Monday, 10 October 2011

Dilema

gambar ambil dari sini
Tahun ini motor Honda Legenda 2 sudah menemani 8 tahun. Meskipun hanya sebuah motor bebek kelas low end tapi jasanya motor ini sudah tidak terkira. Mulai dari bawain puing-puing untuk menguruk tanah waktu pembangunan rumah hingga mengantarkan anak-anak sekolah.

Motor ini memang terkenal "bandel" alias tahan banting. Apalagi saat baru dibeli, orang yang pakai motor ini ga terhitung jumlahnya. Wal hasil motor ini lecet sana lecet sini, padahal umur motor ini belum lama. Akhirnya saya putuskan agar orang yang akan mengendarai motor ini harus melewati cek dan ricek saya dulu (daripada makin parah wajah motor ini?) alias minta izin dulu.


Sejak si kakak masuk SMP, perjalanan motor Honda ini makin tinggi jam terbangnya belum lagi antar jemput adik2nya. Total jendral bisa 60 km ditempuh hanya untuk antar jemput saja (belum termasuk kalau dipakai ke tempat lainnya). Ingin rasanya meremajakan motor ini dengan merk-merk terbaru seperti Yamaha Mio atau Honda Vario (adiknya Honda Beat juga boleh sih) tapi koq masih ada perasaan gimana... gitu, karena apabila dipakai dalam jarak jauh motor Legenda ini sudah tidak nyaman sama sekali.

Pas kemarin nonton iklan motor Honda Spacy jadi tergoda untuk menggantikan kedudukan Honda Legenda yang telah setia menemani saya setiap pagi ke stasiun selama ini. Keinginan mengganti motor sudah sangat tinggi apalagi kalau mengingat ketidaknyamanan jika menempuh jarak jauh. Di lain sisi, berarti saya harus menyisihkan cicilan per bulannya. Padahal saat ini sedang berupaya menyisihkan penghasilan untuk persiapan kakak masuk SMA *mau masuk negeri maupun swasta tetap aja biaya tinggi*

Dilema antara keinginan dan kebutuhan sering sekali membuat kita pusing sendiri. Lain halnya kalau pilihannya adalah keinginan untuk produktif (bukan konsumtif), memilihnya jauh lebih mudah. Kapan terakhir rekan blogger punya dilema seperti ini?

NE

25 comments:

niee said...

aku dilema pas kemaren mau ganti hp atau gak.. hehehe..

btw mas.. honda.speicy kayaknya gal bgs deh mas..

niee said...

aku dilema pas kemaren mau ganti hp atau gak.. hehehe..

btw mas.. honda.speicy kayaknya gal bgs deh mas..

ded said...

Dilema itu selalu silih berganti Mas, habis yang satu datang lagi yang lain. Tapi memang kita hidup ditakdirkan untuk memilih Mas. Jadi jalanin saja... :)

fitrimelinda said...

aku dilema sebelum lebaran kemaren mas..

dilema antara mo memperbaiki yg lama apa beli yg baru..

alamendah said...

Kadang saya juga dihadapkan pada dilema "keinginan" vs "kebutuhan". Btw, lantaran kantong juga gak terlalu tebal akhirnya memilihnya agak lebih mudah. :)

Sugeng said...

Hidup ini adalah pilihan. Intinya kita harus pandai bersiasat dengan dilema tersebut. Tapi koq motornya sama dengan punyaku mas, legenda2 ku sudah menemainku sekitar 9 tahuan dan odometernya sudah overspeed kembali ke 5000 lagi. :D


Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

nh18 said...

Kapan saya punya dilema seperti ini ?
Sekarang Pak Neck ...
Cuma naturenya agak lain ...
Yang satu menemani ibu yang sendirian di rumah ...
Yang satu lagi mendampingi anak-istri ...

:)

Bagaimana kalau legenda jangan dijual ... tapi nabung sedikit-sedikit untuk si Spacy ...?
(dan pak Neck pun berkata ... Itu sih maunya saya juga Ommm ...) ...

Salam saya Pak Neck

bundadontworry said...

kadang memang dilema juga ya Necky
disatu pihak ingin ganti motor, tapi disisi lain, ingin menabung juga utk anak2 sekolah .

terakhir bunda mengalami ini, waktu mau renovasi rumah, yg udah banyak bocor dimana2, tapi anak mau masuk kuliah yg biayanya gak murah , malah mahaaaal bang get ...hedeh hedeh...terpaksa ditunda deh, renovasi kebocoran.
dan, ada untungnya juga ternyata musim kemarau panjang, jadi gak kebocoran, krn gak hujan....hehehe....
salam

umilatifah said...

kadang kita hanya bisa jadi penonton dalam opera yang sebenarnya kita bisa jadi pelakunya. salam kenal dari kudus mas

NECKY said...

niee...tampilan honda spacy sebenarnya sama dengan honda beat, tapi honda spacy punya bagasi buat helm....emang warnanya okeh banget tuh...

NECKY said...

uda ded...emang sih akan datang silih berganti... tapi kalau yg ini gimana gitu.....hehehe

NECKY said...

fitri...jadinya milih yg mana tuh??

NECKY said...

kang alam...sebenarnya terjadi dilema ya karena kantongnya ga tebal...kalau punya kantong tebal khan ga perlu bingung2 milihnya....:-)

NECKY said...

mas sugeng...honda legenda 2 memang 'bandel' khan? alias tahan banting....!!?!?!

NECKY said...

om enha memang selalu punya solusi yg top markotob...hahahaha..
btw...si ibu ajak tinggal di rumah aja om? insya Allah istri akan mendukung. Kapan lagi kita mengurus orang tua kita? Mumpung masih ada, dan kita bisa merawatnya....

NECKY said...

bunda...kalau masalah rumah ga akan ada habisnya keperluannya. Dari membangun rumah hingga berjalan 7 tahun masih belum selesai juga rumahnya bun. Wah..kuliah dimana nih?

NECKY said...

umilatifah...suatu kehormatan mau berkunjung di rumah saya ini bu...salam kenal juga

Arman said...

yah harus ngeliat prioritas lah ya....
kadang keinginan boleh aja dituruti, selama sikon nya menunjang, demi kepuasan hati. tapi kalo sikon kurang menunjang, ya mendingan ditunda dulu debmi hal lain yang lebih butuh.

Orin said...

Ngacuuung mas, aku lg dilema jg, antara beli ini itu buat (calon) rumah baru, sama pgn nerusin kuliah S2, tapi kyknya lebih condong ke opsi pertama ya hehehe...

Kenapa ga diganti Scoopy aja mas? nanti samaan kita hihihihi

maminx said...

Saya belum punya anak nih, jadi belum pengalaman dilema kayak gitu. tapi kalau motor nya masih laik pakai mah ya sayang juga ya kalau harus diganti, udah 8 taun menemani kan banyak kesan-kesannya tuh ;)

Lidya - Mama Pascal said...

suka juga mengalami dilema ini pak. dilema waktu mau beli motor yang sekarang saya pakai juga pernah :) tapi Allhamdulillah sudah 1 tahun malah berguna sekali

NECKY said...

arman....kalau logika yang berbicara hasilnya pasti seperti pendapat elo bro.....hehehehe

NECKY said...

orin...ternyata keinginan sekolahnya tinggi juga yah...kalau scoopy, saya jurang sreg liat modelnya terlalu gaul.....hahahaha

NECKY said...

maminx...8 tahun bukan waktu yang sebentar khan, makanya rada sayang juga mau dijual

NECKY said...

jadinya mbak lidya beli motor apaan ???