Thursday, 19 December 2013

Xbox 360 vs PS (Play Station) 3

Minggu ini saya bingung nyari tema untuk tulisan. Udah beberapa hari ini buka new post tiba2 aja ide menguap entah kemana. Akhirnya dapat juga ide artikel kali ini tentang permainan (games) untuk anak2 laki di rumah. Kebetulan PS 2 udah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi (mungkin udah habis umurnya hehehehehe...maklumlah console (mesin) PS2 dibeli 10 tahun yg lalu.

Pinjam gambar dari sini
Ulang tahun Ajif kemarin, dia minta dibeliin hadiahnya LEGO. Dia minta yang harganya 2 jutaan (emang sih harga LEGO itu mana ada yang murah!). Bukannya ga senang beliin LEGO (karena banyak manfaatnya juga sih) tapi Ajif bukan orang yang apik seperti Nafis dalam menyimpan barang-barang. LEGO yg pernah saya belikan sudah banyak yang hilang entah kemana (tinggal sisa doank). Akhirnya setelah nego, Ajif bersedia mengganti keinginannya menjadi PS. Saya mengajukan pilihan beli  PS dengan pertimbangan barangnya lebih mudah dijaga dan bisa share dengan kakaknya kalau mau main. Terlebih lagi kalau PS khan ada game permainan yang mudah diupdate kalau udh bosan.
Niat Hati sih mau beliin PS 2 lagi, eh anak2nya pada protes minta PS3 (sekedar informasi PS 4 sudah mulai dijual dengan harga 10juta). Dan mulailah saya mencari informasi secara detil. Wong selama ini sama sekali ga terpikirkan mau beli PS3. Ternyata benda yang namanya PS3 itu benda yang rumit banget. Ada PS3 Fat dan Slim. Yang Fat keluaran tahun yang paling lama dibandingkan Slim. Ada PS3 Original dan Refurbished (rekondisi). Refurbished itu sendiri ada yang keluaran dr SONY ataupun refurbished lokal. PS3 original tidak menggunakan internal HDD (hard disk) hanya bisa menggunakan DVD Blue Ray yang asli. Harga DVD original untuk setiap permainan dari harga 400rb-600rb. Sedangkan yang menggunakan internal HDD dapat menggunakan DVD non original tapi ada tambahan alat untuk membaca DVD non ori tersebut. Untuk tambahan info lainnya, saya bergegas ke Harco Glodok (tempat langganan PS).

Informasi yang diperoleh dari tempat langganan kalau saran yang mereka anjurkan adalah membeli PS3 yg original menggunakan DVD asli (Blue Ray). Pengalaman mereka menjual PS3 di share dengan saya diberikan secara gamblang dan mudah mengerti. Akhirnya setelah berkomunikasi dengan anak2, kita membatalkan pembelian PS3 dengan pertimbangan ga mau repot setelah membeli perangkat tersebut.

Xbox360 adalah salah satu kandidat yang akan dibeli. Pertimbangannya sih sederhana yakni Xbox umurnya terlalu lama sedangkan Xbox One terlalu baru dan mahal harga. Memang sih Xbox one merupakan salah satu keluaran teranyar dari Microsoft dan menurut review kalau produk ini bersaing ketat dengan PS4 keluaran Sony.Ternyata setelah memutuskan membeli Xbox 360, saya masih punya pe er dengan pemilihan tipe. Ada yg Xbox 360 250 Gb Slim, Xbox 3Gb Slim. Nah lho....urusannya jadi belum selesai nih.

Selanjutnya saya mencari penjual Xbox 360 melalui internet. Biasanya kalau cari harga lewat internet itu adalah pekerjaan yg tidak sulit namun berhubung produknya ini cukup spesifik. After sales service menjadi salah satu pertimbangan utama mengingat...barang elektronik itu tidak semuanya memiliki kualitas yang prima. Kalau lagi apes...bisa2...lebih lama di tempat service dari pada dimainkan. Well, semoga liburan anak2 kali ini mereka bisa pake gadget baru deh. (Ada yang cicilan 0% ga yah??.....hahahahahahaha)

NE

5 comments:

joe said...

pasti akan jadi liburan yang menyenangkan

Lidya - Mama Cal-Vin said...

beli Lego Mainstream deh siapa tau Ajif seneng, pascal suka pak lego

NECKY said...

Lego Mainstream itu berapaan harganya ya mbak?

NECKY said...

joe...mudah2an begitu bro

bahaya narkoba said...

brp tuh harganya gan...