Sunday, 5 December 2010

Kanker

Dalam kurun 2 tahun terakhir saya sudah kehilangan teman sekolah, saudara sepupu, tante, om, dan teman kantor yang meninggal dunia karena penyakit kanker. Terakhir, hari senin kemarin (29 November 2010), teman kantor meninggal setelah divonis dokter mengidap kanker. Hanya butuh sekitar dua bulan, penyakit tersebut menggerogoti tubuhnya. 

Kanker adalah merupakan penyakit mematikan dan belum ada obat yang dapat menyembuhkannya secara medis meskipun banyak obat alternatif digunakan dan diyakini sebagian orang dapat menyembuhkan penyakit ini.Beragam jenis kanker, dari kanker tulang, paru-paru, hati hingga yang khusus menyerang perempuan yakni kanker rahim dan payudara. Atau yang khusus menyerang kaum adam yakni kanker prostat.

Sebagai orang beragama, kita semua mengetahui bahwa umur kita hanya Allah yang menentukan namun sebagai  manusia kita wajib melakukan ikhtiar mencari yang terbaik atas segalanya termasuk menyembuhkan penyakit. Tidak ada satu penyakitpun yang dapat sembuh tanpa seizin-NYA. Tindakan medis maupun non medis tidak dapat kita persalahkan karena kita pun belum yakin mana jalan yang terbaik dalam rangka penyembuhan penyakit ini.

Saya menghimbau kepada semuanya untuk tidak meremehkan penyakit apapun seperti batuk, flu atau penyakit yang sering kita temui. Atau kita menemukan benjolan kecil yang tiba-tiba muncul di tempat tidak semestinya. Cari jawabannya sedapat mungkin tanya ke ahlinya, baik itu dokter ataupun pengobatan alternatif agar kewaspadaan kita terus terjaga. Terkadang kita sudah diberikan alarm (baca:tanda) bahwa ada kelainan di dalam tubuh kita namun kita sering menyangkalnya. Mulailah dari hal yang kecil, dan jangan sampai terlambat menyebar ke seluruh tubuh. Sayangilah badan anda, istirahat yang teratur, hindari stres yang berlebihan, olah raga yang teratur, dan jaga asupan yang masuk ke tubuh kita.

Pondok Ranji, 5 Desember 2010
http://sentilan.blogspot.com

*picture source:detikcom*

6 comments:

saidiblogger said...

memang menjaga kesehatan itu penting ya pak.. mudah2an kita terhindar dari musibah penyakit.. Amin.

mas gaban said...

Adakah test yg sifatnya antisipatif apakah seseorang mengidap atau berpotensi mengidap kanker ?

Sukadi Brotoadmojo said...

Mendengar nama penyakit ini saja sudah menakutkan... Memang kita harus sedini mungkin untuk memeriksakan setiap keluhan kesehatan yang kita alami, namun tak dapat dipungkiri bahwa semua terkendala pada biaya kesehatan yang begitu mahal...

NECKY said...

@saidiblogger...sehat itu sangat mahal ahrganya pak
@mas gaban...biasanya kanker itu ada faktor turunan, jadi kalau ada orang tua yg kena kanker kita mestinya waspada pak
@sukadi...jangan sampai kita meremehkan tanda2 dari badan kita yang kasih alarm...tetap sehat lebih baik

bundadontworry said...

kita memang sering mengabaikan sinyal2 yg diberikan oleh tubuh ya Necky. :(
terimakasih Necky krn telah menurunkan tulisan ini, membuat kita lebih aware lagi terhadap kesehatan
salam

NECKY said...

bunda...lebih top lagi...kalau tubuh dan otak kita sinkron sehingga apapun yang bikin badan ga enak...langsung terdeteksi