Friday, 1 October 2010

Konsisten Adalah Kuncinya

Setiap hari kita sering mendengar kata Konsisten (Istiqomah), namun begitu akan mengaplikasikan pada kehidupan sebenarnya ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Saya memiliki pandangan bahwa konsisten itu adalah suatu kegiatan yang kita lakukan dalam rangka mewujudkan niat dan melakukannya secara sungguh-sungguh hingga selesai sesuai dengan rencana.

Musuh utama konsisten adalah bosan (kalau dalam bahasa asingnya orang menyebutkannya dengan 'boring'). Sebagai contoh yang paling kita temukan sebagai pelajar atau mahasiswa adalah membaca. Kita mengetahui bahwa sebagai pelajar/mahasiswa dengan membaca beban belajar akan menjadi lebih mudah. Sebagian besar dari merekapun menyadari hal tersebut namun baru membaca satu atau dua halaman saja mereka menjadi bosan. Kepada mereka yang sudah memiliki tempat tinggal sendiri, niat mencabut rumput liar di sebidang taman kecilpun sering mereka canangkan. Apadaya, baru beberapa menit mencabuti rumput liar kebosanan menjalar di pikiran hingga tidak mentuntaskan pekerjaannya.

Untuk blogger, konsisten menulis secara berkala adalah hal yang dapat dilakukan agar tetap istiqomah menyuarakan pendapat, sharing, dan lain-lain. Latihan dan latihan (istilah kerennya exercise adalah salah satu kunci supaya kita tetap konsisten menjalankan niat atau rencana kita. Mudah-mudahan setelah kita latihan, sedikit demi sedikit dapat mengatasi kebosanan dengan mudah.

Saya pernah membaca ungkapan seperti Do The Best And Let God Do The Rest. Penerjemahan bebas kata-kata itu kurang lebihnya adalah bekerja memberikan yang terbaik secara konsisten, untuk hasilnya adalah urusan Allah. Selamat bekerja....Keep Think Postive....

Pondok Ranji, 2 Oktober 2010
http://sentilan.blogspot.com

6 comments:

Arman said...

setuju sekali tuh...
harus tetep konsisten untuk do the best and stay positive... that's all that we can do... selanjutnya emang ya tetep Tuhan yang menentukan ya.... :)

alamendah said...

(Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
Konsistensi itu memang penting banget walaupun sering kali sulitnya minta ampun. Termasuk dalam hal ngeblog

delia said...

Konsisten dalam ngeblog.. itu yh skrg lia usahakan...

Usaha dan niat.. InsyaAllah bisa.. :)

Sukadi Brotoadmojo said...

menurut saya konsisten itu bisa diawali dari rasa cinta, maksudnya adalah kecintaan kita kepada suatu hal.
kebosanan itu biasa tapi bukan berarti menjadi alasan untuk tidak konsisten..he.he

terimakasih

NECKY said...

mas sukadi....kalau udah ga konsisten berati ga cinta yah???

NECKY said...

delia....kenapa sekarang ga bisa masuk ke blog nya yah??