Wednesday, 29 May 2013

Cacar Air

Mau sharing aja dari hasil ngobrol-ngobrol dengan dokter sewaktu nganterin Ajif. Ternyata kekhawatiran istri sewaktu melihat bentolan kecil dibadannya menjadi kenyataan. Dokter mendiagnosa kalau Ajif terkena cacar air. Apalagi setelah bentolan kecil sudah mulai menyebar ke punggung, tangan, leher dan mukanya.

Dokter menyarankan untuk tidak sekolah selama satu minggu penuh agar proses atau staging cacar airnya lebih cepat tuntas dan jangan mandi dulu selama stagingnya belum final. Mumpung di depan kantor akhirnya saya berkesempatan bertanya banyak tentang mitos (kata orang dulu terkait dengan cacar air).

Kalau dulu orang2 bilang cacar air itu menular saat menjelang kering (bentolan kecil menjadi luka yang kering), ternyata menurut dokter penularan virus cacar air itu sejak dari staging awal hingga staging akhir (yakni proses keringnya luka akibat bentolan kecil) namun memang penularan yang paling berbahaya.

Kalau dulu terkena cacar air itu ga boleh kena angin...juga tidak sepenuhnya benar. Orang yang terkena cacar air itu harus cepat fit untuk melawan virus yang ada di dalam tubuh. Sangat dianjurkan untuk istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi tinggi untuk mempercepat proses pemulihan stamina. Kalau yang sajit sering keluar rumah bukan berarti kena angin melainkan kurang istirahat semata.

Mengenai pelarangan mandi karena bentol2 itu dapat pecah. Setelah pecah, bentolan menjadi luka. Nah kalau luka...dikhawatirkan menjadi infeksi. Bayangkan kalau luka itu ada disebagian besar tubuh kita. Wong luka satu aja...kita suka ngga nyaman banget.

Selain itu, kena cacar air sewaktu kecil lebih baik dibandingkan terkena setelah dewasa karena kalau anak kecil prosesnya lebih cepat. Staging full anak kecil bisa seminggu selesai sedangkan orang dewasa bisa dua minggu (itu juga yg paling cepat). Bekas luka bisa cepat hilang kalau kena waktu kecil, sedangan ketika dewasa bekas luka bisa membekas terus....

Kasihan juga Ajif karena selama seminggu ga diizinkan main dengan kakak2nya karena kedua kakaknya belum pernah terkena cacar air. Semua gelas, sendok, garpu dan barang2 yang biasa digunakan bersama harus mulai dipisahkan agar virus tidak menyebar dan menularkan kepada kakak2nya.Well...demikian sharingnya ...semoga bermanfaat.

NE

12 comments:

imelda said...

yang menurutku mitos penting adalah: jangan digaruk... dan menurutku sih benar, selama bisa tahan :D
Aku kena cacar air waktu mahasiswa, dan yes! Lukanya tertinggal di wajah. Untung di dekat kuping sehingga bisa tersembunyi :D Proses penyembuhannya juga lama :(

imelda said...

oh ya ketinggalan...semoga cepat sembuh ya Ajif... yang sabar dan banyak tidur aja

nh18 said...

Pak Neck ...
Tanpa bermaksud nyama-nyamain nih ...
saya baru kedatangan tamu kerabat istri saya dari Padang ...

Baru pertama ke Jakarta
Tapi ... apa daya ... dia terkena cacar air ... ketika menginap di rumah saya ... langsung saya bawa ke klinik Syarif Hidayatullah ...

dia kelihatan sekali rasa tidak enaknya ... rikuh ... takut menulari anak-anak saya ...

Tapi alhamdulillah ... sampai Kerabat saya tersebut pulang kembali ke Padang ... Anak-anak saya tidak ada yang tertular

Salam saya

NECKY said...

mbak EM....iya banget mitos jangan digaruk itu sama dengan jangan mandi takut jadi luka dan menjadi bekas setelah sembuh nantinya.

Terima kasih atas doanya.....

NECKY said...

om enha...bukannya klinik Syahid sekarang jadi RS Syahid lho...

Alhamdulillah kalau ga ada yg kena virus tersebut om. Seperti halnya virus influenza, selama stamina kita fit dan cukup istirahat...insya Allah ga akan tertular.... tp kita tetap kudu waspada dengan menghindarinya deh.... bisa ribet kalau anak2 sakit semua...

Damae said...

walah, kasian banget, pak. saya memang tidak tahu banyak tentang cacar, tapi membaca ini sepertinya saya kudu tetap waspada.

semoga lekas sembuh, :)

saiima said...

Kalau kena cacar hanya mungkin satu kali seumur hidup, itu mitos atau fakta?

NECKY said...

damae....udah pernah kena cacar ga nih?

NECKY said...

kalau kata dokternya kemarin sih cukup kena sekali aja...tp ada juga kasus yg pernah dua kali katanya

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Pscal kena cacar air juga pak, dari sekilah diminta 2 minggu untuk liburnya. oh ya Pascal sudah pernah kena cacar air juga kata dokter skr bisa kena lagi. Pascal semuh Alvin yang kena caar air

NECKY said...

wah...mbak...kalau Ajif..di kelasnya lagi mewabah tuh...terakhir istri saya ke sekolah utk ngurus administrasi sekolah...ternyata sudah 9 anak yg terkena.
Karena saking banyaknya yg kena malah mau dikasih kelas tersendiri untuk yg kena cacar dalam rangka Ujian Kenaikan Kelas.

niee said...

Aku kenanya pas smp mas. ingat sembuh bener 15 hari.. karena ibu aku nyuruh makan air kelapa yg katanya akan mengeluarkan penyakitnya. katanya kalau udah keluar semua gak akan tertular lagi.

nah kakak aku ketularan aku juga. tapi udah mau lebaran jd gak diminumin air kelapa. jatohnya cuma sakit 3 hari dan pemulihan sampe seminggu. emang beda banget..