Thursday, 6 June 2013

Om Enha The 'Real' Ordinary Trainer

Lama banget ga blog walking (BW) ke web Pakde Cholik a.k.a sang komandan Blog Camp, eh ternyata sedang ada kontes unik...yakni berpasangan dengan blogger lain dan saling mereview blog-nya. Awalnya saya rada bingung mau ikutan atau ngga karena sudah tidak terlalu aktif BW. Akhirnya setelah menimbang-nimbang dan mencoba menebak siapa-siapa yang kira2 belum ada partner...sayapun memberanikan mengajak Blogger Seleb...siapa lagi kalau bukan "The Ordinary Trainer" alias pak Nanang Hermanto kalau saya biasa menyapa beliau Om Enha.

Saya masih inget awal-awal mulai blog walking (meskipun memiliki blog jauh sebelum itu), dimana saat itu belum punya satupun teman blogger. Salah satu blogger yang paling berkesan bagi seorang pemula (saat itu) adalah om enha karena beliau tidak pernah membeda-bedakan mana blogger senior ataupun blogger junior. Semua blogger dimata beliau adalah sama.

Setiap artikel yang saya beri komentar, beliau balas komentar tersebut dengan hangat. Tentunya bagi seorang pemula itu merupakan 'sesuatu' sekali. Hingga suatu saat saya diajak kopi darat untuk pertama kalinya di Pasaraya Grande  Blok M. Kehangatan di dunia maya ternyata memang tidak sekedar basa basi. Saat kopdar pertama kali itulah suasana benar2 terasa akrab dan seperti reuni. Sidakep (seperti yang ada di foto), handuk (harusnya masuk di foto ini juga tuh) dan ungkapan 'Eylekhan' (pelesetan dari elegant) menjadi trade mark om enha.
Bicara tentang Blog om enha yang pada awalnya cuma satu (http://theordinarytrainer.wordpress.com/) lantas saat ini menjadi dua (http://theordinarytrainer.com/) , membuat saya tambah senang karena makin banyak tulisan beliau yang akan ditulis. Lantas kenapa saya begitu menunggu tulisan-tulisan beliau??

Tulisan om enha itu JUJUR, ORIGINAL dan OUT OF THE BOX. Tiga alasan inilah yang membuat saya selalu berharap ada tulisan baru di blog beliau.

  • Tagline blog "Tidak Jorok, Tidak Nyontek, Tidak Bohong" menunjukkan kalau om enha sangat menjunjung tinggi keJUJURan. Bagi beliau menulis di blog itu akan bernilai tinggi apabila kita JUJUR. Tidak ada tulisan yang jelek selama kita menulisnya dengan JUJUR. Tidak hanya di dunia nyata, di dunia mayapun. om enha juga memperlihatkan 'kejujuran' pribadinya dalam menghargai (karya) orang lain (tidak perduli orang lain itu lebih muda dari dia sekalipun) dalam bentuk sebuah tulisan apik. Beliau tidak segan-segan memberikan pujian dan bahkan mendukung blogger lain (khusunya blogger pemula) untuk terus konsisten menulis. Om enha bahkan mengkategorikan dengan menyesuaikan karakter yang ditentukan beliau sendiri seperti dalam tulisan http://theordinarytrainer.wordpress.com/2013/01/15/the-nine-from-the-black-lions/
  •  Jarang sekali om enha menggunakan foto di artikel-artikelnya. Kalaupun ada foto dapat dipastikan beliau mengupload dari kamera digital yang sering dibawa-bawa karena om enha lebih suka menampilkan foto ORIGINAL yang tidak ada di blog lain (kecuali ada blogger lain yang menggunakan foto yang ada di blog-nya - saya salah satu yang pernah menggunakan foto beliau). Saking original-nya om enha pernah membahas kegiatannya tentang berkaraoke. Padahal beliau itu sangat dekat dengan musik karena bisa bermain keyboard dengan baik. Tidak terpikirkan sebelumnya bagi kita kalau karaoke aja bisa jadi sebuah tulisan bahkan kita tidak terpikirkan sebelumnya om enha belum pernah karaoke sebelumnya.

  • Sebagai Trainer yang berpengalaman tentunya beliau punya banyak ide dalam membuat Games. Salah satu ide yang Out of The Box adalah Games tentang KARSINI (Karya Siapa Ini). Games ini sangat kental dan bernuansa training sekali. Kita diajak untuk berkenalan (dengan kata lain dipaksa BW kalau belum kenal gaya bahasa si penulis artikel) dengan blogger lain dan mengenali blogger lain melalui tulisan-tulisannya. Games ini sangat fenomenal dan menjadi 'sesuatu' banget apabila tulisan kita bisa tayang di blog beliau. Saya sangat antusias sekali dan bisa berkali-kali mampir di blog enha hanya karena ingin lihat komentar-komentar orang dalam menebak tulisan yang ditayangkan. Sudah dua kali karsini dilaksanakan....saya berharap tetap akan ada karsini yang ketiga. yang keempat, dan seterusnya.
Om enha merupakan Trainer sesungguhnya karena tidak segan-segan berbagi ilmu agar orang lain menjadi lebih tahu dan pintar. Tulisan-tulisan beliau sering menjadi inspirasi bagi tulisan saya maupun di kehidupan nyata. Sharing pengalaman yang dibagi dalam bentuk tulisannya sungguh sangat bermanfaat. Kalau ada yang belum pernah ke blog beliau, saya jamin anda sudah rugi.

