Friday, 7 May 2010

Sehat Itu Mahal

Apakah anda termasuk yang senang mencegah datangnya penyakit? ataukah senang mengobati penyakit ketika sudah menyerang kita? Mungkin untuk sementara orang ....sering mendengar ungkapan "mumpung masih sehat", "kalo udah sakit baru lah kita pikirin nanti", atau "cape' amat mkirinnya, enjoy aja dulu lah selagi muda." Begitulah pernyataan yang sering kita dengarkan di mall, pertokoan, terminal, halte, dll.

Ketika ada tawaran untuk membeli multivitamin dari salah satu MLM, atau ada teman yang memberikan saran untuk mengkonsumsi juice mengkudu (noni), minum madu, dll dalam rangka untuk menambah daya tahan tubuh agar penyakit tidak perlu mampir lagi ditubuh. dengan cepat bilang belum butuh barang tersebut. Sebenarnya alasan utama mereka adalah ekonomi (tidak ada alokasi anggarannya untuk membeli barang yang sifatnya mencegah). Saat rekan-rekannya mengajak berolahraga, dengan cepat menolaknya karena tidak ada waktu. Sabtu dan Minggu sudah fully booked untuk keluarga dan tidak boleh diganggu gugat.

Akhir-akhir ini olah raga sepeda sangat digemari. Euforia bersepeda makin marak. Toko-toko sepeda yang tadinya sudah hampir tutup, kini kebanjiran order pemesanan. Baik toko online maupun toko sepeda yang ada di pasar2 menjadi sasaran penggemar sepeda dadakan Merk sepeda Polygon, United Bike, Dahon, dsb menjadi pilihan mereka.

Beberapa waktu yang lalu sempat berdiskusi dengan seorang dokter. (Saya sering sekali bertanya dengan beliau untuk mendapatkan point of view profesinya tentang penyakit hingga obat alternatif). Saat itu saya bertanya tentang efektifitas obat herbal yang banyak beredar luas di pasaran. Menurut beliau selama itu herbal murni dan tidak ada campuran bahan kimia malah lebih baik dibandingkan obat kimia, namun reaksi setiap orang tidak sama terhadap obat2an herbal. Ketika saya singgung harga herbal yang cukup mahal seperti Tahitian Noni Juice, beliau malah membandingkan ongkos obat dan dokter spesialis. Mahal itu relatif menurutnya.

Mari rekans.....lebih baik kita mencegah penyakit daripada mengobatinya. Mulai dari waktu istirahat, tidak stres, mengalokasikan waktu untuk olah raga, makan makan sehat serta mengkonsumsi vitamin tambahan. Apabila mau beli sepeda, sesuaikan dengan anggaran yang dialokasikan.Sisihkan waktu untuk olah raga dan ajak keluarga untuk sama-sama menikmatinya. Biaya rumah sakit dan dokter untuk sekarang ini bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu hari. Bandingkan biaya tersebut dengan biaya pembelian alat-alat olah raga, multivitamin, madu, dll. Anda sendiri yang memutuskan karenanya Sehat itu Mahal......

6 comments:

tukangpoto said...

Kalo boleh milih, lebih baik mencegahnya dengan berolah raga dan makan makanan sehat..:D

Sudino Dinoe said...

Benar mas..sehat itu harus ada usaha untuk mencapainya

NECKY said...

bener sekali pak....banyak orang yang maunya instan....pokoknya mau sehat tapi ga ada usahanya

Omiyan said...

Alhamdulillah saya sekarang rajin olahraga karena saya ingin menikmati masa muda dan masa sehat saya, setelah terbebas dari kepulan asap rokok kini saya makin mantap mentapa masa tua saya dengan senyuman kelak

Ayo sehat ....

health information said...

thanks infonx

Healt care said...

thanks udah share!

my Blogs:
http://www.aggrome.com
http://www.drofdetox.com
http://www.driven-dev.com