Wednesday, 29 February 2012

SIM

Tadi siang saya mengantarkan rekan yang ingin memperpanjang pajak STNK motornya di gerai SIM dan STNK. Tepatnya di bilangan pertokoan blok M. Sambil menunggu teman memproses perpanjangan STNK, saya iseng jalan-jalan ke gerai memperpanjang SIM. Baca prosedur, syarat-syarat, hingga biaya yang dibutuhkan dalam proese perpanjangannya.

Kami terlibat seru dalam pembicaraan seputar SIM dan STNK saat menunggu di ruang tunggu. Hingga akhirnya saya bertanya kapan berakhirnya masa berlaku SIM teman saya, kemudian dia pun mengeluarkan SIM untuk memastikan.....

"Tahun 2015 ...berakhirnya SIM gue. Kalau elo kapan??" sambil bertanya balik ke saya.

"SIM saya habisnya tahun depan" jawab saya dengan sangat yakin. Namun begitu saya tetap mengeluarkan SIM untuk membuktikan omongan. Ternyata setelah saya baca masa berlakunya telah berakhir tahun 2011 kemarin.Untung banget selama ini ga pernah berurusan dengan polisi sehingga tidak ada masalah deh.

Karuan saja akhirnya saya menanyakan apakah bisa memperpanjang ditempat tersebut karena alamat di SIM dan di KTP sudah tidak sama. Jadi SIM A Jakarta dengan alamat Tangsel. Dan ternyata saya bisa memperpanjang SIM di sana. Menurut petugas yang ada di sana, untuk SIM yang dibuat di Jakarta bisa diperpanjang di gerai tersebut meskipun sudah berubah alamat ke Depok, Tangerang maupun Bekasi (kecuali Bogor)

Cepat-cepat saya melengkapi semua persyaratan yang ada untuk segera diproses perpanjangan SIM dengan alamat yang baru. Semuanya berlangsung dengan cepat karena saya ga enak kalau sampai teman saya yang malahan nungguin saya. Wong niatnya nemenin bukannya minta ditemenin....hahahahaha.

Sambil menunggu proses penyelesaian perpanjangan, saya melihat ada orang yang ditolak memperpanjang SIM karena SIM Bekasi (dikeluarkan  di Bekasi). Trus saya jadi bertanya-tanya dalam hati, bukankah tadi bilang sama saya bisa memperpanjang tapi koq bilang sama orang tersebut tidak bisa memperpanjang.
Kegundahan saya akhirnya terbaca oleh petugas di sana, bahwa kalau SIM dikeluarkan di Jakarta dan berganti alamat jadi non Jakarta (kec. Bogor) mereka bisa memprosesnya. Sedangkan kalau SIM dikeluarkan di Bekasi ya harus memperpanjang di Bekasi, begitu seterusnya.

Nah sekarang coba liat SIM atau KTP masing2, apakah memang masa berlakunya masih ada atau jangan2 seperti saya yang sudah lewat tanpa tidak disadari sama sekali.....

NE




29 comments:

vizon said...

KTP dan SIM saya baru saja diperpanjang di tahun 2011 kemarin Bang Necky. Jadi, aman... Kalau STNK, baru saja di bulan Januari kemarin..

Btw, harga yang dibayar, sama dengan yang dicantumkan, bukan? haha... :D

nicamperenique said...

SIM-ku udah hangus lama mas :D
gara2 ketilang, terus pas mo ngambil ga ada simnya ya udah jadi males lah. :(
tapi ini stnk perlu diperpanjang hiks ...

Imelda said...

aku malah ingin buat SIM baru, karena SIM A jakartaku sudah habis sejak kapan tau. Eh tapi baru sadar bahwa sejak tahun lalu aku tidak punya KTP Jakarta lagi...hiks...
Papa yang menghentikan KTPku krn berhubungan dgn NPWP segala.

Nh18 said...

Ups ...
Langsung buka dompet ...
STNK ? Ammaaaann ... Hawong aku pake mobil dinas hehehe

SIM ?
18 september 2012 ... Tinggal 7 bulan lagi ...
Dan sepertinya saya harus ke sam sat tang sel nih

Salam saya pak neck
Terima kasih sudah mengingatkan

Nchie said...

SIM..ampe 2014,masih aman..
Cuma nanti aku kalo perpanjangan agak ribet juga BAng..

Soalnya SIM sekarang masih pake alamat kotamadya,KTP nya dah abis..
Mau ganti sesuai KTP baru agak ribet,mesti ke soreang juga..

MAsih lama kaan..

