Sunday, 15 March 2009

Kampanye Damai

Alangkah senangnya hati ini ketika membaca kesepakatan seluruh Calon Legislatif (Caleg) dari semua partai politik untuk membuat kampanye Pemilu 2009 ini berjalan dengan damai. Ada perbedaan mendasar kampanye kali ini dibandingkan pemilu tahun-tahun sebelumnya. Dulu, semua caleg menghimbau calon pemilih untuk mencoblos nomor urut Partai Politik yang diusungnya. Kini, semu caleg berlomba-lomba menghimbau untuk memilih mereka sendiri (bukan partai politik saja).

Tidak terbayangkan kisruhnya untuk satu partai politik saja, bila ada 12 caleg tentunya ke-duabelas caleg tersebut berebut simpati dari calon pemilih. Mudah-mudahan bayangan kekisruhan tidak menjadi kenyataan di lapangan....yang terpenting tidak ada chaos atau kericuhan yang akan terjadi.

Sementara itu di kalangan elit politik, masing-masing melakukan manuver politik dengan caranya masing-masing. Presiden PKS, Tifatul Sembiring, melakukan beberapa pertemuan dengan Ketua Umum Golkar, Jusuf Kalla. Puncak dari semua manuver poltik adalah bertemunya 2 partai politik besar yakni PDIP dengan Ketua Umum Megawati bertemu dan membuat kesepakatan dengan Ketua Umum Golkar, Jusuf Kalla, untuk membuat sebuah pemerintahan yang solid (meskipun kita tahu Pemilu belum juga digelar). Pemberitaan pertemuan tersebut malahan mengalahkan berita tentang sakitnya presiden SBY. Dapat kita ambil kesimpulan sedikit bahwa, nilai berita Presiden di bawah nilai berita pertemuan diatas.

Belum lagi tentang peluncuran buku oleh Sintong Panjaitan yang isinya kontroversi seputar beberapa kejadian penting di masa lampau dan menyeret dua nama Capres yakni Wiranto dan Prabowo. Ada sedikit komentar miring bahwa tanggal peluncuran buku tersebut memang ada rekayasa politik, namun ada pula yang membantahnya. Kita semua tidak ada yang tahu tujuannya kecuali yang bersangkutan.

Harapan kita semua mungkin hampir sama yakni Harga-Harga kebutuhan sehari-hari dapat terjangkau oleh sebagian besar rakyat, kepastian ekonomi menjalankan usaha di tengah krisis global, keamanan menjalankan kehidupan sehari-hari, dan hidup normal. Semoga kampanye damai dapat terwujud seperti yang mereka canangkan.

Jakarta, 16 Maret 2009

No comments: