
Amiiin.

dey said...

Mudah2an banjirnya cepat surut ya, serem banget ngeliat beritanya di TV.

Niar Ci Luk Baa said...

semoga cepet surut yaa om,apah jakartanya pindah ajah om :D

Mechta said...

turut prihatin dg adanya sungai baru di jakarta (sungai thamrin) kemarin itu... bgmna hari ini Pak? semoga semua aman terkendali ya...

anna said...

ikut sedih liatnya...
semoga segera surut ya .. teman2 saya yang di jakarta juga cerita kalo bbrp perkantoran di liburkan.

ohya jaga kesehatan, buat Pak Necky dan keluarga :)

NECKY said...

nchie...ayo jangan lupa kalau ke thamrin lagi kontak gw yah.... alhamdulillah hari ini sudah ramai lancar

NECKY said...

mbak EM, thamrin-sudirman jadi sungai baru karena ada tanggul yg jebol....semoga ga ada lagi deh kayak kejadian kemarin

NECKY said...

selamat kenal mas tiyo di sragen... nantikan kunjungan balasan saya yah... salam

NECKY said...

mas rom...ngantornya di jalan apa? terus kejebak di mana tuh?? cerita donk.... hehehe

NECKY said...

om enha...kemarin tuh emang lancar karena banyak kantor2 yang berlokasi di daerah thamrin diliburin karena akses menuju kantor dan angkutan umum menuju kantor belum lancar

NECKY said...

putri...kantor elo ga libur? pejompongan khan lumayan bermasalah tuh apalagi yg deket benhil banjirnya agak parah...gw aja pas hari kamis berjuang melawan genangan air yg cukup tinggi di pejompongan

NECKY said...

bintang...hari ini sudahmulai normal kembali tapi ga tahu kalau hujan lagi nih...

NECKY said...

mbak dey...miris memang tapi kalau serem itu karena angle di tv aja koq... eh yg serem sih kejadian di UOB Plaza yg mirip banjir bandang

NECKY said...

niar...maunya gw sih kantornya aja yg dipindahin ke tempat yg lebih aman....

NECKY said...

mechta...jumat ini keadaan mulai terkendali namun ada beberapa tempat yg justru makin naik airnya...

NECKY said...

terima kasih mbak anna, mudah2an dengan minum vitamin kondisi badan bisa tetap fit dan semangat untuk terus berkarya...

NECKY said...

terima kasih mbak anna, mudah2an dengan minum vitamin kondisi badan bisa tetap fit dan semangat untuk terus berkarya...

Bibi Titi Teliti said...

Baaaaang...
Nonton di berita emang banjir kali ini parah banget yah:-(

Mudah2an aja segera surut yah...

Berarti besok2 gak ngantor dulu nih bang?

Hati hati yah bang:-)

NECKY said...

elo emang ahli nujum erry...gw emang libur....hehehehe...asikk yah..besok besok buat prediksi yang asik2 lagi biar jadi kenyataan....

niee said...

Kemaren pas aku sampe dijakarta pas bener kena banjir. jam 12 siang dr bandara jam 5 sore baru sampe bandung. tol pluit dan glodok (kalau gak salah) ditutup. terus dibawah tol orang udah pada kerendam sampe sepinggang. ngeri deh pokoknya. mudah2an jakarta gak akan terkana banjir lagi seperti kemaren.

pulsa said...

kubangan raksasa :p