Friday, 11 November 2011

Kenangan Masa SD

Langsung aja  tanpa bertele-tele karena takut keburu lupa ada peer dari Abi Sabila untuk bercerita tentang zaman SD. Mudah2an memori yang ada bisa diterjemahkan dalam bentuk tulisan.
gbr: lupa dl dari mana
Guru Favorit waktu itu yang saya ingat adalah Ibu Rizna (katanya beliau ini masih ada dan tinggal di selatan Jakarta). Beliau menjadi wali kelas saat saya kelas 4 dan 5 (2 tahun). Mungkin ada beberapa rekan yg merasakan sekolah ditambah 6 bulan, nah saat itu beliau mengajar saya. Saking bingung memberi tambahan materi, akhirnya kami sering diizinkan berolahraga (baca: main sepak bola) di halaman sekolah. Ingin rasanya bersilahturahim apabila masih ada kesempatan.

Sementara itu Guru Killer yang saya masih ingat adalah Pak Umar meskipun demikian beliau belum pernah 
menjadi wali kelas saya. Cerita dari teman di kelas lain (saat itu satu angkatan ada 2 kelas paralel) sudah bisa membuat saya tidak mau punya kontak sedikitpun. Tahun lalu ketika ada reuni SD, beliau menyempatkan diri untuk hadir tapi sayang saya berhalangan datang karena ada urusan keluarga.
Selama SD, saya hanya sekali bolos sekali dan itu karena punya Teman Membolos yakni Joko. Dia merupakan tetangga yang tinggalnya hanya beberapa rumah dari rumah saya. Entah karena ingin gaya2an atau berpetualang, dia mengajak saya bolos. Padahal saat itu saya sudah berada di dalam lingkungan sekolah tapi belum masuk kelas. Keluar sekolah, jalan-jalan keliling jalan kaki sampai mendekati waktu pulang dan langsung ke rumah. Ternyata hal tersebut membuat ga nyaman saya hingga akhirnya ga mau melakukannya lagi. 

Saya tidak punya Teman Berantem yang tetap karena mungkin saya termasuk anak iseng juga seperti anak-anak pada umumnya. Namun semuanya sebatas berantem mulut aja koq, jadi saya malah banyak temannya lho. 

Rumah orang tua saya dulu merupakan kawasan strategis buat para penjaja makanan maupun minuman.  Setiap beberapa menit sekali ada aja yang leat di depan rumah. Udah begitu, saya merupakan tukang jajan dan punya langganan untuk setiap jenis jajanan. Dari tukang bakso, tukang jual otak-otak, Mpek-mpek, ketoprak, bubur ayam, sate ayam, mie ayam, nasi goreng dll, saya punya tukang langganan. Namun Jajanan Favorit saya adalah Sate Ayam. Tiada hari tanpa sate ayam, minimal sehari sekali makan sate ayam dan kejadian ini berlangsung hingga saya menjelasng lulus SD. Untuk tempat favorit jajan hanya di kantin Pak Ali sambil beli bihun goreng.

Kalau sudah bicara Mainan Favorit waktu SD adalah Main Gundu alias kelereng. Kadang-kadang sengaja datang lebih pagi hanya untuk main gundu sebelum masuk kelas. Waktu istirahat juga sering saya gunakan hal yang sama, akan tetapi kalau waktu pulang saya lebih senang pulang langsung karena biasanya kantong celana sudah penuh dengan gundu meskipun dari rumah cuma bawa 5 butir saja.
Saya masih ingat Sepatu Favorit-nya adalah Big Boss. Itu tuh sepatu warna hitam yang tipis. Kalau suka menonton film Silat China yang bergenre tahun 80an pasti bisa mengerti yang saya maksud karena mereka semua menggunakan sepatu itu. Saking favoritnya, banyak juga merk palsu, namun untuk yang asli sepatunya lebih lentur dan jahitannya lebih awet.

