Saturday, 15 June 2013

Tips Memilih Gadget Baru

Dalam beberapa ke depan, saya harus merealisasikan tantangan memberikan gadget (sebenarnya sih notebook alias laptop) kepada anak apabila mereka bisa masuk di sekolah negeri. Sebenarnya sih bukan ingin memanjakan tapi bentuk reward yang bermanfaat. Ukuran SMP saja, banyak sekali tugas-tugas yang membutuhkan komputer. Meskipun saat ini sudah ada PC, tapi terkadang sering banget rebutan pakai komputer diantara anak-anak.

Hasil diskusi dengan teman kerja dalam menentukan pemilihan gadget nomor satu adalah BUDGET. Hal ini sangat penting karena semakin spefisikasi semakin canggih, semakin mahal pula harga gadget tersebut. Kita ga usah ngomong brand dulu deh. Range harga laptop itu dari 3 jutaan hingga belasan juta. Kalau gitu lebih mudahnya saya akan coba memberi tips deh untuk membeli notebook atau laptop sebagai berikut:


  1. Tentukan anggaran maksimal yang akan dikeluarkan untuk membeli. Hal ini sangat penting sebelum kita bicara yang lainnya.
  2. Berikutnya kita pilih Brand. Sebenarnya yang kita pilih adalah brand yang memiliki pasca layanan atau service center. Namanya barang elektronik itu tidak semuanya bagus alias pasti ada sattu atau dua unit yang reject. Siapa tahu yang apes itu kita yang dapaetin itu unit...mau tidak mau kudu antisipas lah.
  3. Tujuan pemakaian notebook untuk apa? Apakah hanya program-program aplikasi umum? ataukah ada program tertentu seperti aplikasi grafis? ataukah hanya untuk bermain game saja?
  4. Nah yang terakhir adalah spefisikasi teknis atau asesoris seperti built in speaker, web cam (kalau yg sekarang hampir semua sudah ada yah), dvd rom, besarnya RAM, dan sebagainya.
  5. Sesudah kita punya spesifik yang jelas, tibalah mencari tahu tempat yang menjual barang yang kita cari dengan harga yang termurah. Lewat internet adalah cara jitu mencari pembanding harga, selain jalan-jalan ke pameran atau pusat penjualan komputer. Saya tidak menyarankan lokasi yang jauh dari rumah karena kalau kita butuh bantuan setting notebook harus menempuh jarak yang jauh.
Nah semoga saja tips ini berguna bagi rekan2 yang sedang kebingungan tapi mau beli notebook ...hehehehe.

Hal yang sama kalau kita mau beli hape terbaru....saya pribadi sudah menentukan budget dari jauh hari sebelum membeli hape tersebut. Sama juga dengan notebook....merk hp yang ada saat ini di pasaran suangat banyak banget pilihannya. Kebetulan sekali karena saya bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan teknologi, untuk update teknologi tinggal dengarin teman2 di kantor saja....hehehehe.
Jadi....mau ganti apaan nih...?? untuk blogger Jakarta...besok hari terakhir Indonesia Cellular Show di Jakarta Convention Center....kalau mau cari hape...sampai ketemu dengan saya deh...karena ada deal yang menarik (kata temen...untuk brand tertentu...)

NE

8 comments:

yayats38 said...

Setuju pak kita harus bijak menentukan gadget khususnya laptop. Konon kata majalah PC Media secanggih apapun, lima tahun ke depan laptop yang kita miliki akan dianggap ketinggalan.
Memaksimalkan dengan menentukan kebutuhan lebih bijaksana daripada mengejar kecanggihan hanya untuk gengsi semata.
Trims Pak tipsnya.
Salam

nh18 said...

Tips yang OK pak Neck ...

Memang yang paling utama itu adalah ...
kita pake laptop/computer itu untuk keperluan apa ... dan kisaran harga yang ada pada kantong kita antara berapa sampai berapa ...

Baru deh hunting ... memilih ...

Salam saya

NECKY said...

iya kang...soalnya saya punya kenalan yg beli notebook canggih tapi ga dimaksimalkan fitur2 yg ada di notebook.... khan mendingan beli yang biasa2nya aja cukup...ga perlu yg canggih kalau emang ga dipakai

Lidya - Mama Cal-Vin said...

anggaran dan speknya yang paling penting ya pak

NECKY said...

om enha...cocoknya mah pake tab donk karena mobile terus khan? laptop mah udh ga cocok lagi....*kompor mode on*

NECKY said...

mbak lidya...kalau spek mah ngikutin anggaran aja...apalagi kalau maunya yg brand bagus...siap2 merogoh kantong lebih dalam

vizon said...

Intinya, jangan latah ya Bang.. Orang punya tablet pc, kita juga beli, padahal, kita cuma pakai buat fesbukan dan main game doang, hehe.. :)

NECKY said...

uda vizon....satu2nya gadget yg saya pikir belum worth it saya beli adalah tab. tadinya saya beli utk gantiin ps3 tp salah beli spek hahhahaha