Monday, 7 May 2012

Diantara Media Sosial

Siapa yang tidak kenal Friendster? Yahoogroups? YM (Yahoo Messenger)?, menurut saya ini media sosial yang saya kenal di awal-awal maraknya media sosial. Saya masih ingat bagaimana bisa bertemu dengan teman-teman yang hilang kontak di dunia maya ini waktu itu. Kemudian sayapun mengenal dengan Multiply yang saat itu banyak memberikan sharing file MP3 untuk lagu-lagu lawas atau lagu2 80's.

Saat diperkenalkan dengan blog, sayapun membuat account di Blogspot dan Wordpress sekedar ingin tahu seperti apa mahluk yang bernama Blogspot dan Wordpress. Sempat juga mencoba Joomla untuk membuat situs belanja online malah udah beli domain, posting jualan, namun kendala mengelola sambil memiliki pekerjaan kantoran membuat saya berpikir ulang untuk meneruskannya.
Begitu Facebook(FB) mulai muncul, saya diminta teman lama di milis untuk buka account disitu. Lalu saya mencoba eksplor FB sedikit demi sedikit hingga saya bisa bertemu dengan teman2 luamaaaa banget. Ada yang dari Lulus SD ga bertemu jadi bisa kontak lagi hingga teman kuliah.....what amazing tools!!

Tiba2 aja muncul Twitter, Blackberry Messenger (BBM), Gtalk, What's App, hingga yg terakhir Line (produknya Samsung). Setiap orang memiliki preference yang beraneka ragam. Ada yang seneng FB, ada yang senengnya BBM-an doank, ada yang suka banget dengan Twitter karena lebih bermanfaat compare FB (menurut temen gw, FB sudah  terlalu banyak iklan dan junk postingan hingga penipuan.

Entah kenapa, bebrapa minggu ini, tiba2 aktif di twitter, padahal punya account Twitternya lebih dari 2 tahn yang lalu. Begitu saya menyapa rekan-rekan...langsung aja disambar dgn ragam tweet seperti lama ga ketemu meskipun masih sering bertegur sapa di nedia sosial lainnya.

Lewat media sosial ini juga, para pengguna kereta (baca:KRL-mania) sedang berjuang untuk mendapatkan pelayanan dari pengelola. Setelah tidak berhasil merubah layanan lewat manajemen resmi meskipun sudah diberikan paparan dan data2 yang valid. Kebetulan salah seorang pejabat (baca: menteri) yang sedang naik daun baru saja memiliki twitter dan beliau pernah menggunakan kereta (meskipun bukan pas peak hour).

Setiap ada gangguan krl akhirnya beliau ikut di 'mention' hingga akhirnya ada pertanyaan dari beliau untuk prosentase kebenaran berita-berita yang ada di twitter. Mudah2an setelah ini ada perbaikan pelayanan kereta... dan ini salah satu dahsyatnya media sosial.

NE

21 comments:

Arman said...

yup.. cinta mati deh ama social media. apalagi twitter. paling ampuh kalo perlu komplen... :D

Imelda said...

aduh iya... baru inget mas necky minta add yah :D Kayaknya akun yang itu akan kudelete deh mas. Add yang IEVCM aja :D

Adang N M I said...

wah jadi pengen nyoba lagi Friendster..tapi lupa loginnya,hehe

jangan lupa sudah waktunya makan siang kawan...
Kumpul di Lounge Event Blogger plus Yuk

Salam Bahagia

rachaelhart said...

I'm a blog fan and with so many blogs on the internet now, not very many stand out. This blog caught my eye and I thought that I would post to let you know.

alaika abdullah said...

sosial media yang memang memberi manfaat prima, jika kita mempergunakannya dengan baik. Aku juga menemukan teman2 lama via beberapa sosial media lho mas, kebanyakan sih di fb.
Nah kalo twiiter, aku punya account nya, tapi sampai sekarang kok belum menemukan 'feel' nya yaaa? hehe.

nh18 said...

Jejarin sosial ...
social media ...
mmm ...
bagi saya pribadi hanya ada satu kegunaan significant ...
dan itu sudah disebut oleh Pak Neck ... yaitu ... Bisa Reunian ... ketemu temen lama yang udah lama banget gak ketemu ...
sambung menyambung menjadi satu ...

Tapi celakanya ... setelah semakin intens ... banyak dari mereka ... mulai maen PIN PIN-an ... yang pake gadget bimbit pipih lebar ... akhirnya mereka justru aktif disana ... dan manyun lah saya ... soalnya saya ndak punya HP yang ada PIN nya ... hehehe

salam saya

Kompetisi Blog Mama Cake said...

Ikutan Kompetisi Blog mama Cake yuk. Ada 2 buah hadiah Galaxy Tab dan hadiah hiburan lainnya.

Mama Olive said...

bener2 pengguna krl mania hahaa..
giliran komplen langsung tuh..!!

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalau mau naik kereta nanti saya mention pak necky ya hehehe

Abi Sabila said...

sebelum kenal blogspot dan wordpress, pertama kali kenal blog saya di multiply. kemudian untuk jejaring sosial, hampir semua yang Bang Necky sebutkan pernah mencoba buka akun disana, tapi kemudian saya tutup hingga yang masih bertahan sampai sekarang tinggal fb dan twitter, itupun jarang dibuka, paling2 kalau ada lomba yang salah satu persyaratannya harus bergabung di grup ttt atau mentag info lomba ke sekian orang.

Salam hangat untuk keluarga tercinta.

bunda Lily said...

social media ...jejaring sosial ....
yg memang sangat efektif utk menyambung kembali silaturahim yg sempat terputus dgn teman2 lama ....

walaupun banyak efek negatif...
namun semuanya berpulang pd penggunanya...
tools bisa positif tergantung dr operatornya ya Necky...
salam

yustha tt said...

saya masih nyaman dengan FB, Om... :)

NECKY said...

ok bro arman ternyata elo twitter fan yah....

NECKY said...

sip mbak EM...saya akan follow account yg disampaikan...

NECKY said...

adang....gw buka lagi pas kelar makan malam bro...hehehe

niee said...

mudah2an krl bisa berfungsi dg baik ya mas.. ya plg gak para rocker ini sdh membantu mengurangi kemacetan.. so hrs diperhatikan dong yak :)

Orin said...

twitter emang dahsyat ya mas kalo soal komplen, beneran lgsg ditanggapi hihihihi

NECKY said...

alaika...ternyata banyak juga sosial media yang digunakan yah...

yadibarus said...

Karna kurangnya waktu yang dapat dipakai untuk kopdar, rasanya sangat efektif menggunakan social media untuk melapas rindu dengan sahabat-sahabat yang telah melanglang buana dibelahan bumi

edratna said...

Social media ini memang sangat penting.....
Tapi saya malah belum masuk ke twitter....lha yang namanya bbm group aja mulai kewalahan. Google+ cuma ditengok sesekali. FB dibuka sehari sekali. Blog? Jika ada waktu...payah ya...

irmarahadian said...

semoga pelayanan kereta apinya cepet di perbaiki y pak...
biar penumpangnya bener2 nyaman & aman...:)