Seingat saya Tas Favorit waktu zaman itu merknya President. Bentuknya seperti kotak seperti tas kantor bapak-bapak. Rasanya kalau udah pakai tas itu jadi lebih percaya diri. Maklumlah ekonomi keluarga bukan berasal dari ekonomi yang berlebih jadi tas tersebut merupakan trend di zamannya. Meskipun sempat memakai tas lain tapi yang teringat hanya tas President ini.
Phuihhh...akhirnya PR dari Abi bisa selesai juga. Sekarang saya mau cari korban dulu untuk buat peer ini ah..
sesuai amanah yang dari penggagas PR ini, saya akan teruskan kepada;

" Mohon maaf jika tidak berkenan. Sungguh tiada maksud untuk membebani, hanya sekedar ikhtiar untuk menjalin silturahmi. Jika tidak dianggap merepotkan, mohon teruskan kembali PR ini kepada lima sahabat lainnya, begitu pesan dari pemberi PR sebelumnya." *copy quote-nya Abi Sabila*

40 comments:

monda said...

wah, jadi ingat sampul buku PMP itu

sepatu big boss Bruce Lee itu kan?
jaman SMP buatku itu sih he..he..

kok hobi banget makan sate ayam, sampai sekarang masih?

NECKY said...

iya donk bu....secara jacky chen belum ngetop...hehehe
Sate ayam sudah saya hentikan karena bumbu kacangnya bikin eneg...maklum sudah tua...

niQue said...

aaaaaaakhirnyaaaa kena juga xixixi ... mas Necky paling tajem dah radarnya siapa yg blom kebagian xixixi ... PR SD jadi PR WIKEN neh :P

btw keren amat yak, jajanannya sate ayam :D sementara saya boro2 :D

NECKY said...

nique...itu karena waktu sd ga suka makan daging. sate ayam the only daging yang bisa dimakan. Baso aja baru makan pas mau lulus SD. norak banget yah??...hehehehe

catatan kecilku said...

Pak, aku datang nih bawakan sate ayam 2 porsi. Kurang gak? :)

the others... said...

Ah ya, aku tahu tuh tas president. kalau gak salah aku pertama kali kenal tas itu waktu ada filmnya chicha koeswoyo, di film itu dia sekolah dg memakai tas president. :)

Abi Sabila said...

Matur nuwun, Bang. Sudah dikerjakan PR nya. Dan kepada sahabat yang selanjutnya mendapat 'anugerah' ini semoga berkenan pula mengerjakannya.

Soal bolos sekolah, kayaknya si Joko ini layak direferensikan ikut acara si Bolang, soalnya suka berpetualang. Hehehe...

Lidya - Mama Pascal said...

buku PMP waktu saya sekolah juga itu loh pak Necky

bunda Lily said...

kayaknya jailnya Afif krn bapaknya dulu juga suka jail yaaa....hahaha....

jaman SD dulu bunda gak pernah jajan Necky, krn selalu dibawain makanan plus minuman sekalian dr rumah , lagipula tukang jualannya juga cuma ada di kantin dowang, jualannya permen2 dan mainan thok ...hiks...

ngerti jajan pas udah SMP, itu juga cuma kenal bihun goreng yg pake kuah kacang ....hehehe...
salam

niee said...

Aku pernah juga tuh mas denger penambahan 6bulan sekolah karena mau mengganti awal tahun jadi juli itu yak.. klo gak salah ibu pernah cerita.. waduh ribet banget deh. mudah2an pemerintah gak iseng deh adain begituan lagi.. kasian anak anaknya.. hehehe

catatannyasulung said...

kalau jaman saya namanya udah ppkn bukan pmp lagi, hehe

Dian said...

Wah buku PMP jaman aku SD tahun 83 an [:*] Jadul bangetttttttttttt

_________________________
I added cool smileys to this message... if you don't see them go to: http://e.exps.me

@zizydmk said...

Wah fontnya berubah ya, kayak font remaja gitu pak.
Kalau saya sd hobi juga main kelereng hehe.... ya anak2 sih apa punya abangnya dimainin juga kali ya, kayak saya...

