Sunday, 2 September 2012

Menengok Orang Sakit

Awal bulan September ini saya menjalani hari Sabtu dengan mengunjungi orang2 sakit. Mulanya sih mau negngok satu orang saja namun rencana berubah hingga akhirnya pergi ke tiga tempat yang berbeda. Semua rencana berjalan seperti memang sudah ada yang mengaturnya.

Kunjungan pertama adalah ke RS di kawasan Jakarta Selatan ke arah Bintaro. Janjiannya sih sama lima orang, tapi hingga jam menunjukkan hampir jam satu siang baru nongol 3 orang aja. Kita bertiga bergegas ke kamarnya sambil bertanya kepada suster yang jaga apakah pasien ada di kamar atau sudah pulang. Hati kami sedih melihat kondisi pasien karena dia tidak mengenali kami. Bicaranya pun sulit kami pahami karena ternyata stroke yang menyerang dia menyebabkan syaraf berbicara dan sebagian memory-nya hilang.
Ingatannya sering hilang tatkala sedang berbicara kepada kita. Tiba2 dia menyalami kita semua dan berterima kasih sudah datang menengoknya padahal dia sudah melakukan hal yang sama sebelumnya. Sewaktu kami datang di kamar, si pasien sedang duduk diam menghadap ke jendela tidak ada yang mengunjunginya. Awalnya kita berpikir kalau dia 'dibuang' oleh keluarganya atas dasar keterangan suster yang kami tanyakan sebelumnya. Semuanya menjadi jelas tatkala beberapa lama kemudian datang rombongan keluarganya adik dan kakak2nya yang sangat sayang kepada sang pasien.

Kami menjelaskan kepada keluarganya bahwa kita semua adalah teman2 SMA si pasien. Merekapun sangat berterima kasih atas kunjungan kami kepada sang pasien. Kami semua sangat trenyuh tatkala si pasien tiba2 ingat kepada sang kakak perempuannya dan menangis sambil terduduk. Subhanallah, kita semua suka lupa bersyukur kepada sang Maha Pencipta yang sudah memberikan kesempatan sehat dan bisa beraktifitas seperti biasa. Sang pasien sebenarnya sangat eksis di dunia maya maupun dunia nyata. Ketidak hadirannya beberapa hari belakangan memang cukup dirasakan oleh beberapa sahabatnya. Kami berlalu dari rumah sakit dan pergi ke rumah teman untuk kunjungan kedua.

Untuk kunjungan kedua yang sakit sebenarnya adalah anak semata wayang dari rekan SMA kami. Baik sang istri maupun suaminya adalah teman baik kita semua. Meskipun sang anak sudah keluar dari rumah sakit beberapa waktu yang lalu ternyata mereka mecari second opinion dari dokter dan rumah sakit lain. Maksud hati mencari data untuk menenangkan hati, ternyata hasil pemeriksaan dari dokter terakhir menyatakan bahwa sang anak harus segera di operasi. Tumor di kepalanya sudah membesar dan sudah menembus tengkorak (ada hasil CT Scan-nya). Kita semua yang mendengarkan langsung lemas mendengarkan penuturan teman kami.

Awalnya teman2 kami ragu untuk mengoperasi sang anak namun setelah berbicara panjang lebar dengan si anak, justru si anak yang menginginkan segera dioperasi karena sudah tidak tahan sakit kepalanya. Kalau sedang kena serangan, si anak jadi muntah2 saking ga kuat menahan sakitnya. Akhirnya pembicaraan kita alihkan untuk bicara tentang pasca operasi aja...hehehehe. Serem banget dengar cerita2nya. Bikin ngilu hati apalagi kalau diingat si sakit adalah anak tunggal mereka.

Terakhir, saya mengunjungi kakak yang terbaring di RS karena empedunya bermasalah akibat makan enak pasca lebaran kemarin. Seharusnya menjalani diet makanan yang berlemak tapi kakak tidak menjaga asupan makanannya selama kunjungan silahturahim.

Dari satu kunjungan ke kunjungan lain, makin membuat saya pribadi merasakan nikmatnya hidup sehat dan masih bisa berinteraksi dengan  teman kantor, teman dunia maya, keluarga, dll. Nikmat seperti ini yang sering kita lupakan, untuk itu agar kita tidak lupa...sering2lah menengok orang sakit agar kita semakin bersyukur nikmat SEHAT....

NE

24 comments:

alamendah said...

Sehat itu memang sangat nikmat dan berharga. gak usah sakit yang berat-berat, saat ini saya sedang flu dan pilek saja sudah sangat mengganggu dan beberapa aktifitas musti tertunda.

evi said...

