Friday, 6 December 2013

B Healthy

Hari ini adalah hari terakhir men-submit artikel untuk kontes yang diselenggarakan Komandan Blog Camp aka Pakde Cholik. Sudah beberapa hari ini belum dapat ide apa2...setelah browsing kesana kemari ternyata saya mendapat inspirasi dari artikelnya Una. Well terima kasih buat una yah....

Terpaksa deh harus Flash Back terlebih dahulu. Sejarah kesehatan saya penuh dengan catatan manis yakni dimulai sejak duduk di SMP kelas 1. Satu bulan lebih saya harus meninggalkan sekolah karena menghabiskan wakti di rumah sakit dan di rumah untuk penyembuhan penyakit kuning (istilah kerennya Hepatitis A). Sejak saat itu saya selalu berhati-hati agar jangan berulang penyakit tersebut.
Aktifitas tetap berjalan normal hingga saat hampir lulus kuliah S-1. Hasil Laboratorium menyebutkan saya memiliki FATTY LIVER...yakni banyaknya lemak yang menyelubungi hati sehingga kerjanya jadi berat dan membuat cepat capek. Dokter menyarankan untuk mengurangi makanan berlemak agar lemak di hati tidak bertambah banyak sehingga mengurangi kerja keras hati.Pokoknya satu persatu penyakit baru terus bermuculan sejak itu.

Tiba-tiba kadar asam urat  melonjak tinggi, sampai2 sepatu baru yang dibeli terpaksa dibuang karena diyakini membuat kaki sakit (waktu buang sepatu itu saya belum menyadari terkena asam urat. Lantas muncul yang namanya vertigo (penyakit pusing yang bikin seakan-akan bumi bergoyang atau gempa). Ada lagi Hipertensi (tekanan darah tinggi)..., ada kristal di ginjal hingga terakhir puncaknya adalah minggu lalu yakni terkena serang Mild Stroke (stroke ringan) meskipun dokter menyebut nya stroke juga.

Ceritanya bangun tidur koq tangan kana semutan dan terasa seperti kebas (seperti baal atau kebal). Awalnya saya pikir ini gara2 waktu tidur tangan kanan terhimpit badan cukup lama. Namun hingga di kantor rasa tersebut ga berkurang (dalam perjalanan menuju kantor, rem kanan ga bisa digunakan karena kekuatan tangan kanan sangat lemah....even hanya untuk ngerem doank). Akhirnya minta izin untuk pulang cepat biar di pijat refleksi. Eh...sesampainya di sana saya ga bisa di pijat karena tekanan darahnya tinggi....nasib...

Saya kontak teman yg sudah jadi dokter spesialis syaraf. Bolak balik konsul lewat whastapp akhirnya kita sepakat untuk ketemuan di RS tempat dia praktek jam 8 malam. Setelah janjian akhirnya saya meluncur ke tempat praktenya dengan ditemani Nafis. Melalui serangkaian pemerikasaan yang cermat...tiba2 dia melarang saya pulang lagi...dan disaankan untuk menginap.....weleh2...sempat adu argumen dengan beliau namun akhirnya saya masuk juga dan dirawat di RS tempatnya praktek. Sebuah pelajaran yang sangat mahal.