Kalau saja saya tidak pernah mengetahui Indonesia Matter, mungkin saya tidak akam pernah tahu blog The Ordinary Trainer. Sungguh sangat-sangat beruntung bisa mengetahui blog om enha ini.
Terima kasih OM ENHA....tetap menjadi Trainer bagi kita semua....
Satu lagi ...... "This is The Beauty of Blogging"

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan



22 comments:

Shohibul Kontes Blog Review said...

Terima kasih atas partisipasi sahabat
Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
Salam hangat dari Surabaya

Social Bookmarking Indonesia said...

Om ini bener2 The Real Ordinary people..
Alhamdulillah aku pernah Kopdar dengan beliau..
Pokoknya Aku PAdaMu Om..
#pasang gaya sidakep eiylekhan

sukses ya ngontesnya..
pasangan yang serasi

Orin said...

Sepakat mas Neck, om eNHa memang blogger jujur yg sangat out of the box, dan berhasil menjadi 'mak cmblang' saya berkenalan dengan mas Necky hehehehe.

Gudlak ngontesnya yaa ;)

Idah Ceris said...

Setujuuu sekali dengan apa yang ditulis oleh Pak Neck. .

Ngefens nih sama Si Om dan Pak Neck. :D
Sukses ngontesnya ya, Pak.

yati rachmat said...

Postingan apik tenan. Om nH ini memang punya motto lho: The Beauty of Blogging-nya itu. Btw hadiah GA-nya dari blog MISCELLANEOUS buat bunda aja ya? Koq gak kirim alamat buat hadiah "ecek-ecek"nya. Hehe..

Ejawantah Wisata said...

Dua tokoh blogger fenomenal yang bisa mengajak kita untuk selalu tersenyum dalam karya. Seiring semangat dan arahan sederhana yang mampu dicerna untuk selalu di gugu dan ditiru.

Sukses untuk kontaesnya Kang.
Salam wisata

NECKY said...

social bookmarking Indonesia... makasih ya teh nchie.... *sambil bergaya sidakeup ala om enha*

NECKY said...

asiik...pakde sudah menandai sodoran tulisan ini....makasih pakde

NECKY said...

orin...ternyata saya baru menyadari ada satu lagi yang ciri beliau yakni 'mak comblang'yg berhasil....

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Akhirnya kesampaian saya kopdar kondangan dengan OM NH :) tinggal sama Pak Necky belum pernah ketemu nih . Good luck ya Pak

NECKY said...

mbak idah...terima kasih compliment nya....

NECKY said...

bunda yati...mohon maaf banget yah bukan ga mau terima hadiah tp karena saya itu asli lupa banget udh ikut GA itu....saya udah kasih no hp saya di inbox FB bunda yah....

rusydi hikmawan said...

pak nanang gak pernah nampil di tipi ya? jadi pengen tahu gimana kehebatannya sebagai trainer motivasi

umielaine said...

om NH gak segan untuk mampir ke blog sy yang sepi pengunjung. senior bin terkenal gitu loh, masih nyempatin nyapa bentar. bikin terharu sekali.
emang eyleikhan lah om yg ini

nh18 said...

Untuk Mas Rusydi
Saya bukan motivator ...
saya fasilitator - trainer biasa saja ... :)

Untuk Umielaine
Ah Umie berlebihan nih ...
Jadi malu sayah

Salam saya

NECKY said...

Terima kasihom enha sudah menjawab nya.... begitulah om enha yang selalu merendahkan dirinya.... hehehehe

Mekanik Komputer said...

ane juga tadi mampir ke blogcamp...memang benar lagi ada kontes

Toko Osing said...

kontesnya unik, saling review blog rekan kita ya

gosip game said...

semoga menang ya

NECKY said...

terima kasih teman sudah mampir di mari....

vizon said...

Satu lagi julukan buat Om Nh itu adalah, MAKELAR BLOG.. :D
Banyak blogger yang terhubung gara-gara ketemu di blognya Om Nh.. Sepertinya kita juga terhubung melalui blog Om Nh kan Bang?

Oya, kopdar Pasaraya itu adalah kopdar yang tak terlupakan deh.. Prima, Inon, Mas Sus, Nechan Imelda, Bang Necky, Om Nh.. aih.. kapan bisa terulang lagi ya? :)

NECKY said...

uda vizon....setuju banget, kita dipertemukan di kopdar pasaraya itu merupakan unforgettable kopdar. Rentang usia yang sangat beragam, profesi yg beragam, serta tempat tinggal yg sangat berjauhan....nice moment