Thursday, 7 March 2013

Nego Abiss

Akhirnya si Merah yang dipilih
Umur Honda Legenda 2 yang saya miliki memasuki tahun ke-10. Semakin hari semakin ada masalah yang muncul. Setiap bulan selalu ada yang mesti diperbaiki di bengkel, namun hingga saat ini motor tersebut masih menemani istri saya untuk mobilitasnya. Itulah sebabnya saya mencari-cari informasi sepeda motor yang kira-kira sesuai dengan istri.

Dari sekian macam merk yang ada seperti Yamaha Mio (beserta variannya), belum lagi dengan sepeda motor bebek macam Honda Revo, Yamaha Jupiter dan bebek lain yang sejenis, mengerucut kepada Honda New Beat dan Suzuki Nex. Keduanya memenuhi kriteria pemilihan yakni, tidak terlalu 'gendut' seperti Honda Spacy (namun bagasi motor ini bener2 mantap maklumlah namanya juga Helm-In). Motor jenis keduanya memang tergolong 'ramping' dan 'ringan' dalam handling (ini kata yang udh pakai lho)
Mulailah saya bergerilya mendapatkan informasi lebih dengna bertanya kepada pemakai motor merk ini (ceritanya nyari testimoni lah). Kelebihan dan kekurangan dari kedua merk ini, antara lain harga spare part, layanan purna jual, mesinnya ringkih atau tidak, hingga sampai harga pasaran motor second. Ribet banget ya mau beli motor aja kayak mau mengadakan penelitian. Saya ga tahu deh apakah orang lain melakukan hal yang sama? Minimal saya mendapatkan pengetahuan baru tentang seluk beluk per'motor'an dari sesama bikers.... hehehehe

Tibalah saat eksekusi untuk cari agen atau dealer yang bisa memberikan harga 'khusus'. Dari sekian agen atau dealer yang kami datangi ada seorang sales person yang menurut kami layak disebut sales 'sejati' karena beliau tidak memberikan janji yang muluk namun selalu bilang akan berusaha semaksimalnya. Bahkan beliau mau mendatangi rumah setelah kami telpon untuk menanyakan lebih detil untuk proses pembeliannya.

Si sales datang ke rumah dengan mengendarai motor Honda Scoopy berwarna Hitam Merah. Ini warna memang bagus banget. Permintaan warna merah untuk unit yang akan dipesan sudah dicatat, sistem pembayaran sudah disepakati. Namun tiba-tiba, anak-anak ngomong sama istri saya kalau Honda Scoopy keren juga yah. Namanya ibu, begitu si buah hati memberikan pendapatnya jadi goyah deh....hahaha.

Berbulan-bulan mencari informasi untuk merk apa....eh pada saat mau beli koq malah berubah pikiran? Namun karena yang mau pakai motor tersebut adalah istri saya. Ya sudah akhirnya HONDA SCOOPY juga yang akhirnya dipesan...... ;-).

Besoknya saat saya menunggu motor diantar...si sales menelpon kembali untuk memastikan warna dan keberadaan orang di rumah. Sekaligus dia menyampaikan bahwa harga scoopy itu lebih mahal sejuta,,, WHAT?? kemarin dia bilang sama harganya...weleh2...setelah saya ingat2 lagi sebenarnya emang harga scoopy yg lama dengan beat yang lama juga lebih mahal Scoopy.

Akhirnya saya memutuskan untuk beli New Beat aja dengan permintaan warna Merah (permintaan khusus Nafis si penggemar MU...).

" Tapi pak...warna merah lagi ga ada stock. Ada juga warna lainnya yang ready deliver."
" Oh...masalahnya anak saya maunya warna merah. Memangnya kapan datang lagi motor dengan warna tersebut" ujar saya.
" Bapak...lebih baik bicara dengan atasan saya deh" sambil memberikan telponnya ke orang tersebut.
" Ya...pak Necky, ada yang bisa saya bantu?" tanya atasan sales dengan jaim-nya.
" Ini pak, saya mau warnanya yang merah, tapi katanya lagi ga ada stock?"
" Betul sekali pak, kebetulan saat ini yang tersedia warna hijau, putih dan hitam"
" Terus...kapan bisa ada warna merahnya?"
" Ooh.....bisa dua hari. Tapi warna putihnya juga bagus lho pak" mulai merayu saya untuk mengganti warna
" Tapi anak saya maunya warna merah. Kalau dua hari kelamaan pak. Saya akan coba mencari di dealer lainnya deh" saya mulai sewot..wong yang punya uang khan siapa emangnya.
" Kami coba usahakan hari ini deh pak."
" Terus...saya harus tunggu sampai jam berapa anda bisa kasih kabar ke saya??" dengan nada yang mulai tinggi dan sedikit ketus.
" Paling lambat jam 2 akan kami kabarkan ke bapak" jawab si atasan sales dengan nada yang mulai melemah
" Baik...saya tunggu sampai jam 2, kalau ga ada kabar apapun saya akan cari di dealer lain."

Sambil berbasa-basi kemudia dia menutup telponnya. Si sales berusaha merayu saya kembali dengan mengirim SMS. Bahkan dia memberikan nomor telpon atasannya untuk koordinasi dengan saya. Tanpa tunggu lama saya membalas SMS yang menyatakan saya ga akan menelpon atau SMS atasan dia karena yang saya kenal adalah si sales. Kalau sampai jam 2 tidak ada kabar apapun, saya akan cari warnanya ke dealer lain.

Menjelang jam 2, ada telpon yang menyatakan motor pesanan saya sudah siap dikirim...(hehehehe), dia hanya ingin memastikan ada orang di rumah yang bisa menerima motornya. Dalam hati saya jadi teringat akan training Negotiation Skills. Materi training sudah saya terapkan dan ternyata semua itu buakn hanya teori semata sebab bisa diimplementasikan dengan baik... :-)

Well, yang penting pada saat nego adalah memastikan posisi kita. Apakah kita atau lawan kita yang di atas angin. Kebetulan banget, saya belum kasih uang apapun sehingga kalau saya pergi ke dealer lain ga ada kerugian apapun. Toh...masih banyak dealer lain khan???

NE

12 comments:

applausr said...

beginian memang sering dilakukan dealer untuk menjual warna warna yang tidak laku... harus ngotot kalau dirimu baru bisa dapet... :)

NECKY said...

iya pak rom....kudu nego abiss. Mereka pikir kita ga mau cari tahu untuk dapatin warna yg kita mau

nh18 said...

Berbulan-bulan mencari informasi untuk merk apa....eh pada saat mau beli koq malah berubah pikiran?

Saya ngakak baca kalimat ini ...

Yang jelas ...
Dari sini saya dapet referensi nih ... naek motor sepertinya solusi yang jitu untuk kemacetan Jakarta yang tiada habisnya ...

salam saya Pak Neck

NECKY said...

hahahaha...ember om enha, malah ada teman saya yang bilang kalau di Jakarta yang cerdas itu yang naik motor.....*jadi geer deh*

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalau saya waktu mau beli motor bingung pak ma merk apa, awalnay tertarik dengan scoopy tapi kok bodynya kurang ramping takut kebanting deh bawanya, padahal biasa juga bawa vario :)
akhirnya saya putuskan pilih beat eh delaernya gak bisa kasih kepastian yang cepat akhirnya saya beralih ke mio yang ready stock mengejar supaya tidak bayar iuran jemputan sekolah pascal :)

jasa riview produk said...

Sekali merah tetep merah ya Om..
hidup MU..!!

Elsa said...

kami masih punya honda astrea grand jaman duluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu banget loh... sampai sekarang masih nyaman dan iriit banget

meskipun penampakannya udah nggak banget

Sugeng said...

Wah legendanya seumuran dengan punyaku. Namun sayang legendaku akan berakhir ceritanya bersama diriku.
New Beat juga oke mas, tapi sayang kaki orang yang tinggi dan besar seperti diriku jadi tertekuk :D

NECKY said...

mbak lidya...emang gemes banget sama dealer yang mencla mencle ya mbak... hehehehe

NECKY said...

jasa produk review ...hidup Manchester City.....lho...itu biru yah?? hahahahaha

NECKY said...

elsa....legenda 2 itu khan astrea juga lho...Btw hebat euy masih bagus motor grand astrea-nya. salut...salut buat sampean.... top markotob

NECKY said...

mas sugeng...hari ini sang legenda yg telah menemani selama 10 tahun sudah berpindah tangan...hiks..hiks hiks.
Terus...bener juga tuh mas, kalau saya naik beat kakinya nekuk banget