Jadi...proyek monumental di 2014 adalah Saya mau hidup menjadi orang sehat dan bugar agar terhindar dari berbagai penyakit caranya sbb:
  1. Hindari atau batasi makanan-makanan yang yang berlemak tinggi seperti Daging berlemak (biasanya kalau di steak itu bisa sorloin atau T-bone steak). Santan kental juga harus dibatasi jumlah yang dikonsumsi. (makan makanan di resto padang jangan setiap hari deh kalau bisa seminggu 2x aja deh. Makanan favorit yakni gorengan cs jadi merupakan makanan yg sangat-sangat dikurangi.
  2. Olahraga minimal seminggu  dua kali (syukur-syukur bisa 3X)...entah gimana caranya. Mau sabtu dan minggu, senin dan sabtu, rabu dan sabtu....(tergantung sikon kali ya). Mau kombinasi renang dan gowes atau jalan dan renang, pokoknya yg pasti (minimal) seminggu 2x. 
  3. Berpikir lebih santai dan make it easy aja deh. Hal ini sebenarnya sudah diduga namun baru semakin yakin saat dibekam kemarin. Kondisi umum dari fungsi2 pencernaan, liver, jantung dsb sangat dipengaruhi oleh pikiran. Jadi bisa jadi faktor psikis sangat berpengaruh besar pada kerja fungsi2 tubuh. Dzikir lebih banyak insya Allah salah satu obatnya...aamiin.
  4. Menghentikan kebiasaan tidur malam. (ini yang paling susah banget dijalankan karena kebiasaan yang buruk ini sudh dilakukan sejak dari masa sekolah dulu). Apalagi waktu kuliah dulu  biasa mengerjakan tugas2 di saat orang2 mulai tidur saya malah baru mulai mengerjakan. Mudah2an bisa mulai tidur paling lambat jam 10 malam (harus bisa Neck...kamu harus bisa)ya.
Tulisan ini Tidak Jadi diikutsertakan pada kontes yang diselenggarakan komandan Blogcamp karena minder duluan kalau mau ikutan....hehehehehe....ga koq...saya gagal mengatur waktu lebih pas aja koq (ngeles .com karena takut....wong saingannya pasti berat-bera banget deh.....)


21 comments:

Arman said...

iya paling penting itu emang jaga kesehatan ya...

stay healthy!

imelda said...

aku sering tuh bangun dengan tangan kesemutan :( tapi secara keseluruhan kolesterol, gula, asam urat normal, jantung, darah tinggi ngga ada.

Tapi memang semuanya butuh keseriusan kita untuk hidup lebih sehat ya. Kalau bisa berenang lebih bagus, cuma jgn terlalu berat. Di sini disarankan walking di dalam kolam renang. Olahraga baru yang ringan tapi membuat semua anggota tubuh gerak.

Ya nih mas, aku juga mau hidup sehat.

monda said...

samma..problem kesehatan emang udah mulai menyerangku juga...,
aku mulai mengurangi nasi dan perbanyak sayur dan buah..

semangat sehat pak Necky..

dey said...

Hampir sama nih Bang, saya juga pengidap hipertensi & udah dua kali rawat inap di RS kena stroke ringan.
Dan salah satu proyek saya adalah hidup lebih sehat. Karena sebenarnya tensi saya jarang normal. Tinggi terus.

Semoga kita semua selalu sehat ya Bang ..

Pakde Cholik said...

Saya pernah mengalami yang kasus terakhir itu mas.
Awalnya terasa kesemutan, lama semakin parah.
Ternyata saya kejerhit dan nyaris lumpuh pada kaki kiri saya.
Saya berobat alternatif di Sukabumi selama 3 bulan.Alhamdulillah sembuh.
Pernah saya tulis di blog.

Hidup sehat memang menjadi kebutuhan.
Semoga semuanya baik-baik saja

Salam hangat vdari Surabaya

nQ said...

Huaaaaaaaaaa.......... serem amat :'( Anak2 blom ada yg mentas mas, itu resolusinya kudu ditulis gede2 dan tempel di dinding hatimu yah ... bila perlu tambahin di wallpaper laptop dipajang juga hehehe

yep! yang santan itu dimakan klo kangen aja mas. pasti bisa kok. taulah orang Medan gimana ama santan kan? Tapi aku bisa tuh. pokoknya klo diniatin pasti bisa deh, mas Necky malah punya motivasi lebih hebat lagi, yaitu anak2!