Mudah2an kita selalu sadar sehat dan tidak menunggu jatuh sakit baru kesadarannya ditegakan ya Mas Necky..Kasihan mereka yang sakit...bukan hanya untuk dirinya pribadi tapi juga keluarganya. Semoga mereka lekas sembuh

imelda said...

Sehat memang sulit dipertahankan, karena namanya manusia, meskipun sudah dijaga kadang masih juga sakit. Tapi sebetulnya ada penyakit-penyakit yang awalnya timbul karena keteledoran kita sendiri, yaitu terlalu mengikuti keinginan... segala sesuatu yang terlalu memang tidak baik.
Semoga yang sakit cepat sembuh, dan yang sehat tetap menjaga kondisinya sebaik mungkin.

tabik
EM

Lidya - Mama Cal-Vin said...

perlu mensyukuri nikmat sehat ya pak. kemairnsaya gak bisa blognya pak necky nih

nh18 said...

Terima kasih pak Neck ...
Ini sungguh pengingat yang sangat baik ...
Bahwa janganlah kita pernah melupakan nikmat yang diberikanNYA pada kita ... nikmat SEHAT ...

Dan betul sekali ...
kunjungan ke kamar pasien itu ... sedikit banyak diharapkan bisa menjadi penghiburan bagi si Pasien ... dan tidak tertutup kemungkinan ... si pasien jadi lebih bersemangat untuk sembuh

Keluarga pasien pun akan merasa bahagia karena mereka merasa diperhatikan ...

salam saya pak Neck

Boll said...

semoga kesehatan selaal;u menyertai kita semua mas

salam kenal ya mas ^^

obat diabetes herbal said...

amin

dey said...

semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan bisa menjaganya .. AMIN

Best Business Brands said...

Keuntungan bagi orang yang menengok orang sakit adalah ia akan dijauhkan dari neraka sepanjang 7 tahun perjalanan. ( Abu Daud ) 2.

Orin said...

Nikmat sehat itu memang 'sesuatu' bgt ya mas... Semoga kita selalu bisa mensyukurinya, Aamiin

Abi Sabila said...

Sesungguhnya ujian sakit yang diberikan kepada mereka adalah ujian kita juga, baik sebagai keluarga, kerabat ataupun sahabatnya, bagaimana kita peduli kepada mereka dan mengambil kesempatan untuk beramal dan mengambil pelajaran darinya.

niee said...

iyaa.. ini memang satu pengingat yg baik bahwa kita harus sering sering bersyukur dengan nikmat sehat itu ya mas :)

dmilano said...

Saleum,
dengan mengunjungi orang sakit merupakan pelajaran langsung bagi kita agar tidak men sia - siakan waktu sehat yg kita punya. Ini jg peringatan untuk diriku pribadi yg kadng masih ''buas'' dgn makanan enak

NECKY said...

betul banget mas Alam...hanya kuku yang patah aja bisa bikin bubar semua acara yg udh kita rancang yah

nicamperenique said...

menengok teman/kerabat yg sakit menjadi pengingat bagi kita ya mas
agar konsisten menjalani hidup sehat
agar bersyukur terhadap semua yg didapat hari ini.

apalagi sekarang ini penyakit yg biasanya datang di usia tua, eh di usia muda juga pada banyak yg kena :(

semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, aamiin

agen trica jus semarang said...

GWS sob .

berita terbaru said...

mantabs yah blognya saya salut dengan blog anda

agen trica jus bandung said...

baik hati banget mau nengokin oang orang ..
get well soon aja yah .

chocoVanilla said...

Selain bersyukur, kita juga harus menjaga pola hidup sehat ya, Bang. Dan ternyata menjaga kesehatan adalah hal yang cukup sulit (bagiku, dan ternyata aku pun sakit :cry:).

Semoga semua yaang sakit diberi kekuatan dan kesembuhan. Dan bagi yang sehat diberi kesadaran dan kerendahan hati :D

obat tradisional sakit maag said...

ikut nyimak artikelnya.,.,.,. gan

penyembuhan penyakit kutu kelamin said...

nice post.,.,

penyembuhan penyakit glaukoma said...

nice post gan.,

cara mengobati penyakit kanker mulut said...

kunjungan sore salam kenal.

cara mengobati penyakit kanker nasofaring said...

Sehat itu memang sangat nikmat dan berharga. gak usah sakit yang berat-berat, saat ini saya sedang flu dan pilek saja sudah sangat mengganggu dan beberapa aktifitas musti tertunda.