Sunday, 20 February 2011

Pajak Baru Versus Film Impor

Sebenarnya saya ga mau buat artikel tentang kebijakan pemerintah lagi karena memang ga ada gunanya tapi baca berita di media cetak maupun media online koq jadi gatal banget... mau buat tulisan mengenai hal ini.

Saya sih yakin orang-orang yang duduk di pemerintahan adalah orang yang memiliki reputasi dan ilmu mumpuni di bidangnya masing-masing dengan tujuan untuk mensejahterakan rakyat kebanyakan dan telah memperhitungkan dampak-dampaknya.

Keputusan mengenakan pajak tambahan atas film-film impor (katanya) sudah melalui tahapan pembicaraan antara pihak-pihak terkait sejak beberapa waktu lalu dan bukan keputusan yang baru direncanakan. Demikianlah kira2 informasi yang dikeluarkan pihak kemenkeu, menanggapi pertanyaan wartawan.

Pihak Importir Film dan MPA (Motion Picture Association) memutuskan untuk menghentikan pasokan film-film masuk ke Indonesia karena merasa tidak diberlakukan secara adil. Buntutnyapun banyak pro dan kontra terhadap keputusan penghentian film-film impor.

Menbudpar menambahkan tidak ada niat untuk mematikan film-film impor dan bersedia duduk bersama untuk membahasnya. Namun beliau juga mengingatkan tidak akan tunduk kepada tekanan (baca: ancaman) pihak-pihak tertentu dalam mengambil keputusan.

Saya termasuk orang awam yang kurang paham dengan perpajakan dan industri film, mungkin ada pihak yang lebih mengetahui duduk persoalannya dapat memberikan sosialisasi dan penjelasan lebih komprehensif mengenai untung ruginya bagi masyarakat luas?

Saya hanya prihatin dengan dampak dari penghentian film-film impor...karena banyak pekerja yang terlibat didalamnya seperti penjaga bioskop, penjual karcis, pengantar film, dll. Ada yang menyebutkan angka puluhan ribu yang terlibat didalamnya. Kalau memang film Indonesia bisa langsung menggantikan posisi film-film impor sehinga bioskop masih dapat memutar film ini tidak akan menjadi masalah tapi kalau tidak ada film yang mau ditonton ...mau tidak mau...perlahan dengan pasti bioskop akan tutup secara perlahan. Apakah dampak ini sudah dipikirkan sebelumnya waktu mengambil keputusan?

Waduh....semoga saja tidak akan terjadi penutupan bioskop-bisokop, dan terjadi pengangguran baru di tengah perekonomian yang makin tidak bersahabat dengan sebagian besar rakyat Indonesia. Memang yang namanya rezeki tidak akan tertukar sih...tapi boleh khan kita peduli????

NE

49 comments:

Lozz Akbar said...

Saya buka pintu loket bioskopnya dulu ya Pak.. biar nanti yang belakang bisa tertib antri hehehe

Lozz Akbar said...

Apa sih Pak Necky yang enggak dikenai pajak disini.. entahlah, sama halnya dengan Pak Necky, sebenarnya saya juga males omongin kebijakan para orang pinter.. tapi diem juga repot, lah wong kita hidup di negeri yang sama..

enaknya di doa'in aja deh...

Sukadi said...

Entah, apakah dampak yang ditimbulkan sudah dipikirkan baik-baik sama si pembuat kebijakan ini, nyatanya semakin membuat bingung dan kecewa. Kalau nggak ada film asing, nonton film lokal pun klihatannya juga pada males, karena mutunya msih banyak yang dipertanyakan... :D

Arman said...

kebijakan yang selain membuat pengangguran meningkat, juga membuat pembajakan (yang sebenernya adalah tindakan illegal) juga meningkat.

thanks to indonesian government!

Abi Sabila said...

Seneng banget otak-atik pajak, selain memikirkan efek yang ditimbulkan, bisa amanah tidak nantinya? Jangan-jangan ini buka peluang baru untuk korupsi.

NECKY said...

bro akbar...pintu theater satu sudah dibuka.... kepada penonton yang belum punya karcis..mohon beli dulu yaa....

NECKY said...

bro akbar...mari kita berdoa supaya orang-orang pinter di Indonesia memihak kepada yang benar dan rakyat banyak.....amin

NECKY said...

mas sukadi...mudah2an semua pemimpin kita bisa lebih bijak lagi ya mas....

NECKY said...

bro arman...welcome DVD Bajakan lah kalau begitu... Indonesia surganya para pembajak.... hehehehe

NECKY said...

abi sabila...maklumlah target pajaknya belum booked tuh....

friskamagdalena said...

saya dah 1 bulan ini malas bangat nonton berita deh... *loh apa hubungannya*..
Iya saya merasa capek aja dengan berita2 yang selalu mengeluarkan gerutuan dari saya dibandingkan dengan pujian...

advertiyha said...

Prihatin ya pak...
disono2, pemerintah mikirin gimana orang-orang gak nganggur, tapi disini malah mikirin gimana bikin orang2 jadi pengangguran,, :(

Kakaakin said...

Gara2nya sih (mungkin) pemerintah ngiler banget melihat keuntungan yang diraup dari kesuksesan penayangan film import selama ini, mencapai ratusan milyar rupiah, tapi kok kecipratannya dikit doang... akhirnya dibuatlah peraturan baru, siapa tau bisa dapat duit lebih banyak lagi :D
Entahlah...

