Thursday, 19 April 2012

Mandi Air Panas (Belerang)

Gara-gara baca tulisannya Nique yang terakhir tentang liburannya dia, saya jadi mau ceritain aktifitas yang tidak biasa saya lakukan yakni pergi tanpa planning yang matang. Namun sebenarnya rencana ini pernah saya dan istri bicarakan juga walau belum ditentukan tanggalnya.

Rencana itu adalah, ingin mandi air belerang dan berdasarkan pengalaman saya pernah mandi belerang di Ciater (Subang), dan Cipanas (Garut). Keduanya udah jadi target tempat yang akan dikunjungi saya dan keluarga apabila mau jalan-jalan. Ke Ciater batal karena waktu awal2 bulan Februari kemarin cuacanya menurut salah seorang blogger Lembang (Dey) saat itu kurang bersahabat.

Begitu pula dengan rencana ke Garut di bulan Maret tidak jadi terealisasi karena alasan teknis yang tidak bisa dihindari sama sekali padahal kali ini saya udh minta informasinya sama mbak Irma untuk hotelnya.... hiks hiks hiks...
Hingga akhirnya saya mendapatkan info mandi air belerang yang tidak jauh dari Jakarta yakni di G. Pancar (Sentul) dan di Ciseeng (Parung). Setelah saya melakukan broswing untuk dapatkan informasi akhirnya untuk saat ini saya mengajak keluarga akan pergi ke Ciseeng saja. Mengingat lokasinya paling dekat rumah dan lokasinya mudah dicapai.

Akhirnya beberapa hari yang lalu, selepas sholat subuh saya bilang ke istri untuk pergi hari itu. Sementara dia beres2 keperluan berangkat...sayapun mengajak anak-anak saya untuk bangun pagi dan bersiap untuk pergi. Sambil menunggu anak2 bersiap, saya dan istri membuat rencana hari itu mau kemana saja. Saya pikir kalau cuma main air belerang doank...bisa2 ga fun nih apalagi saya juga belum tahu suasana di lokasi pemandian.

Trio N di Puncak


Sebelum berangkat, saya memutuskan untuk pergi ke Puncak dulu untuk cari udara segar dan makan siang baru kemudian ke pemandian di Ciseeng Parung. Sepanjang perjalanan menuju Puncak penuh dengan canda dan tawa semuanya. Meskipun keadaan menuju Puncak cukup macet di beberapa titik tapi tidak menyurutkan niat saya pergi ke sana. Sambil di jalan, saya sendiri ga tahu mau berhenti dan makan siang di mana. Tiba-tiba saja, saya teringat dengan restoran Rindu Alam. Di tempat ini kenangan saya bersama ibu sungguh sangat banyak dan mengesankan.

Akhirnya Rindu Alam saya pilih untuk menjadi tempat makan siang dan beristirahat sambil melihat pemandangan puncak. Meskipun kita ga lama di sana tapi sempat beberapa foto kita abadikan meskipun hanya pake kamera hp doank. Perjalanan berikutnya adalah ke Ciseeng dengan tujuan adalah mandi air belerang.

Sempat ga yakin dengan petunjuk jalan menuju tempat itu, akhirnya dengan yakinnya saya lewat jalan raya Parung, Bogor sambil lihat-lihat petunjuk belok ke ciseeng. Meskipun GPS ada tapi berhubung belum sempat eksplore kecanggihan alat tersebut, saya mendapatkan juga jalan belok menuju ke lokasi.  Hanya bertanya satu kali saya akhirnya sampai juga di tempat tersebut.

Masuk ke area bayar Rp.2000 untuk sumbangan desa.
Masuk parkir bayar Rp.3000 untuk retribusi kendaraan
Masuk lokasi Tirta Sanita (nama tempatnya) 3xRp.8000 + 2xRp.6000
Masuk tempat pemandian (VIP) dikenakan charge Rp.10.000 per orang

Saya sempat bingung dengan lokasi pemandian ini, sebab tidak sesuai dengan gambaran di benak saya dan foto di internet. Setelah bertanya beberapa kali akhirnya saya menemukan satu2nya lokasi pemandian air belerang yang dibuka yakni kamar mandi VIP. Kamar mandi yang standar saat itu sedang dalam perbaikan. Jadi meskupun tidak banyak orang datang, kitapun tetap mengantri.

Ternyata...tempat mandi air belerangnya.....ya bener2 tempat mandi dimana di setiap kamar mandi ada tempat seperti bath tube yang sudah diisi penuh air belerang. Airnya mengalir terus lewat selang yang sipasang untuk mengsisi bath tube tersebut. Meskipun sangat sederhana, saya dan keluarga cukup enjoy dengan kondisi tersebut.

Ternyata bawa liburan keluarga tanpa rencana yang matang cukup menghibur diri dan excited banget deh.

NE

26 comments:

Mama Olive said...

Ciyee..yang dah liburan..
Ga ngajak2 eung..

