Thursday, 30 August 2012

Dewasa lah

Pada tulisan terakhir saya membahas tentang peraturan dan petugas, nah untuk yang sekarang saya tiba2 mau menulis tentang kedewasaan seseorang. Apakah dewasa itu identik dengan umur? semakin bertambahnya umur seseorang maka semakin dewasa lah orang tersebut. Pameo ini adalah sering kita dengar dari orang2 khan?? Namun apakah kedewasaan seseorang itu berdasarkan umurnya??

Anak saya yang paling besar sampai pernah bertanya tentang seseorang yg kebetulan kita sama-sama menjadi friend di FB. Menurut Nedia, orang tersebut seperti ABABIL (abege labil) karena status-status di FB yang orang tersebut buat. Hingga akhirnya Nedia memutuskan unfriend aja dari pada malu sama temen2nya padahal orang tersebut udh punya banyak anak lho. Jadi pameo tersebut tidak terlalu tepat menggambarkan kedewasaan seseorang bukan?
Saya berusaha untuk terus berpikiran positif kepada pemimpin2 rakyat baik yang di pemerintahan, dpr, bumn, dsb. Saya agak bingung kalau kemudian membaca berita (terlepas apakah berita itu valid atau tidak) bahwa pemimpin mudah marah dan mudah ngambek. Belum lama ini mantan wagub DKI Prijanto, melaporkan ke KPK tentang adanya indikasi korupsi di pemerintah DKI yang notabenenya mantan pimpinannya dia sendiri. Saya tidak tahu motif sebenarnya apa namun bisa dibuka website resminya beliau disini untuk lebih jelasnya.

Hari ini, saya membaca berita di media online ada seseorang yang melaporkan calon gubernur DKI lainnya karena terindikasi korupsi di daerahnya (baca: Solo). Sayapun tidak mengetahui latar belakang si pelapor terakhir dan motifnya. Namun saya menjadi suudzon saja karena laporan itu terkait waktu terjadinya tahun 2010 lalu kenapa juga baru sekarang yah dilaporin ke KPK???

Seorang pimpinan yang 'kuping'nya tipis, dan tidak siap dikritik dan menerima saran dari orang  lain sudah makin tidak dapat tempat pada masa kini karena pada masa sekarang ini tipe pemimpin seperti itu diangap tidak dewasa. Jangankan menjadi bijak, lha untuk menerima sesuatu yang berbeda dengan pendapatnya aja sangat sulit sekali.

Saya yakin, untuk ke depannya, rakyat akan memilih pemimpin sangat dewasa yang bisa menjadi panutan dan keteladanan bagi rakyatnya sendiri. Mau mendengarkan keluhan masyarakat namun tetap tegas dalam membuat keputusan yang menguntungkan banyak orang. Seorang pemimpin yang berhasil akan selalu dikenang oleh orang2 yang dipimpinya meskipun yang bersangkutan sudah bukan sebagai pimpinan formal namun hati orang2 akan selalu mengenang bahwa dia merupakan pimpinan di dalam hatinya. Boleh donk share, siapa 'pimpinan' yang menurut anda itu berhasil memimpin. Boleh juga Ketua RT atau Ketua Lingkungan sekalipun.

NE

NB: bukannya saya mau promosi, tp ini ada link salah satu calon Gubernur DKI yang menurut saya serius dibuatnya.

12 comments:

nicamperenique said...

hehehe sudah nonton saya videonya mas, keren abis yah

yaahh ... soal ada yg dilaporkan mah, kita liat aja deh nanti. rakyat juga bisa apa, paling juga mendoakan sajalah.

Nchie Hanie said...

Dewasa tuh di lihat dari cara pemikirannya Bang..
Nah Yang Umurnya Tua kadang bisa kalah sama yang Muda2 yang bisa berfipir lebih dewasa....

dey said...

Dewasa bisa terbentuk karena lingkungan & jalan hidup yg dilaluinya. Dan tidak tergantung umur.

Soal pemimpin, hmmm ... siapa ya ..

NECKY said...

nique...serius buatnya tapi lucu abiss yah hasilnya??

NECKY said...

nchie...elo sendiri udah dewasa khan?? hehehehehe

NECKY said...

dey...gw setuju banget...kedewasaan tumbuh karena lingjungan dan jalan hidup yg dilaui orang tersebut....

bang opick's said...

kalau saya setuju setuju aja yah

yadibarus said...

umur tidak menentukan kedewasaan seseorang. Pemimpin yang baik bukan harus senior, tapi yang dewasa.

DewiFatma said...

Saya teteup nge-fans ama Bung Karno, bagi saya beliau seorang pemimpin yang cukup berhasil dan juga tegas hingga pada jaman beliau, Indonesia disegani sama lawan dan kawan. Amerika aja dilawan kok..

Lagipula beliau ganteng sih..hihi..

niee said...

jadi dewasa kepada orang yg satu belum tentu.dewasa pada orang yg lainnya mas? kan berdasarkan pendapat pribadi masing masing?

niee said...

jadi dewasa kepada orang yg satu belum tentu.dewasa pada orang yg lainnya mas? kan berdasarkan pendapat pribadi masing masing?

chocoVanilla said...

Kalo udah gak ngambekan dan gak mudah galau berarti dah dewasa, Bang :P