Wednesday, 1 January 2014

Tradisi Malam Tahun Baru

Photo by: Dodi R
Di awal tahun baru ini saya sengaja ingin menulis tentang tradisi malam pergantian tahun.Yang namanya tradisi adalah suatu kebiasaan dilakukan oleh sekelompok orang sehingga menjadi kebiasaan di dalam lingkungannya. Nah seingat saya, sejak dari remaja hingga sekarang ini (kemarin malam tepatnya) sudah banyak sekali ragam yang dilakukan dalam rangka menyongsong malam pergantian tahun.

Saat Ancol masih ada Drive-In (nonton film dari mobil) saya pernah diajak oleh saudara sepupu (saya lupa apa sudah SMP atau masih SD?). Namun yang saya ingat, kita menonton dalam semalam itu sampai 5 film berturut-turut dan dimulai dari jam 7 malam hingga selesai. Ingatan ini tidak bisa hilang begitu saja karena aktifitasnya sangat menarik dan unik.

Pernah juga saya menghabiskan pergantian malam tahun baru dengan menonton film di dalam bioskop tapi kalau yang ini ga ada yang istimewanya. Kemudian saat SMA, saya pernah jalan2 naik mobil puterin Jakarta tapi yang ada cuma bikin bete karena macet dimana2. Tahun berikutnya saya dan teman2 SMA memutuskan pergi ke Anyer. Padahal kita semua pada ga tahu jalan ke lokasi...hehehehe modal nekad doank dan tentunya pake nyasar...(belum ada jalan Tol Merak pastinya). Maksud hati ingin cari suasana sepi dan baru eh ga tahunya malah ketemu dengan rombongan lain yg berasal dr SMA sama.... akhirnya malah foto2 di pinggir jalan deh.

Sewaktu kuliah, pernah juga melewati malam akhir tahun dengan makan2 di restoran pizza (gaya banget yah? padahal sih....semuanya di traktir....hehehehehe sesuatu banget deh pokoknya). Namun setelah masa2 kuliah lewat....justru di awal-awal kerja malah ga punya kegiatan spesial. Justru kembali kumpul dengan teman2 SMA dan kumpul di rumah salah seorang teman.

Kalau denger cerita teman2 kantor dulu...ada yang 'buka kamar' di hotel untuk sekedar kumpul2 dan rame2 hadir di acara hotel tempat mereka menginap akhirnya saya mencoba 'buka kamar' saat baru menikah. Dari situ saya jadi tahu...yang namanya buka kamar di hotel itu aktifitasnya sangat beragam banget. Namun saya malah tidak ingin sama sekali melakukannya lagie tuh.....(ga gue bangetttt sih...)

Saat pergantian milenium...dari 1999 ke tahun 2000, saya menghabiskan waktu di rumah dengan bertiga aja. Mau jalan-jalan keluar tapi cuaca lagi buruk (pas musim dingin dan bersalju....). Kasihan juga sih sebenarnya istri karena saya tahu dia mau jalan2 keluar. Mohon maaf deh kalau pergantian milenium dihabiskan di rumah mungil dan sempit.....

Saya pernah stuck di jalanan sampai berjam-jam. Semenjak itu kalau diajak keluar rumah di malam tahun baru dengan pasti saya akan menolaknya. Malahan pernah anak dan istri saya suruh jalan-jalan dengan kakak dan keluarganya muter2 pake mobil kita....sementara itu saya lebih memilih tidur di rumah.... (Hahahahahahaha...egois banget ga sih???)....

Home Made Sate Ayam
Semenjak saya tinggal di rumah yang sekarang..saya membuat acara barbeque aja bersama keluarga terdekat atau teman yang mau bergabung. Kita buat menu dari daging steak, ikan, ayam hingga jagung. Pokoknya setiap tahun diganti-ganti aja menunya. Seingat saya sih sudah berlangsung 9-10 kali. Kebetulan banget menjelang jam 12 malam, di sekitar rumah kita banyak yang memasang kembang api (fireworks) dan sangat2 menghibur kita semua. Saya sendiri ga akan tahu apakah kebersamaan yang utuh masih akan terus berlangsung? Karena anak-anak mulai beranjak remaja...Sebelumnya kakak mau punya acara dengan teman2nya batal dan akhirnya menghabiskan malam pergantian tahunnya bersama-sama lagi.

Well itulah tradisi yang saya jalankan setiap malam pergantian tahun....apakah punya tradisi yang sama??
SELAMAT TAHUN BARU......semoga kita semua bisa menjadi individu yang lebih baik lagi....

NE

8 comments:

Arman said...

iya kalo malam tahun baruan enakan di rumah aja lah.. lebih nyaman... :)

happy new year ya!

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Seperti biasanya tahun baru saya juga dirumah pak. Selamat tahun baru

prih said...

Kebersamaan di pergantian tahun yang membuat lebih akrab ya Pak. Kami menikmatinya juga di rumah aja Pak.Selamat Tahun Baru Pak, Salam

nh18 said...

Acara tahun baru yang paling heboh yang pernah saya alami ...
adalah ...

bakar jagung dan sate di rumah ...

hahaha

Sisanya ... ???
Tidur ... atau yaaa paling liat kembang api dari jalan depan rumah

salam saya Pak Neck

NECKY said...

om enha....asla jangan bakar rumah aja untuk bikin heboh ....hahahahaha. Bagi raport hari apa? bisa ketemu lagi ga nih??

NECKY said...

bro arman....ternyata sama juga sama gw bro...malas kemana-mana. met tahun baru jg

NECKY said...

mbak lidya....home sweet home.... rumah is the best place on the earth ya mbak

NECKY said...

mbak prih...semoga saja anak2 tidak cepat2 menyingkir dengan teman2nya di malam tahun baru selanjutnya hehehehe