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalaudigarut saya pernah mandiair panas didaerah cipanas pak

obat kanker paru-paru alami said...

liburan ke cipanas emang enak banget buat relaksasi,,,

Jurnal Transformasi said...

Tempat mandinya bersih gak sih Mas? Pengen nyoba juga kesana soalnya...

Cut Maha Ratu said...

Duuh..kangen sama restoran rindu alam! udah brp belas tahun nggak kesana yaa? dulu waktu tinggal di bandung masih sering tuh lewat puncak dan mampir kesana. suasananya memang asik banget. btw fotonya di share dong...biar gak penasaran:-)

irmarahadian said...

kata temen, mandi air belerang bisa menghilangkan gatal-gatal juga kok pak....

nicamperenique said...

aihhh jadi pengen ke Ciseeng, berdua aja xixixi ... vip kan? eh tapi diantri ya? Ga seru dong hahaha

NECKY said...

nchie....ini namanya liburan mendadak karena ga pake persiapan mateng.....langsung berangkat aja pas bangun tidur....hehehe

NECKY said...

mbak lidya...iya emang bener di Garut asik banget...makanya pengen ke sana lagi nih....*ngumpulin recehan dulu biar bisa pergi kesana...*

NECKY said...

mbak evi...kalau kamar mandinya sih bersih koq...tapi tempat Tirta Sanita yang kurang terlihat durus dengan baik...

NECKY said...

mbak cut...ini aku upload satu foto biar tambah penasaran.... hehehhe

NECKY said...

mbak irma...maksud hati sih...begitu karena anak saya ada yg alergi kalau kena debu...plus keringat...

NECKY said...

Nique...sayangnya ga boleh masuk berdua antara laki2 dan perempuan meskipun suami dan istri....kenapa? karena nanti buat ngiri yg lain.... hahahahaha

monda said...

di Kuningan juga enak pak, mana tau masih pengen ke lain tempat
ada di jl Sangkan Urip, di sepanjang jalan itu ada beberapa hotel Dan juga pemandian umum yang berair panas
yg pernah kucoba di hotel Grage, ada fasilitas kolam renang plus spa

kalau mau yg jauh sekalian ke kampungku Aja juga boleh di sumut sana he.. he...

nh18 said...

Sepertinya saya pernah menyimak di salah satu TV ...
reportase mengenai pemandian ini ...
dan memang yang dijual adalah ... bener-bener mandi belerang ...

Katanya bisa menghilangkan penyakit kulit-capek-pegal dan sebagainya

Anak Gadisnya pak Neck udah gede banget yak ... (Nedia kalau tidak salah kan namanya?)

Salam saya

nh18 said...

Sepertinya saya pernah menyimak di salah satu TV ...
reportase mengenai pemandian ini ...
dan memang yang dijual adalah ... bener-bener mandi belerang ...

Katanya bisa menghilangkan penyakit kulit-capek-pegal dan sebagainya

Anak Gadisnya pak Neck udah gede banget yak ... (Nedia kalau tidak salah kan namanya?)

Salam saya

Imelda said...

hampir setiap kami pergi itu tanpa perencanaan loh..... kecuali kalau pergi ke luar kota yg harus menginap. Tapi enaknya ya sambil jalan juga bisa pesen hotel lewat HP sih.

bunda Lily said...

pergi tanpa perencanaan, sesekali boleh juga nih ngikutin Necky :)
yg penting enjoy dan tetap happy ya Necky

duh, itu Nedia dah gadis banget , cantik lagi ....
salam

Clara Croft said...

Saya kog ya ga berjodoh dengan tempat2 yang Pak Necky sebut itu ya? Beberapa kali pengen ke sana batal terus karena satu dan lain hal. Mungkin nanti harus diniatin dengan suami kali ya :D

Karimunjawa said...

Saya cium beleran cuman di Wonosobo deh kayaknya :(

Bintang said...

Iya Necky, saya juga nyesel Necky dan keluarga nggak jadi datang ke Garut, soalnya saya mau pamer indahnya Cipanas plus hotel yang saya rekomendasikan itu...hehehe, nggak apa-apa deh, siapa tau Necky mau berpanas-panas tanpa air, Necky bisa datang ke Surabaya, dijamin kepanasan beneran deh... :D

NECKY said...

mbak irma...emang udah ga digarut lagi yah?? saya rencananya teteup mau kesana koq mbak. Tapi belum nentuin tanggalnya....kalau udah ga di garut....menyesal deh hiks hiks hiks

NECKY said...

bunda lily....nanti nedia jadi ge er kalau baca ini lho.... hahahahaha

NECKY said...

om enha...khasiatnya ga ok nih. lebih mantap di tempatnya mbak irma *kalau masih di garut*

dey said...

lho, kirain jadi ke ciater.

gpp deh, yang penting sama2 mandi air panas ...

bocah said...

asyiknya berendam di air hangat