Monday, 5 July 2010

Penerimaan Peserta Didik Baru

Tahun ini penerimaan siswa baru dikenal dengan PPDB, baik di DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Bandung, Tangerang Selatan dan kota-kota lainnya. Proses PPDB secara online memang sudah dimulai dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai aturan telah disempurnakan sehingga pelayanan dan proses penerimaan makin membaik khususnya di DKI (karena anak saya termasuk di DKI).

Namun sangat disayangkan pada proses penerimaan siswa SMA di DKI terjadi sedikit kekisruhan. Server tidak dapat diakses oleh calon siswa secara online sedangkan waktu pendaftaran belum berubah. Setelah gangguan di hari pertama tidak ada penjelasan lengkap akhirnya gangguan berlanjut hingga hari terakhir proses penerimaan. Dan akhirnya muncul pengumuman dari Diknas DKI tentang perubahan jadual hingga masuk sekolahpun diundur seminggu.

Mudah-mudahan komentar yang diberikan oleh pak gubernur di salah satu media online yang cukup terkemuka hanyalah salah mengkutip, karena memiliki kesan bahwa gangguan itu bukanlah suatu yang penting. Memang sih permasalahan hanya pada server dan yang namanya server suka 'hang'. Namun untuk ukuran PPDB, apakah ngga punya back-up server?? sampai-sampai semua peserta harus mengisi ulang atau mengulang pendaftarannya.Apakah tidak memiliki contingency plan sehingga harus menunggu berhari-hari?

Apakah pernah merasakan kondisi siswa dan orang tua yang mendaftar SMA/SMK sejenis dengan ketidakpastian pengumuman penerimaan siswa baru? Dampak yang harus dipikul oleh mereka bukan hanya sekedar waktu akan tetapi juga persiapan mencari sekolah swasta apabila anaknya tidak diterima di negeri.

Mudah-mudahan keadaan seperti ini tidak akan terjadi lagi di waktu-waktu yang akan datang karena banyak yang dapat kita antisipasi dengan kejadian ini.

Jakarta, 5 Juli 2010
http://sentilan.blogspot.com

9 comments:

nahdhi said...

Jan sekolah kok tambah marai mumet lan mumetake....

TUKANG CoLoNG said...

denger2 dari berita di tv, pendaftarannya diundur ampe tanggal 10 juli..

julianusginting said...

pendaftaran diundur sob...

sawali tuhusetya said...

salut dengan terobosan ppdb-nya yang dilakukan secara online. di era virtual seperti ini, media internet memang perlu dioptimalkan penggunaannya, meski sering juga bermasalah akibat server yang kurang stabil.

DenJaka said...

Lha wong udah tau Rakyatnya bnyk kok masih coba2 ngirit server,.. he he eh

DenJaka said...

Lha wong sdh tau Rakyatnya banyak kok masih mau ngirit Server,... He he he

Jimmy said...

bagus juga ya sistemnya sudah online, tinggal infrastrukturnya dibenahi..

orange float said...

moga selanjutnya pelaksanaannya semakin baik dan pihak yang terkait bisa belajar dari kesalahan

NECKY said...

@nahdhi....ceritanya biar dibilang canggih...
@tukang colong n julianus...yoi bro diundur sih...tp sbg ortu makin lama stress nya khan?
@sawali...diknas dki seritanya mau handle sendiri pengelolaan sistemnya jadilah tahun ini kelinci percobaan.
@den jaka n jimmy...sptnya mereka ga punya back up plan tuh...
@orange float...tahun ini justru terjadi penurunan yang cukup drastis kualitasnya