Monday, 1 August 2011

Hari Pertama Puasa

Ajif menyambut puasa pertamanya dengan antusias sekali, bahkan dia ga tidur menjelang makan sahur (maklum aja dia tidur bareng Nedia dari sore sampai 9 malam). Untungnya si kakak bisa nemenin main sampai waktu sahur. Saat makan sahurpun, makannya lahap banget....
"Ade...mau puasa sampai sore"
"Iya donk..." jawabnya yakin banget.

Sekitar jam satu siang, saya telpon ke rumah untuk menanyakan apakah si Ajif masih puasa atau ngga. Waktu saya tanya, istri saya malah tertawa geli karena lihat kelakuan Ajif. Dia menangis saat minta buka puasa.
"Katanya Ade mau puasa sampai sore?" tanya si kakak melihat si ade menangis.
"Iya...tapi aku mau makan coklat dulu" jawab sekenanya.
"Nanti kakak beliin big cola deh kalau puasa sampai sore" pancing si kakak
Si Ajif tidak bergeming dan tetap mau buka puasa, akhirnya istri saya mengizinkannya tapi habis makan coklat kudu makan yang lebih 'berat' dan puasa lagi. Ajif dengan cepat menyetujui perjanjian tersebut sambil menghentikan tangis sambil tersenyum.


Saya jadi teringat saat si kakak dan Nafis pertama kali belajar puasa beberapa tahun yang lalu. Mereka berdua kami berikan reward apabila puasa sehari penuh. Mungkin tindakan saya kurang tepat karena untuk urusan ibadah menggunakan sistem reward. Namun niat saya yang utama adalah ingin memberikan pembelajaran berpuasa agar mereka menjadi terbiasa pada saat mereka beranjak remaja atau aki baliq. Dulu waktu saya kecil, orang tua juga menggunakan sistem yang hampir sama kepada kakak2 tapi anehnya kenapa giliran saya puasa sistemnya berubah ya.

Setelah saya beranjak dewasa, baru mengerti kenapa orang tua dulu menggunakan "standar ganda". Secara tidak sadar sayapun menerapkan standar yang berbeda antara si kakak dan Nafis. Karakter yang berbeda diantara mereka membuat penerapan standarpun jadi tidak sama. Namun untuk urusan reward sebisa mungkin saya buat sama. Tetap saja si kakak protes karena Nafis selalu berhasil mendapatkan reward lebih besar dibanding dia. Padahal si kakak justru beberapa kali mendapatkan keringanan....hehehe...

Kembali kepada Ajif, tanpa saya sadari si kakak menerapkan pola yang sama terhadap Ajif yakni reward. Saya jadi tersenyum sendiri melihat mereka berdua 'membuat deal' dalam urusan puasa. Tadi malam setelah selesai sholat taraweh, saya kembali bertanya " Ade besok mau puasa? tapi harus makan sahur ya"
"Iya...aku nanti mau makan sahur, tapi pake kfc yah..."
Selamat berpuasa buat semuanya....

NE

28 comments:

Wawank said...

Hari keduanya pasti lebih seru..,

dtunggu cerita slanjutnya..

:D

Arman said...

seru ya pengalaman puasa full pertama. moga2 ajif besok (eh hari ini ya) puasanya berhasil full ya! :)

selamat berpuasa ya!

nh18 said...

Hahaha ...
Saya ngakak baca kalimat ...
Aku nanti makan sahur ... tapi pake kfc ya ...
hahahaha
namanya juga anak-anak pak Neck ...

Yang jelas ...
Mengajari anak-anak berpuasa itu memang banyak lika-likunya ...

kalau boleh bercerita pengalaman saya ... dengan anak-anak saya ... jujur ... "persaingan" diantara teman-teman ... baik di sekolah maupun di lingkungan rumah ... ikut membantu proses belajar puasa mereka ...

Mereka melihat anak-anak seumuran mereka banyak yang full puasanya ... mereka tidak mau kalah ...
(dari pada nanti di ejek teman ...)
:)

salam saya Pak Neck

NECKY said...

wawank....siap bro....:-)

NECKY said...

arman...ma kasih bro...setiap pengalaman pertama selalu ada kejadian yang menarik....hehehehe

NECKY said...

om enha...apalagi kalau lihat mimik muka ajif waktu bilang kaliamt itu pak....saya jamin ketawa deh.
Bener juga lingkungan di sekolah dan rumah mempengaruhi mereka karena ga mau kalah... ini berhasil untuk nafis om....kalau untuk nedia... kayaknya ga berhasil pake cara ini...hahahahaha

dey said...

anak saya gak pernah susah buat sahur sejak tahun lalu, tapi baru jam 10 udah ribut laper minta makan. Hari kemarin sempat sampe jam 5 sore, meski sambil nangis2.
Hari ini tetep sama, udah merengek minta makan, tapi belum saya kasih. Nanti aja habis dhuhur. Diiming2i apa aja, keukeuh bilang gak kuat sampe maghrib .. :D.
Ah, anak-anak ...

NECKY said...

dey...iming2i makan enak kalau sampai saore puasanya...cari makanan yg dia paling favorit tuh...

advertiyha said...

Besok-besok aku mau sahurnya dirumah pak Necky ah.. ditraktir KFC sama ajif,, hehhee...
waktu aku kecil malah sering jajan ngumpet2 pas disekolahan pak, ya bareng temen-temen juga,, hhaha,,, dari rumah mah sahur,hihi

alamendah said...

Kok gak ada yang ngasih reward ke saya, ya?. Padahal saya puasa sehari penuh, ki.
hehehe

mabrurisirampog said...

weww, ga tidur sampai menjelang saur pak?? luar biasaa.. hhehe

waktu kecil dulu ortu aku ga pernah ngasih reward2an, hehe

selamat berpuasa buat bapak sekeluarga,,,

Orin said...

jadi inget waktu kelas 1 SD dulu mas, pgn puasa lgsg penuh, ga mau buka pdhl udh pucet pasi ngelonjor di sofa, disuruh buka gaya banget malah nangis hihihi

NECKY said...

orin...itu kejadian ampir sama sama nafis...waktu pertama puasa sehari penuh...pas jam 5 sore mukanya pucat kerjanya tidur2an sampai menjelang maghrib....hhehehe

NECKY said...

iyha....hahahahaha...nanti saya bilangin ke ajif yah...boleh diminta sama tante iyha ga?.... pasti jawabannya...tidakkkkkk

NECKY said...

mas alam....rewardnya blogwalking aja deh....hehehehehe....

NECKY said...

mabruri...ga usah sampean, kita aja bingung dia bisa begadang... hahahaha...
Berarti mabruri itu termasuk anak yang manis dan taat sama orang tua...makanya ga perlu reward tuh....

achoey el haris said...

Met Ramadhan
Mohon maaf lahir & bathin

Ramadhan membuatku semangat ngeblog :)

niQue said...

anak2 nya memang selalu punya cerita sendiri ketika berpuasa ya mas :D
duo bocil di sini juga gitu tuh .... bikin mesem2 hehehe

soal sistem reward buat saya juga fine2 aja, dgn alasan untuk pembelajaran aja dulu, toh nanti klo sudah tambah besar, kan sudah bisa dikasi pengertian yang bisa diterima sama dia.

Bibi Titi Teliti said...

Baaaaang....

Ajif puasanya samaan kayak Kayla tuuuuuh...
Yang konyol adalah Kayla mah puasanya full sampe maghrib...tapi sahurnya jam 7 pagi...soalnya tiap dibangunin sahur keblug banget...ckckck...kayak siapa sih Kay?...hihihi...

Biarinlah...masih belajar inih...

bundadontworry said...

hhihihihi...aku kok jadi ngebayangin Ajif dgn senyum mautnya ya :)
dan..... mengajarkan anak2 utk berpuasa memang banyak ragam dan caranya ya Necky, termasuk reward tadi itu .
salam

Prasetyo said...

Salam kenal aja ya.

Dont forget to visit me back, wokey.
Promosi hosting gratis untuk 1 tahun. Cukup mendaftar dan upgrade disini secara gratis.

NECKY said...

bro achoey...sementara mie janda istirahat sejenak di bulan puasa....wajib jadi blogwalking donk bro.....hahahaha...met puasa juga yah...

NECKY said...

nique...Nedia aja udah ga saya kasih reward lagi secara dia udah SMP dan udh baliq...kalau udh abg insya Allah bisa diajak diskusi...

NECKY said...

hahahaha...erry...anak2 itu bikin hati kita seperti tanaman yang disiram air.... ademmm banget. Segala tingkah lakunya selalu ada yang membuat kita takjub....jangan pernah minta cepat2 gede ya bu...nanti kangen masa kanak2nya mereka teruss

NECKY said...

bunda lily...termasuk yg terkesan dengan senyuman mautnya Ajif ternyata yah??...namanya usaha supaya mereka belajar bunda....hehehehe

NECKY said...

prsaetyo...salam kenal balik mas...menuju tkp..

edratna said...

Saya juga mau ahh..sahur pakai KFC....sayangnya KFC nya nggak sampai ke rumah....

Semoga anak-anak belajar puasanya bagus ya, memang sebagai ortu kita harus rajin mendorong mereka untuk mulai berpuasa, tentu disesuaikan usianya, dan boleh berbuka jika tak kuat.

NECKY said...

bu enny...betul banget, belajar puasanya disesuaikan dengan usianya mereka. Apalagi sebelum baliq, mereka belum punya kewajiban. Met puasa bu...