NECKY said...

mbak iyha....mudah2an kita ga jadi bersu'udzon kepada mereka2 yang menjabat yah....tetap memikirkan kepentingan rakyat banyak

NECKY said...

kaka Akin....semua itu UUD.....ujung-ujungnya duit deh kayaknya....(kata orang lho)....hehehe

NECKY said...

friska sebulan ga lihat berita...karena liatin pasangannya terus sih....hihiihihi

bundadontworry said...

maka, semakin suburlah bisnis video bajakan......
dan, selamat pd para pembuatnya, mungkin memang rejeki anda harus dibantu oleh orang2 pintar negeri ini , agar tetap berjalan lancar bajak membajaknya ....
salam

NECKY said...

hahaha....sebenarnya saya ini hampir ga punya waktu untuk nonton bunda...baik di bioskop maupun DVD. Bahkan ada DVD (bajakan tentunya) yang udah di beli tp ga tertonton....

friskamagdalena said...

Hahaha..
Betul2 itu Pak..
Liatin pasangan yang jauh di seberang pulau..
hahaha

Jual Gula Merah said...

aturan baru nih... jadi gak bisa nonton film box office di bioskop dong :(

NECKY said...

friska...ya udah...pelototin monitor komputer aja lah....hehehe

NECKY said...

jual gula merah...masih bisa koq box office film indonesia tapinya yah....

joko santoso said...

jadi pilemnya justin bibir nggak jadi main ya

deewahjoedi said...

wah.implikasinya ke pembajakan to the max nih

semoga aja yg DVD bajakan subtitelnya bagus *ups

:D

kunjungan perdana, salam hangat

NECKY said...

itu dia pak joko, anak saya sampai komplen berat karena terancam ga bisa nonton film justin bieber

Bang Aswi said...

Urusan di atas kadang2 memang terlihat berat dan mereka (sering) tidak melihat kondisi di bawah. Yang jelas, banyak kepentingan di atas sana. Wallahu'alam ...

Nchie said...

Sangat2 prihati..
Cuma ga bisa berbuat apa2..
Cuma bisa bdoa,mudah2an ke depannya semakin membaik..
Tul ga..

primeedges said...

kayanya ini cuma sekedar kasus yang dibesar2kan deh... filing saya sih begitu, toh pada akhirnya malah akan balik lagi... (-_-') mudahan sih begitu...

archer said...

pemerintah mikirinnya duit mulu buat mereka makan bukan buat rakyat miskin

melly said...

jgn2 nanti lama2 jalan kaki aja kena pajak :D

NECKY said...

archer...mari berandai-andai...pemerintah mikirin rakyat miskin...pasti ga ada korupsi deh..

NECKY said...

melly...kata siapa jalan kaki ga kena pajak? jalan di ancol, taman mini, taman safari, ragunan, itu semua dipajakin lho

NECKY said...

prima....sama2 bro...mudah2an ini hanya 'pengalihperhatian' ...seperti biasanya... hehehe

NECKY said...

nchie........betul...betul...betul...(upin ipin mode:on)

NECKY said...

bang aswi...mudah2an kalo sampean yang diatas ga lupa sama kita2 yang dibawah ya pak

NECKY said...

deewahjoedi...jangan lupa kasih kabar kalau dapat yang bagus subtittle nya ya bro....:))

Sya said...

Mungkin pemerintah lebih suka jadi bahan tontonan rakyat, jadi ga rela kalau disaingi sama film barat :)

NECKY said...

sya...takut kalah pamor tuh kayaknya..hehehe

archer said...

link blog ini sudah saya pasang di madpost.info jangan lupa pasang juga link madpost.info ok?

nama yang ditampilkan Madpost.info ok makasih bro..

mamah Aline said...

yang pasti saya rugi gak bisa nonton film bermutu lagi di bioskop, gimana dong, masa mesti nyari bajakan :(
sedangkan memaksakan selera untuk film-film lokal, belum banyak yang mutunya sekaliber film barat kebanyakan film genre horor yang berbau sensual deh :(

mamah Aline said...

sudah saya pasang linknya juga, makasih ...

NECKY said...

bro archer....sip ...udah saya pasang bro

NECKY said...

mamah aline....mau ga mau...kalau ga ada pilihan bisa2 nonton juga tuh filmnya depe sama jupe....hahahahaha

cahyanugraha said...

Mas necky beli dong Kaos BLOGGER GO GREEN.hanya 45 ribu, katun kombet 20s
bagaimana mas? tertarik? disini ya :)

http://cahyanugraha.wordpress.com/2011/02/20/kaos-blogger-go-green-for-sale/

NECKY said...

cahya...selain desain go greeen ada lagi ga bro?

Bibi Titi Teliti said...

Aku juga beteeeeee...

Apaan sih inih...
Masa kalo ke bioskop harus nontonin Jupe ama Depe???
males deeeeeh...

*sambil menunggu dengan gelisah apakah nantinya akan berimbas pada peredaran dvd drama korea paporitkuh*

NECKY said...

hahaha....boro2 nonton filnya...berita ttg mereka aja saya skip trus kalo muncul di tv

wulanmanjol said...

iyah nih, aku juga kecewa...
mosok kalo kebioskop nontonnya gitu-gitu doank.
mending kalo mendidik, kebanyakan malah ga mendidik. :(
salam kenal :)

NECKY said...

met kenal juga buat wulan aka hesti....kalau film yg mendidik lebih banyak ayik kali ya mbak...