Orin said...

masih aman dua2nya mas, cuma STNK motor yg dipake suami nih, harusnya diperpanjang tapi BPKBnya blom ketemu qiqiqiqi

niee said...

kalau dirumah bapak selalu ingetin soal sim dan ktp ini mas.. lah anak sama istrinya cuek deh..

soal sim C aku matinya tahun ini.. jadi sblm ulangtahun harus memperpanjang.. kalau sim A masih 2014 bgt juga dg paspor.. nah klo KTP sbnrnya thn ini juga.. tapi kita dpt ektp gak perlu memperpanjanv kan yak? *bgung juga*

mechta said...

ah...ternyata SIMku masih sampai tahun depan...masih aman.. :)

irmarahadian said...

alhamdulillah....
sim & ktp msh lama jatahnya pak...
2013...
santai dlu....hehehe

monda said...

Kejadian tahun kemarin, KTP,ketauannya juga pas lagi urus surat2 dinas
Kupikir masih tAhun depan, rupanya udah telat sebulan

Bintang said...

Necky...saya juga pernah punya KTP dan SIM yang udah lewat masa berlakunya. Saking rapinya dua benda itu disimpen di dompet, jadi saya nggak pernah nge-cek kapan harus memperpanjang KTP atau SIM itu.

Eh, eh...ternyata Necky juga punya pengalaman yang sama ya!

NECKY said...

Uda vizon kayaknya sih saya bayar sesuai dgn tarif deh. Totalnya 135 atau 125 untuk sim A, sedangkan untuk sim
C lebih murah 5 ribu

NECKY said...

Masih punya copy sim-nya ga nique? Kalau masih ada buat baru aja tp ga usah tes lagi. Paling kena denda aja karena telat.
Stnk kena pajak progresif ga?

NECKY said...

Uenaknya pakai mobil dines. Kala stnk abis pajaknya tinggal minta dibayarin deh....heheehehehe.
Om samsat tangsel yg di gaplek bukan yah?

NECKY said...

Mbak irma ternyata kena senasib nih. Kita terlalu rapih simpen sim sampai ga pernah lihat expired date nya...hahaha

NECKY said...

untung pas perpanjangan pake alamat tangsel ga masalah krn awal buatnya di dki sih...:-)

NECKY said...

yakin nih? udh dilihat expired date nya khan?

NECKY said...

mudah2an ketemu deh bpkb nya karena ribet banget tuh ngurusnya.

Elsa said...

SIM masih lama..
tapi kalo paspor nih yang usianya dalam hitungan bulan aja

NECKY said...

elsa...paspor kurang dari 6 bulan ngga bisa ke luar negeri lho :-)

Anonymous said...

mau tanya gan kalau ane ktp cirebon tp mw perpanjang sim A d bandung bs ga.?soal nya kemaren ane liat ada biro jasa melayani perpanjang sim dan stnk se jawa barat.

Ajum Jumena said...

aduuh...sy lihat udah telat 4 hari yg lalu...apa masih bisa di perpanjang ... tolong infonya.segera terima kasih....?

Anonymous said...

Nasib SIM saya sama ama TS tp nasib peruntungan beda, SIM DKI - KTP BEKASI, krn emang awalnya ktp dki, trus pas perpanjang udah ktp bekasi, waktu itu perpanjang di pameran INDODEFENCE 2008 Halim jakarta, tp kemarin di tolak perpanjang di mobil, disuruh mutasi ke bekasi.. hik hik hik.. ini adalah perpanjang ke2.

azo Lucky said...

mohon informasinya, saya sim C jakarta tetapi KTP bekasi apakah bisa diurus perpanjangan sim c di gerai dengan berbeda alamat.. jika bisa.. nanti alamat yang tetera di sim C yang baru, apakah alamat data yang lama(jakarta) atau alamat ktp (bekasi)? mohon dibalas pak..

Muhamad. Fauzi said...

Sy ikut ujian teori 3 kali tidak lulus.tapi hasilnya cukup aneh.yang pertama 14 lalu ujian ulang kedua 17(masih wajar) dan yg ketiga 11.(sungguh aneh).padahal sy cukup hafal dengan soal yang ada.anehhhhhhh

Muhamad. Fauzi said...

Sy ikut ujian teori 3 kali tidak lulus.tapi hasilnya cukup aneh.yang pertama 14 lalu ujian ulang kedua 17(masih wajar) dan yg ketiga 11.(sungguh aneh).padahal sy cukup hafal dengan soal yang ada.anehhhhhhh

Muhamad. Fauzi said...

Cape ikut ujian teori 3 kali kaga lulus

Muhamad. Fauzi said...

Cape ikut ujian teori 3 kali kaga lulus

CaraSim said...

artikel menarik
jadi tahu tempat sim sekarang
terima kasih ya