Thursday, 16 October 2014

Semangat Tinggi

Siang itu, saya baru saja memperbaiki laptop Nafis yang tiba2 ga bisa di akses. Setelah menaruh di tempat servis yg terletak di pertokoan Ratu Plaza, saya memutuskan Untuk menggunakan bis biasa (kopaja) dibandingkan naik transjakarta.

Matahari sedang bersinar sangat terik (maklumlah pas jam 1 siang). Bos kopaja yg saya tumpangi tidak penuh, hanya 5 orang saja. Perjalanan dari Ratu Plaza ke arah bundaran HI lumayan tersendat akibat pembangunan MRT.

Satu persatu penjaja atau pedagang asongan keluar masuk bis yg cukup sepi penumpang. Ada yang menjual minuman, makanan hingga barang-barang ga penting.


Salah seorang penjaja yg masuk dan menjadi perhatian saya adalah yang menjajakan tissue dan masker. Jenis dagangannya tidak aneh, namun justru orang nya yg menarik perhatian saya. Kakinya hanya satu namun semangat berdagangnya yang luar biasa. Tidak ada kata atau ucapan negatif sekalipun tidak ada yang membeli barang dagangannya. Sambil mengaso atau beristirahat sejenak dia hanya duduk dengan wajah tetap semangat tanpa ada rasa kecewa sedikitpun. Saya yg saat itu tidak merasa butuh membeli....jadi ingin membeli yg didagangkan olehnya....sayang sekali baru saja merogoh kantong celana...eh...sang penjaja bergerak cepat turun dari bis yg berjalan pelan. Luar biasa...dengan 'handicap' kaki satu bisa naik turun bis...dengan cekatan seperti halnya orang normal.

Uang sudah ditangan....rencananya akan membeli barang yg sama kalau ada penjaja yg masuk lagi. Baru aja...berpikir seperti itu, ada seorang penjaja masuk....dengan lantang menjajakan...tapi karena penumpang yg duduk di depan terkesan diam saja. Si penjaja teriak2 dan mengumpat karena ga ada yg membeli dagangan sambil loncat keluar bis. Saya lantas jadi tercekat...melihat perbedaan yang mencolok antara satu pedagang dengan pedagang lainnya. Di satu sisi seorang pedagang dengan kesempurnaan fisik...namun attitude yang bikin orang ga simpatik...di lain pihak ada pedagang yang dengan attitude yg bikin kita malu sendiri sebagai bagian yg memiliki kesempurnaan fisik...kalah semangat dengan...orang tersebut...

*Postingan ini adalah kejadian yg cukup lama...kejadiannya, sekitar akhir tahun lalu namun ternyata nyangsang di inbox....sayang kalau sampai dimasukin ke recycle bin*

NE

No comments: