Monday, 25 August 2014

Keranjingan Belanja Online

Fenomena Belanja online sebenarny tidak terlalu heboh di negeri ini, lantaran akses internet belum merata kualitasnya diantara satu daerah dan di daerah lainnya. Belum lagi dengan ada tambahan ongkos kirim yang bikin pemesan jadi malas. Harga di pasar nyata atau di pasar tradisional dengan harga di internet pada awalnya ada kesenjangan, namun seiring dengan masuknya 'pemain' internaional yang berkolaborasi dengan 'pemain' lokal membuat pergeseran pasar. Pengiriman gratis atau bebas ongkos kirim menjadi sebuah terobosan yang baru di sistem belanja online di negeri ini.

Sebut saja Zalora, OLX (dh/ Toko Bagus), Lazada, hingga yang terbaru Elevenia. Mereka memborbardir dan meng'acak-acak tatanan kebiasaan belanja konsumen khususnya di ibukota. Terlebih lagi, ada trend baru sejumlah hp terbaru dengan sistem preorder yang bekerja sama dengan toko online diatas plus cicilan ringan hingga 0%. Persaingan toko nyata dengan toko online khususnya untuk produk HP sudah semakin ketat.
Kebiasaan saya dan teman2 kantor yang terletak di pusat kota sesekali meluangkan waktu untuk pergi ke Glodok atau Mangga Dua sebagai pusat elektronik dan komputer. Harga barang seperti Flash DIsk (USB), HDD Eksternal, dll biasanya cukup signifkan perbedaan harganya. Namun rupanya pergeseran distribusi barang elektronik membuat perbedaan harga antara Glodok dan Mangga Dua semakin tipis dan akhirnya saya dan teman2pun mulai berhenti pergi kesana.

Apabila harga normal, so pasti harga di Glodok pasti lebiih murah. Namun begitu ada diskon yang cukup besar katakan hingga 50%, dapat dipastikan harga menjadi sangat bersaing. Belum lagi ada toko online luar seperti Aliexpress yang memberikan harga fenomenal. Asal sabar kalau ga mau dikenakan biaya pengiriman yang mahal, kita bisa mendapatkan barang yang sama seperti yang ada di Glodok atau mangga dua.

Mudah2an sih, saya ga akan bermasalah dengan keranjingan hobby baru ini. Beli aksesoris komputer, aksesoris hp, sampai sepatu sudah dicoba. Tapi kalau untuk barang dengan harga yang agak mahal masih rada takut-takut sih. Beda sama teman kantor, beli HP aja berani dari internet. Kalau nilainya diatas sejuta, rasanya was was banget deh. Well, saat ini aja lagi nungguin HDD eksternal dan baterei kamera dikirim sang penjual. Semoga semuanya lancar jaya.....

NE

14 comments:

iDah said...

Tambah keranjingan kalau free biaya ongkir ya, Om. :D

vizon said...

Kalau saya keranjingan jualan online, Bang, hehehe.. :)

NECKY said...

uda vizon, saya juga keranjingan jualan tapi belum dapat kurir yg bisa anter kue kering dengan selamat nih...hiks hiks hiks

NECKY said...

mbak idah....bebas ongkir itu adalah sesuatu bangetttts

Lidya said...

wah pak necky lagi keranjingan belanja online ternyata :) apa kabar pak neky? lama gak berkunjug kesini

Keke Naima said...

Saya juga termasuk yang senang belanja online. Selama ini belum berani yang mahal2. Masih dibawah 300ribu. Tapi, suami cukup sering belanja online dengan nominal yang tinggi. Seringnya cari di ebay. Kalau lokal biasanya suami cari di Bhineka. Sejauh ini, alhamdulillah aman :)

NECKY said...

mbak lidya...kemana aja>??? hehehehehe

NECKY said...

mbak myra...kalau saya bilang ada yg lebih 'bersahabat' harganya yakni Jakarta Note Book....di situs itu suka ada sale yg lumayan menguntungkan....saya udh cek kalo lagi sale, harganya paling ok

supri said...

saya malah kepingin kerajingan jualan online..hehe
Kita bisa membeli apapun yg kita mau melalui online. :D

trii said...

saya juga sama, sering berbelanja melalui online, dan tak semuanya barang yg kudapat di online tak sebagus seperti digambar.. :(
asuransi jiwa

deric santoso said...

hahah aitu mah tergantung kualitas dari toko online itu sendiri gan , pakai aja yang udah banyak review nya

Jasa Asuransiwww.klubindojob.com

Bali Spa said...

Saya juga jualan Onlin, kalau masih di sekitaran kota dimana saya tinggal dan masih terjangkau oleh motor saya,,pasti saya gratiskan ongkirnya...

Garuda post said...

wah betul juga ya gan :D

Tekno Network said...

free biaya ongkir ya, walaupun gak seberapa tapi menjadi point lebih lo
hotel murah di bali