Thursday, 8 May 2014

Stop Sharing Info Yang Negative

Sebenarnya tulisan ini sudah selesai gw buat namun entah kenapa...ada permasalahan di laptop or koneksi internet...eh akhirnya cuma ada setengah paragraf dan judulnya doank....hiks hiks hks...yo wis... tulis lagee ga jadi masalah.

Hari-hari belakangan ini, sudah terlalu banyak di media online dan media sosial yang memberitakan citra negatif dari masing-masing calon presiden. Serem banget kalau baca tulisan2nya...isunya dari pelanggaran Hak Asasi Manusia, Ekonomi, hingga SARA. Pokoknya serem banget dehhhh....Secara pribadi, gw cuma bisa menyarankan STOP aja untuk meneruskan berita tersebut. Lebih baik kita meneruskan atau sharing berita yang Positif dan penuh optimisme.

Alangkah hebatnya kalau para pendukung itu berbagi tentang kesuksesan calon2nya dan mungkin juga menggembar-gemborkan program andalannya agar masyrakat luas bisa menilai dengan baik mana sebuah program yang realistis mana pula program yang cuma sebuah pepesan kosong belaka.

Minmal kita tidak ikut terjebak dengan menjadi fans fanatik yang tidak mau berpikir jernih dan logis terhadap sebuah tanggapan2 miring calonnya.

Gw yakin banget blogger adalah seorang pribadi yang jujur dan tidak memiliki kepentingan kotor terhadap tulisan2nya. Kita semua menulis dari hati dan perasaan atas pikiran yang jernih (plagiarisme dan copaser tidak termasuk didalamnya lho). Pada awal menulis masih suka mencari foto2 yang ada tersebar di dunia maya namun makin kesini...makin mengurangi penggunaan foto2 orang lain kalau tidak terpaksa... hehehehe.

Lebih baik tulisan di artikel itu isinya iklan yang menawarkan sebuah produk dibandingkan isinya yang menghujat seorang individu. Yuk berpikir dan bertindak positif agar jiwa dan badan kita selalu sehat dan semangat.......

14 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

udah pusing tambah pusing kalau baca yang geitu ya pak, baca yang asyik2 aja :)

imelda said...

terakhir berita negatif yang saya sharing ttg petunjuk UN, bukan untuk menjudge, tapi untuk bertanya apakah benar?
Ternyata memang benar, ada seorang guru yang langsung inbox saya. Terpaksa dilakukan cara begitu krn ada soal yang nyerempet (pakai nama jokowi dll berbau politis) dan SAYANGNYA soal itu ada beberapa. Aku bilang, kalau cuma satu soal, ya bisa dianulir atau dihitamkan dan setiap anak mendapat bonus nilai gratis krn soalnya tidak ada kan. Tapi ternyata tidak bisa ya karena ada banyak. Ternyata pihak depdiknas itu tidak punya tim netral untuk QC ujian ya :) Heran benar deh.

Saya pun berusaha untuk tidak sharing berita negatif, apalagi politis dan agama. Cukup deh, kalau bisa juga tidak mau baca. Jadi tekanan darah tinggi kalau baca semua info negatif itu.

Idah Ceris said...

HoOh, yg negatif cukup diberitakan sekali saja. Kan penikmat berita bisa menilainya. Gak usah diekspose terus ya, Om.

Suram jadinya. . .

Monda said...

aku pikir berita2 kriminal itu nggak usag dibahas lengkap deh sepanjang hari..
aku takut ada yg trrinspirasi bikin perbuatan yg sama

Susi said...

Iya nih. gerah dengan tulisan2 yg isinya menghujat atau menulis keburukan orang lain.

Ila Rizky said...

sering banget ada tulisan2 begitu pas buka di fb, pak. hiks, rasanya kepala jadi penuh dg emosi2 negatif. jd mending langsung close tab dan buka yang lebih bermanfaat.

nh18 said...

Setuju ...

Apalagi nanti ...
sepertinya akan ada dua kubu ...
semoga tidak semakin meruncing ...

pujilah jagoanmu ...
berikan info yang lengkap tentang kelebihan jagoanmu ...

(tidak perlu menjelek-jelekkan orang lain)

salam saya Pak Neck

(19/5 : 6)

NECKY said...

om enha...enaknya yah kalau kita mendengarkan apa yang capres ingin buat selama 5 tahun kedepan dan kita challenge dengan pertanyaan...how will they can implment it... Seru khan kalau gini??? Kita jadi tahu siapa yang omdo, siapa yg ga punya visi, siapa yang cuma bisa kerja keras doank. Semuanya kita butuhkan semua elemen itu dalam satu tim....

NECKY said...

mbak lidya...emberrr yang asik asik aja buanyak khan...

NECKY said...

mbak EM, udh cukup lah bagi saya yg punya hipertensi. Sharing kebaikan, positive attitude, terobosan yang bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak, jauh lebih baik dampaknya bagi kita pribadi

NECKY said...

mbak Idah...skip aja deh kalau ada judul berita yang udh bernada negatif

NECKY said...

bener banget mbak monda, untuk berita negatif ga usah dibuat detil yah...cukup esensi yang bisa kita ambil contoh dan ambil hikmah biar ada efek jera bagi orang lain bukannya sebaliknya....

NECKY said...

Mbak susi....ngeri yah kalau sampai kita buat tulisan yang membeberkan keburukan orang....bener jadi ghibah, kalau salah jadi fitnah deh

NECKY said...

mba Ila...setuju banget..nget, cari berita yg lebih bermanfaat aja. Daripada bikin senewen