Wednesday, 1 May 2013

Losing Confidence

Dalam Bahasa Indonesia arti Losing Confidence kurang lebih adalah hilangnya kepercayaan diri. Banyak sekali orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi alias Pede Abisss, namun ga sedikit orang yang kurang Pede alias minder. Alasan orang pede atau minder terkadang sangat-sangat sepele bagi orang awam namun tidak begitu bagi orang yang bersangkutan.

Anak sulung saya ga pede banget dengan kemampuan dirinya. Padahal sebagai orang tua, dia banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan anak-anak lain seumurnya. Dia minder karena nilai di sekolah (sewaktu SD) tidak begitu cemerlang namun di luar nilai sekolah, dia memiliki kompetensi di bidang lainnya. Sewaktu kelas 5 SD, dia sudah mahir menggunakan program Photoshop dan Powerpoint. Sahabatnyapun pernah bilang kalau dia itu pintar tapi faktor malas membuat dia tidak tertarik untuk mendalami atau mempelajari Matematika atau Bahasa Arab. Sebagai akibatnya, dia langsung menarik diri apabila ada yg membahas tentang pelajaran.
Koq jadi ngelantur sih, sebenarnya saya mau sharing aja tentang kehilangan kepercayaan diri oleh karena sesuatu kejadian kecil bukan mau ngomongin minder....hehehehe. Beberapa minggu yg lalu saat mengantarkan si sulung hari pertama Ujian Nasional tiba2 aja ada motor menabrak bagian belakang motor. Kala itu motor di depan saya menginjak rem tiba-tiba namun karena saya membiasakan jaga jarak dengan kendaraan di depan eh....motor yg belakang malah nyelonong aja. Tadinya saya sempat berpikir mau mempermasalahkan berhubung si sulung mau UN, saya menganggap tidak ada masalah apa2 deh (belakangan ketahuan kalau plat nomor yg dari bahan mika rada pecah).

Anehnya sejak kejadian ditabrak dari belakang, saya jadi kehilangan kepercayaan diri dalam mengendarai motor. Mau menyusul motor lain aja jadi serba ragu-ragu hingga akhirnya saya berjalan lambat alias santai banget menuju kantor. Padahal kalau dipikir-pikir. saya khan ga salah lho. Pernah juga sewaktu gowes bareng teman2 kantor di kawasan JPG, Bintaro-BSD. Rute yang dilalui adalah rute offroad dimana jalan yg dilewati terdiri atas tanah, bebatuan serta rumput2an. Bolak-balik lewat jalan yang sulit-sulit saya berhasil melewati dengan mulus....namun ketika ada turunan kecil dan tidak terjal justru saya terjatuh.  Udah gitu karena posisi paling belakang jadi ga ada yang tahu kalau saya jatuh. Nah sejak jatuh itu, saya jatuh lagi dan saat mau jatuh untuk yg ketiga kalinya saya menyerah karena udah hilang pede-nya.

Kalau menonton Moto GP, saya sangat salut dengan pembalap2nya. Mungkin sudah puluhan kali terjatuh dari motornya tapi pede abis sewaktu melahap tikungan dengan kecepatan hingga 100km/jam. Apa udah putus tuh syaraf pede mereka atau udah ga punya sama sekali. Ga ada tuh istilah losing confidence. Padahal pesepakbola kelas dunia sekalipun dalam melakukan tendangan pinalti aja butuh tingkat kepedean yang tinggi waktu eksekusi pinalti. 

Menurut man teman....Confidence itu gimana sih?? sumpah pengen tahu versinya masing2....

NE

10 comments:

yadibarus said...

kita lebih percaya diri dalam menjalankan suatu pekerjaan, bila kita memang dapat menguasai pekerjaan tersebut, dan semua nya itu perlu membiasakan diri dengan berlatih dan terus berlatih

nh18 said...

Hmmm ...
Saya mau sharing apa yamg saya alami ya Pak Neck ...
Kalau saya ... biasanya saya alihkan ke hal lain ...
Maksud saya begini ...
Pernah suatu ketika saya memberikan Training ... namun entah mengapa ... training hari itu "gagal" ... skor penilaian evaluasi training saya menurut angket yang diisi oleh peserta setelah ikut training agak mengecewakan ... dan ini membuat trauma dan hilang kepercayaan diri saya waktu itu ...

Akhirnya saya pakai cara yang tidak rasional ... dan (mungkin) tidak benar ...

Caranya adalah ...
"Blame it on your shirt ... !"
Maksudnya ... kita salahkan baju kita ... baju terebut membawa sial ... (anggap saja begitu)

Jadi setelah kejadian tersebut ... saya tidak pernah pakai baju tersebut ...

Ini sugesti ... jika tak pakai baju yang satu itu ... training saya selalu berhasil ...

(ya ... saya tau ini mungkin tidak benar secara agama ... mempercayai hal-hal yang mungkin tidak pada tempatnya ...)

But ... honestly ... it works for me ...
(So ... inget-inget waktu itu Pak Neck pake baju yang mana ? ... dan jangan pakai baju tersebut untuk naik motor ... atau jangan pakai kaus(-kaus) tersebut untuk sepedahan ..

(wah panjang bener nih)

Maap ...

Salam saya Pak Neck

niee said...

Pede itu pemikiran mas..

*gak tahu mau ngomong apa sebenarnya* hihihi

applausr said...

Menurut saya semua orang itu pada dasarnya tidak confident. yang membuat orang confident itu, hanya kegiatan yang akan dilakukannya. Kalau kecil maka confident, tapi kalau besar bisa jadi tidak confident. Yang menentukan adalah persiapan dan hari H pada saat menghadapinya.

sebenarnya bisa nulis banyak tentang ini... ada teorinya tapi semoga segitu saja bisa dimengerti.. japri aja ya..

Bibi Titi Teliti said...

Baaaang..
emang waktu open mic dulu...
gara gara pernah garing jadi semacam gak pede buat nerusin lagi siiiih...hihihi...

tapi kalo naik motor mah, belum pernah sih kejadian kayak gitu...jangan sampe siiih...

memang harus dilawan sih bang *ngomong ama diri sendiri*

NECKY said...

yadi barus...berlatih membuat kita menjadi sempurna yah bro.... lanjutkannnnn :-)

NECKY said...

om enha...memang terkadang alasan yang tidak rasional kita butuhkan. Seperti naik motor kalo bolak balik ga bisa starter motornya coba kita setel kaca spion kali yah om biar kalau distarter langsung jrengggggg.
hehehehehehe

NECKY said...

niee...it's ok mbak

NECKY said...

pak rom...baru tahu kalau ada teorinya tuh....kapan2 mau minta teorinya ah....siap2 japri nih

NECKY said...

erry...ayo donk komtung lagi.... udh kangen cerita komtung elo...malah kalau elo butuh materi...gw siap bantuin deh....beneran nih...gw serius.... :-)