Sunday, 23 August 2009

Kecemasan Berlebihan....

Beberapa hari belakangan ini saya merasa prihatin dengan berita-berita kecemasan yang berlebihan dari polisi dan masyarakat tentang terorisme. Bagaimana tidak, mereka curiga dengan orang-orang yang menggunakan baju tertentu seperti celana panjang yang agak cingkrang (di atas mata kaki), berbaju gamis, menggunakan jilbab (apalagi sampai bercadar). Setiap warga negara bebas dan merdeka dalam menjalankan kehidupan beragama mereka dan cara mereka berbusana pun sesuai dengan keyakinan mereka masing-masing.
Paling prihatin yang saya simak adalah tentang 17 WN Philipina yang diamankan oleh Polisi karena karena pakaian mereka dan setelah diamankan mereka didakwa menyalahgunakan visa mereka karena mereka berdakwah sedangkan visa mereka untuk kunjungan turis biasa. Sepanjang pengetahuan saya, mereka adalah muslim yang sedang melakukan syiar islam dan bersilahturahmi dengan sesama muslim yang ada di Indonesia.
Apabila mereka mau datang ke Indonesia dan akan menebar teror kenapa mereka harus berpakaian yang berbeda dan gampang dicurigai oleh semua orang yang melihatnya? Kemudian kenapa mereka harus bergerombol dan rombongan? Sepengetahuan saya, yang namanya teroris itu mereka sangat tidak terlihat oleh kasat mata dan membaur dengan lingkungan tempat tinggal mereka.
Terakhir berita di Kompas Minggu hari ini, sebuah keluarga yang berdomisili di Balaraja hampir dihakimi massa dan diinterogasi oleh polisi setempat di kawasan Serang hanya karena mereka menggunakan busana celana cingkrang, berpeci, berjanggut, yang wanita bercadar. Mereka diturunkan oleh Bis yanfg ditumpanginya tidak sesuai dengan tujuan awal. Mereka beribadah di masjid dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pulang. Alhamdulillah, tidak sampai terjadi sesuatu apapun. Namun hendaknya kita memberikan informasi kepada masyarakat dapat dipilah-pilah sesuai dengan tingkat pendidikan dan intelektualitasnya. Komunikasi yang baik adalah keberhasilan memberikan informasi ke target audience. Semoga kita dapat memberantas teror dengan baik dan tidak berlebihan melakukan reaksi.
Selamat Berpuasa.

Ciputat, 23 Agustus 2009
www.sentilan.blogspot.com

No comments: