Tuesday, 23 September 2014

Tips Menggunakan Laptop

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang sudah dapat menggunakan komputer baik dalam bentuk PC maupun Laptop (sebagian orang menyebitnya Notebook). Namun ternyata menggunakan PC dan laptop itu ada bedanya. Sebagian orang bilang kalau PC itu tahan banting alias jarang rusak dan laaptop itu ringkih dan sering bermasalah.

Ketidaktahuan kita sendiri yang menyebabkan sebuah laptop itu menjadi cepat rusak (ringkih) sebab laptop itu khan di disain untuk kebutuhan orang2 yg bekerja dinamis (mobile) atau tidak selalu berada di tempat duduk dan melihat monitor terus-terusan. Awal tahun 2000an, sebuah PC komputer bisa digunakan sekaligus beberapa orang. Seiring jalannya waktu PC mulai ditinggalkan dan laptop merupakan barang yang melekat kepada setiap pekerja. Untuk itu saya akan coba memberikan tips agar kita bisa merawat laptop kita agar umur laptop lebih lama.

1. Pastikan colokan adaptor listrik yang mencharger batere laptop dicopot saat indikator batere sudah mencapai 100%. Terlalu sering meninggalkan posisi batere yang full namun listrik tetap dicolok ke laptop membuat umur batere cepat rusak

2. Posisi laptop saat sleep/hybernate sangat disarankan tidak untuk dibawa-bawa. Apabila laptop hendak kita bawa dalam ransel atau tas, lebih baik kondisinya di shut down. Hal ini untuk memperpanjang umur Hard Disk internal laptop.

3. Sering juga ada laptop yg sering mati apabila baru sejam atau dua jam digunakan. Biasanya disebabkan oleh panasnya prosesor yang ada di dalam laptop. Kalau kondisi seperti ini kipas/fan dalam laptop tidak mampu mendinginkan prosesor tersebut. Kita bisa menambahkan dudukan tempat laptop yang dibawahnya ada tambahan fan untuk membantu mendinginkan prosesor.

4. Kondisi mati tiba-tiba juga bisa disebabkan tidak berfungsinya fan alias mati atau laptop kita kotor sehingga menutup ventilasi udara di dalam laptop yang panas tidak keluar. Kondisi ini bisa jadi karena kita sering menaruh atau menggunakan laptop di atas tempat yang mengandung banyak debu seperti karpet atau di atas kain (sprei).

5. Saat kita membawa laptop di dalam tas atau ransel, sebaiknya jangan menggunakan tas biasa. Ada tas ransel yg khusus di disain untuk membawa laptop. Atau juga tas bawaan laptop yang diberikan kepada kita saat kita di awal membeli barang tersebut.

6. Pastikan juga kita memasang anti virus (banyak juga yang free), namun kita harus bener2 yakin situs tempat download anti virus itu adalah situs yg terpercaya. Buat jadwal sekali seminggu untuk mengupdate anti virus dan scanning virus (incl. malware).

Selain melakukan tips diatas, sebaiknya kita memiliki backup terhadap data-data yang ada di hard disk laptop. Bisa juga kita beli hard disk external atau juga menaruh di cloud (awan) untuk mengantisipasi data corrupt.

Semoga pengalaman ini bisa berguna kepada pengguna laptop yang membaca tulisan ini.

NE

17 comments:

Joe Ismail said...

dengan penggunaan yang baik akan membuat laptop awet

NECKY said...

terkadang laptop umurnya jadi ga awet karena kita sendiri ya pak..
Terima kasih sudah mampir

angkisland said...

Semoga saya di amanhi punya laptop lagid ah pak...alhamdulillah mencerahkan pak necky thx

Adi Pradana said...

mari rawat laptop kita...

Agustinadian Susanti said...

wah nice info nih pak, btw kalau pake laptop paling lama berapa jam pak? biar ga cepat rusak.

Nchie Hanie said...

balik lagi ke cara kita merawatnya ya Bang..
Harus apik..

makasih tips2nya, eike suka pake cara gituh juga, tapi terkadangn suka lupa kalo batere dah full< tetep aja nyolok hahhaa..*tapi ga sering ko :v

Alhmdllh laptop2 aweet

NECKY said...

angkisland....insya Allah ada lagi....

NECKY said...

adi pradana...kalau bukan kita yang rawat siapa lagi donk....hehehehe

NECKY said...

agustinadian....pake laptop sebenarnya sama aja seperti kita pake PC namun perhatikan baterenya aja. Kalau mau awet umur baterenya, begitu full chrage, copot listrik yg ke adaptor. Kalau mau ga panas laptopnya tambahin extra fan

NECKY said...

alhamdulillah...kalau sudah pake laptopnya dengan baik.... terkadang gw jg suka lupa nyopot itu kabel kl udh full charge hehehehe

aira abdullah said...

salam kenal mas... tengkyu tips'y,sy sering tuh batre udh full tpi kabel msh trhubung listrik :D

NECKY said...

aira...met kenal juga. Karena malas nyopot batere saya sudah ganti batere utk laptop yg umurnya belum juga 2 tahun

Idah Ceris said...

Memang harus diperhatikan sedetil mungkin kalau mau awet ya, Pak. Termasuk membersihkan debu2 disela2 keyboard.

Titis Ayuningsih said...

Terimakasih untuk tipsnya Pak :)

NECKY said...

iya mbak idah....kalau membersihkan di sela2 debu untuk keakuratan keyboard....

NECKY said...

sama2 mbak titis

sabina said...

trims tips dan share-nya.