Sunday, 1 June 2014

Reckless Driving

Baru saja...kejadian pada hari ini (belum jam 7 pagi) di depan mata. Selagi berjalan eh mengendarai motor secara konstan, tiba2 ada sebuah motor dengan aksi menyalip yang cukup membahayakan pengendara motor lainnya dengan meliuk-liukkan motor ke kiri dan ke kanan.  Saat melewati motor saya, motor tersebut dengan santainya mendahului motor yang berada di sebelah depan kiri saya....tipisss banget dengan motor yang didahuluinya. Permasalahannya ... pengendara motor yang zig-zag membawa tas selempang dan menyangkut di kaca spion motor yang didahuluinya. Dengan menyangkutnya tali tas di spion, otomatis keseimbangan motor menjadi oleng...beruntung sekali si pengendara motor yang oleng dapat menguasai ke-oleng-annya sehingga tidak membuatnya terjatuh. Sebab seandainya dia terjatuh...dapat dipastikan akan banyak motor yang akan terkena dampaknya...dan ada kemungkinan saya bisa terkena juga karena dekat dengan nya.

Hebatnya....si motor zig-zag melaju terus dengan menambah kecepatan tanpa menengok sedikitpun bahkan seakan-akan tidak terjadi sesuatu yang bisa membahayakan orang banyak. Bisa jadi dia melarikan diri karena takut dimarahin, namun bisa jadi dia tidak menyadari kalau kelakuannya itu sangat sangat membahayakan orang banyak...Memang sih resiko orang menggunakan kendaraan itu khan kalau ga menabrak ya...ditabrak orang.... :-)
Penyebab terjadinya tabrakan menurut artikel yang pernah saya baca (kalau ga salah) sebagian besar karena mengantuk. Tidak hanya motor, mobil juga sama..apalagi kalau menyetir di jalan tol. Faktor kebosanan jalan yang lurus sering membuat kita mengantuk dengan cepat.

Beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi pengemudi di jalan tol agar tidak mengantuk:
  • Bawa cemilan yang membuat mulut mengunyah terus seperti kacang atau kue kering.
  • Kalau takut gemuk, bisa mengunyah permen karet namun begitu habis manisnya bisa jadi kudu ganti permen karetnya
  • Bisa juga tanpa mengunyah dengan meletakkan ujung lidah di langit-langit mulut kita. Jadi geli sih tapi buat kita tetap terjaga (saya dapatkan tips ini dari Didi Hardianto yang mantan Slalom Driver waktu diwawancarai di TV)
  • Atau yang biasa minum kopi, juga suka membantu juga, tapi ga setiap orang suka minum kopi (seperti saya). Unsur Caffein yang ada di kopi, dapat ditemukan di Coca Cola/Big Cola/Pepsi Cola. 
Semoga kita bisa selalu berkendara dengan aman dan tidak membahayakan diri sendiri, penumpang kita maupun kendaraan lain. Pissss

NE
 

3 comments:

Pakde Cholik said...

Janga lupa berdia sebelum berangkat. Kalau macet jangan memaki, lebih baik dzikir ya Mas
Salam hangat dari Surabaya

NECKY said...

inysa Allah....berdoa selalu biar pikiran ga kosong saat diatas kendaraan...terima kasih pakde nasehatnya

imelda said...

makanya kalau nyetir di toll aku selalu bawa CD lagu-lagu rock atau yang seru deh. Paling enak kalau bisa nyanyi bareng keras-keras, dijamin ngga ngantuk hehehe