Sunday, 11 October 2009

Apakah Kanker Penyakit Langka ?

Assalamualaikum,

Dalam beberapa bulan belakangan, mendengar kata penyakit kanker seperti halnya mendengar penyakit umum lainnya. Betapa tidak, dari tante, saudara sepupu, istri teman SMA, tetangga teman SMA hingga anak dari teman kantor, semuanya mengidap penyakit tersebut.

Fenomena apakah gerangan ini? Apakah ilmu kedokteran yang semakin canggih hingga dapat mengetahui penyakit secara detil? ataukah pola hidup manusia yang makin tidak sehat dan menyebabkan mudah berkembang biak sel-sel kanker? Belum ada penelitian tentang itu kecuali testimoni dari penderita-penderita kanker itu sendiri.

Hingga saat ini dari sudut pandang medis, kemoterapi merupakan "obat" yang paling mujarab. Namun pengobatan alternatif lainnya tetap menjadi pilihan seperti pengobatan dengan herbal (terapi buah sirsak, terapi buah mengkudu (tahitian noni), akupuntur dan akupresur, dan lain-lain.

Beberapa literatur atatu artikel yang pernah ada menyebutkan bahwa penyebab seseorang terkena penyakit kanker disebabkan oleh pola makan, pola hidup, lingkungan dan faktor genetik (keturunan). Lima tahun yang lalu, jarang sekali kita menemukan penderita penyakit kanker.

Semoga saja semua penderita penyakit ini dapat sembuh total, khususnya orang-orang "disekelilingku."

Wassalam

Ciputat, 11 Oktober 2009

http://www.sentilan.blogspot.com

No comments: