Sunday, 30 August 2015

Pemimpin Amanah

Beberapa waktu  yang lalu sedang ramai tentang PILKADA serentak yang mungkin akan masuk Guiness Book of World Record karena membuat pemilihan yg menentukan banyak daerah di Indonesia. Hebat ga tuh....

Dari beberapa artikel yg saya baca dibeberapa media mainstream maupun media sosial, banyak tulisan2 yang memberikan pencerahan dalam menentukan pilihannya nanti. Kalau dapat disimpulkan secara bebas kurang lebihnya:
  • Belajar dari pengalaman pilkada sebelumnya.
  • Jangan terkecoh dengan pencitraan yang berlebihan.
  • Kenalilah secara utuh sang calon dari informasi media apapun
  • Kalau tidak mengenal semua calon, minimal lihat sepak terjang mereka selama ini. Apakah memiliki track record...atau kah tidak punya sama sekali??
  • Jika ada petahana (pejabat eksisting mencalonkan diri lagi), lihat semua janji-janjinya. Berapa yang sudah direalisasikan...berapa banyak yang diingkarinya.
  • Kalau masih bingung juga....coba tanya dengan pemuka agama, kira-kira menurut mereka yang mana akhlak yang terbaik diantara para calon.
Banyak sekali dari kita yg kurang peduli akan pentingnya seorang pemimpin. Satu suara saja akan sangat menentukan masa depan daerah yg akan dipimpinnya. Jangan langsung percaya info dari satu sumber pengamat politik atau manapun. Kita kumpulkan semua informasi dan kalau bisa serta ada waktu menganalisisnya...pasti akan ada benang merah terhadap tulisan2 tersebut.

Sebagai warga, sudah pasti kita berharap banyak kepada sang calon pemimpin untuk mengelola daerahnya dengan baik. Seorang pemimpin yang baik biasanya memiliki visi dan misi jelas serta bisa diimplementasikan dengan baik rencana2nya. Jangan terbuai dengan janji manis yang mudah terucap dari sang calon...nanti kita semua yg akan terluka sendiri.

Kalau pilihannya satu paket, pilihlah sekiranya yg paling serasi dan bisa saling mengcover diantara keduanya. Agar program2 berjalan dengan mulus...dan ga ribut sendiri diantara mereka.

Kita punya contoh figur-figur....pemimpin yang sering muncul di media. Kita tinggal pilih saja, apakah tipe seperti Kang Emil (Ridwan Kamil-Wali Kota Bandung) yang sangat visioner namun tetap membumi dan memberi keteladanan, Ibu Risma (Tri Rismaharini -Walikota Surabaya) yang mengayomi namun tetap tegas dalam memberi keteladanan, Ahok (Basuki Tjahaja Purnama - Gubernur DKI) yang tegas melawan korupsi, Nurdin Abdullah (Bupati Bantaeng), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), dan banyak lagi kepala daerah yang memiliki prestasi yang baik.

Siapapun pilihan kita di pemilu kada nanti...mudah2an menjadi pemimpin Amanah. Pemimpin yang selalu membuat kebijakan pro terhadap kepentingan rakyat, pemimpin yang memiliki hati nurani dan perbuatannya satu arah. Pemimpin yang selalu menepati janji-janji yang diucapkan saat mereka kampanye. Pemimpin yang mampu membuat rakyat yang dipimpinnya menjadi bahagia dan sejahtera serta dapat meningkatkan martabat masyarakatnya.....Semoga....

NYE

6 comments:

Lidya said...

betul pak, semoga pemimpin yang terpilih amanah, dan pemilihan berjalan damai

NECKY said...

aamiin.....semoga yahh

Alris said...

Semoga tiap daerah tetap ada calon yang baik dan punya treck record yang bagus.
Kalo di daerah kita gak ada calon yang seperti disebutkan diatas, gimana? Apa
kita apatis aja gak memilih satupun?

sherlina halim said...
This comment has been removed by a blog administrator.
jaka said...

makasih bos infonya dan salam sukses

tejo said...

terimakasih gan tentang infonya dan semoga bermanfaat