Lyliana Thia said...

waaah saat rata2 blogger pd nggak pernah bolos wkt SD ternyata pak Necky pernah bolos! hehehe...

jajanannya sama kayak anak saya Pak... dyan bgt sama sate ayam.. :-D

dan rata2 anak laki2 sukanya main gundu ya...

yadiebaroos said...

waw, tas favorit kita sama pak, saya juga dari kelas 3 sampe kelas 6 senang pake tas president, sekarang kok ndak zaman lagi ya?

Lozz Akbar said...

hehehe jadi teringat dengan buku PMP itu.. wah pak Necky jago ya main kelereng?
kalau omongin sepatu sepertinya sama nih, saya juga suka pakai sepatu ala Bruce Lee itu, tapi mungkin punya saya yang bajakan kali ya?

dhila13 said...

eheheh... om necky dapet PR ini juga :D

kakaakin said...

Haha... jadi ingat kalau saya dulu suka main kelereng juga :D

NECKY said...

catatan kecilku...wah mbak, kalau sekarang mah ga bisa makan banyak2 nih... maklum udh semakin melarrrrr

NECKY said...

the others....ga chica ..ga adi bs semuanya pakai tas itu di film2 mereka...*mungkin itu jadi trend banget kali yah mbak??*

NECKY said...

abi...minimal peer sdh dikerjakan.... btw betul semua khan peernya yah?....hehehehe

Imelda said...

penambahan setengah tahun itu di SD ya? Kok aku di SMP sih? Hmmmm emang lulus SD tahun berapa? Masak sih tuaan aku? hihihi penasaran

NECKY said...

mbak EM, sampean itu khan seangktan sama ira wibowo khan? berarti waktu peanmbahan 6 bulan itu kelas 5 SD. Hehehehe...namanya juga faktor U.

NECKY said...

dhilla ...iya nih...abi ngasih pe er tuh

NECKY said...

kaka akin main kelereng?? bukannya itu mainan anak cowok???

NECKY said...

mbak lidya...jamannya orba khan semua buku2 seragam....hahahaha

NECKY said...

bunda lily...hehehe bisa jadi isengnya ajif kayak bapaknya yah??
wahh...hebat juga mamanya bunda tuh bisa ngatur ga jajan....

NECKY said...

niee....itu khan ga iseng tapi kurang kerjaan makanya nambahin sekolah 6 bulan tanpa ada rencana matang....6 bulan penuh dengan luntang lantung ga karuan

NECKY said...

catatan sulung....nama beda pelajaran nya sama yah???....hehehe

NECKY said...

dian...berarti kita produk SD fi tahun 80an...:-)

NECKY said...

zee...terlalu muda yah jadinya kesan websitenya? zee main gundu juga?.... luar biasaaaaaaa

NECKY said...

thia...main gundu itu seperti kebanggaan tersendiri apalagi kalau mainnya menang melulu....hehehe.

sate ayam mana yang paling enak dimakan??

NECKY said...

yadiebaroos....namanya juga tas yg lagi ngetrend pada zamannya bro... hehehehe

NECKY said...

bro akbar emangnya ga main kelereng?? kalau di tempat sampean namanya apaan?

DewiFatma said...

Hahaha.. Mas Necky dapat peer ini juga ternyata..hihi... Masih ingat semua lagi. Kalo sate ayam, aku juga doyan tuh.. Tapi yang kuah padang, bukan kuah kacang. Ampe sekarang doyaaaaannn...

krismariana said...

waktu SD dulu saya juga suka pakai sepatu big bos mas. kayaknya sepatu itu awet deh. modelnya gitu2 saja. hehe. tapi kok aku suka ya. kadang btw, sekarang kalau nyari sepatu itu apa masih ada ya? lucu kali ya kalau pakai sekarang hehehe

Bintang said...

Huuuaaa...tas ini happening banget di jaman itu ya, saya juga termasuk salah satu penggunanya... :D

NECKY said...

dewi....emang ada sate ayam yang pake kuah sate padang? dimana yg jualan tuh?? mau donkkkkkkk

NECKY said...

krismariana...kayaknya sekarang udh ga ada lagi bu....soalnya pernah nyariin buat anak2 tapi ga nemu.

NECKY said...

bintang....tas echolac emang melegenda banget yah....