well, semua makanan bisalah dijaga, tapi soal RASA yg rada susah ya menurutku, klo dibilang gak boleh stres, siapa sih yg mau stres? Tapi ya gitu, kita dituntut agar lebih bisa mengatur dan menjaga serta mengendalikan hati dan pikiran agar tidak stres. tidak mudah tapi bukan tidak bisa.

semoga mas Necky bisa melewati semua ini. klo perlu berguru sama bapa saya yah hehehe .. sejak pasang ring sampai hari ini, sarapannya oatmeal, lauknya hampir selalu ikan bakar, sayurannya pasti selalu di-steam. saya yg liat aja udah jemu bin mual, tp dia... nikmat saja. motivasinya? 2 cucunya yg tanpa ayah, dia mau liat sampai mentas katanya :)

HP Yitno said...

makanan berlemak memang nggak baik efeknya ya kak

nh18 said...

Kemarin saya ikut seminar kesehatan ...
Seorang dokter yang menjadi pembicara di seminar kesehatan tersebut menyubukan angka kerama

3 - 30 - 3

Yang artinya ...
Tiga kali seminggu
Tiga Puluh Menit jalan kaki
Tiga kilometer jauhnya

Saya mau coba menerapkan hal tersebut

Sehat-sehat selalu Pak Neck

Salam saya Pak Neck

Susi Susindra said...

Semoga setelah ini lebih sehat ya pak. Sehat itu yg terpenting. sring disepelekan kecuali kalo sudah diingatkan dengan sakit. Moga proyek monumental 2014-nya berjalan dan mendapat manfaat. Amin.

Lidya - Mama Cal-Vin said...

duh saya juga kalau tidur malam pak jam 10-11

NECKY said...

bro arman long time tidak bersapa dengan elo bro.... are u ok??

NECKY said...

mbak EM...saya pernah tuh liat serombongan dokter2 sepuh ngumpul di kolam renang jalan2 di kolam. Saya pikir lagi cari benda yg tenggelam hehehehe. Mbak EM ...pasti bisa lah wonk kalau ngajar naik turun tangga khan?

NECKY said...

mbak monda...emang sakit apa nih???

NECKY said...

dey...saya dibilangin ga boleh terulang tuh tp sampean malah udh kena serangan dua kali... ayo donk minum obat entah yg herbal atau yg dari dokter yg penting tensinya kita kontrol....ayo pasti bisaaaa

NECKY said...

Alhamdulillah pakde kalau sekarang udh sembuh. Jangan mau kumat lagi yah .... buang jauh2 itu penyakit ga usah mampir2 lageee

NECKY said...

Nique.....memang dasarnya gw itu rada emosional. Tapi sekarang ini berusaha untuk mengontrol emosi dengan baik. Selama kita hidup memang delalu ada aja yg dipikirkan. Namun ternyata alam bawah sadar gw yg masih menyimpan hal tersebut. Akhir2 ini di bulan November emang ada sedikit permasalahan di kantor dan itu yg menyebabkan beban pikiran rada berat nih. Akhirnya kemarin eh tadi pagi gw memutuskan untuk undur diri dari hingar bingar organisasi. Semoga gw bisa lebih bisa mengontrol lebih baik lagi emosi ini.....

NECKY said...

hp yitno...iya bro efeknya nyata banget pas di akhir bulan karena mahal harganya .... :-)

NECKY said...

om enha...
3 - 30 - 3
akan saya inget...meskipun agak sulit diimplementasikan...tapi saya akan usahakan dan niatkan...akan dijalankan di tahun 2014

NECKY said...

mbak Susi...yg udah2 sih kalau udh enakan sedikit langsung lupa lagi utk hidup sehat.....

NECKY said...

mbak lidya....emang sangat sulit mengubah kebiasaan yg sudah lama kita lakukan lho tp bisa kita ubah koq asal mau aja ... :-)

niee said...

Semoga sehat selalu ya mas.. jadi memandang diri sendiri yang gak ada sama.sekali gaya hidup sehat :(